Comscore Tracker

Viral Foto Prewedding Berlatar Erupsi Merapi, Begini Kisahnya

Sempat tidak sadar kalau terjadi erupsi

Jakarta, IDN Times – Jony Listyawan (29) dan Fitriana Damayanti (21) adalah calon suami-istri yang fotonya pre-weddingnya menjadi viral di media sosial. Foto pre-wedding mereka menjadi viral karena diambil pada tanggal 1 Juni 2018 saat terjadi erupsi Gunung Merapi.

Kepada IDN Times, Jony mengatakan jarak dirinya dengan erupsi Gunung Merapi saat itu sekitar 10-15 Km. Bagaimana kisahnya?

1. Sudah direncanakan sejak lama dan sempat ada perubahan jadwal

Rencana foto pre-wedding itu direncanakan Jony sejak 1 bulan sebelumnya dengan lokasi di sekitar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah.

Sebelum menetapkan tanggal 1 Juni, awalnya kesepakatan pemotretan Jony dengan fotografer adalah tanggal 3 Juni. Namun pada tanggal 3 Juni, fotografer sudah ada jadwal pemotretan lain, Jony pun setuju dipindah hari dengan alasan hari libur yakni Hari Pancasila.

“Untuk rencana sebenarnya kita ingin ambil hari minggu namun dari pihak fotografer menginginkan untuk hari Jumat tgl 1 Juni kemarin, akhirnya kami sepakati untuk tanggal 1 tersebut. Untuk tempat kami dari awal memang menginginkan konsep outdoor dan untuk pemotretan di lokasi sekitar Cepogo untuk memperoleh pemandangan yang bagus,” ungkap Jony, Rabu (6/6).

2. Sempat tidak sadar ada erupsi

Viral Foto Prewedding Berlatar Erupsi Merapi, Begini KisahnyaFacebook/Jony Listyawan

Jony mengaku sempat tidak sadar jika saat itu Merapi sedang aktif. Ia baru sadar ketika di foto kedua dan ia menoleh ke belakang melihat gempulan asap dari Merapi.

“Pada saat itu kami ndak menyadari kalau ada erupsi, pada saat pengambilan foto pertama di lokasi kedua pas mau ambil foto pas belakang saya mulai ada tanda asap. Foto kedua saya noleh ke belakang baru saya sadar kalau Merapi erupsi,” katanya.

Ia dan pasangannya lalu berlari sekitar 50 meter di mana banyak warga berkumpul. Ia mengaku sempat panik dan kerepotan karena saat itu sudah berpakaian rapi dengan jas, sementara pasangannya sudah memakai gaun.

“Pasangan saya sampai kerepotan ngangkat gaun yang lumayan panjang, sampai high heel-nya saya yang bawakan,” tutur Jony.

3. Sudah tenang, Jony tetap lanjutkan foto pre-wedding

Viral Foto Prewedding Berlatar Erupsi Merapi, Begini KisahnyaFacebook/Jony Listyawan

Jony enggan membatalkan rencana foto pre wedding dia di hari itu dengan alasan jarak rumahnya dengan lokasi foto yang sangat jauh. Melihat warga yang berkumpul tapi tetap tenang, Jony terbawa situasi dan memutuskan kembali untuk pemotretan pre-weddingnya. Menurutnya warga di sana lebih paham situasi Merapi.

“Kita jaraknya juga tergolong cukup jauh dan tidak ada warga yang panik di sekitar lokasi itu. Karena saya bepikir warga sekitar lebih paham untuk situasi Merapi, jadi kita tetap lanjut dilokasi tersebut dan berpindah lokasi lain namun cukup dekat," ungkapnya.

Rencananya Jony dan Fitriana akan melangsungkan pernikahan mereka pada 1 Agustus. Wah, mari doakan pernikahan mereka berjalan lancar ya....

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya