Comscore Tracker

Begini Penampakan Pelangi Berbentuk Lingkaran Penuh yang Terekam Kamera

Kalau biasanya pelangi terlihat setengah lingkaran, kali ini ada yang lingkaran penuh lho!

Seorang petugas operator crane di St Peterburg, Rusia merekam video fenomena alam yang jarang ditemui. Video tersebut memperlihatkan pelangi yang berbentuk lingkaran penuh. Ia merekam dari Lakhta Centre, pencakar langit setinggi 1.500 kaki. Kalau biasanya pelangi yang kita lihat hanya setengah lingkaran, tapi yang satu ini berbentuk lingkaran sempurna. Kok bisa, ya?

Pada dasarnya pelangi secara ilmiah memang berbentuk lingkaran

Begini Penampakan Pelangi Berbentuk Lingkaran Penuh yang Terekam Kamerahuffingtonpost.com

Pelangi berbentuk lingkaran ini sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada dasarnya, setiap pelangi itu memang berbentuk lingkaran lho. Tapi, karena bumi berbentuk bulat, kita hanya dapat melihat pelangi setengah dari bentuk aslinya.

Misalkan titik pandang di tempat yang tinggi seperti pesawat terbang atau crane, kita dapat melihat pelangi sebagai spektrum warna yang lengkap dengan bentuk lingkaran penuh.

Ini buktinya kalau pelangi berbentuk lingkaran 360 derajat

Dilansir Mashable, pelangi terjadi akibat kumpulan tetesan air hujan yang terbiaskan cahaya matahari dengan sudut tertentu. Jika cahaya matahari dibiaskan sudutnya lebih besar atau lebih kecil dari 42 derajat, maka tidak akan terlihat oleh mata. Kenyataannya, saat melihat pelangi, pandangan kita hanya sekitar 40-42 derajat. 

Hal tersebut yang membuat kita selama ini melihat pelangi berbentuk setengah lingkaran, meski sebetulnya warna warni pelangi tersebut berbentuk lingkaran 360 derajat.

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya