Comscore Tracker

Pakai Kaos Unik, Pria Ini Akhirnya Dapat Donor Ginjal

Kaosnya ini jadi viral di sosial media

Seorang pria yang membutuhkan donor ginjal akhirnya menemukan pendonor yang tepat setelah memakai kaos yang unik dan nyeleneh saat berjalan-jalan ke Disney Land. Kaos unik yang digunakannya saat ke Disneyland bertuliskan "Membutuhkan Ginjal, O Positif, Hubungi 917-597-261" menarik perhatian para pengunjung.

Foto kaos itu pun menjadi viral setelah seorang pengunjung Disneyland memfoto kaos tersebut dan mempostingnya di sosial media.

Ini kaos yang dipakai Robert dan membawanya menemukan pendonor ginjal

Pakai Kaos Unik, Pria Ini Akhirnya Dapat Donor Ginjalbbc.com

Dikutip BBC dan CNN, pria yang memakai kaos unik itu adalah Robert Leibowitz. Pria yang tinggal di New Jersey telah masuk dalam daftar waiting list untuk mencari donor ginjal selama 4 tahun. Ya, ginjal rob hanya berfungsi kurang dari 5 persen. Sehingga dia membutuhkan donor agar tetap bertahan hidup.

Namun selama 4 tahun menunggu, Rob tidak kunjung mendapat pendonor. Ia pun memutuskan untuk berupaya agar mendapatkan pendonor dengan caranya sendiri.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi ketika kamu putus asa, kamu akan lakukan apapun," ujar Rob.

Rob memang sudah menderita masalah ginjal sejak usia 12 tahun. Secara perlahan fungsi ginjalnya terus menurun dan kini hanya berfungsi kurang dari 5 persen

Pakai Kaos Unik, Pria Ini Akhirnya Dapat Donor Ginjalpeople.com

Rob yang kini berusia 60 tahun telah menderita penyakit ginjal sejak usia 12 tahun. Secara perlahan, fungsi ginjal Rob terus menurun. Dua dari lima anaknya juga menderita penyakit serupa. Dan tidak ada salah satu dari anak-anaknya yang bisa menjadi pendonor. Rob mengaku telah masuk dalam daftar tunggu transplantasi ginjal beberapa rumah sakit. Namun daftar tunggu itu masih membutuhkan 7-10 tahun lagi. 

Memiliki background di bidang periklanan, Rob akhirnya membuat kaos bertuliskan "Membutuhkan Ginjal, O Positif, Hubungi 917-597-261" di bagian depan dan belakang. Kaos itu dipakainya saat ia berjalan-jalan dengan keluarganya di Disneyland.

Seorang pengunjung Disneyland memfoto Rob dengan kaosnya dan memposting di Facebook. Dan keajaiban pun terjadi. Dalam satu hari foto itu sudah dishare 32 ribu kali. Dalam sepekan sebanyak 90 ribu kali.

Postingan itu jadi viral dan Rob (kiri) akhirnya menemukan pendonornya, Richie Sully

Pakai Kaos Unik, Pria Ini Akhirnya Dapat Donor Ginjalbbc.com

Ratusan orang menelepon Rob dan ingin mendonorkan ginjalnya. Rob menerima 300 telepon dan pesan hanya dalam waktu 7 hari. Akhirnya empat orang terbang ke New York untuk mengikuti serangkaian tes. Tiga orang ditolak. Tapi satu orang, Richie Sully dinyatakan cocok. Rob mendapatkan donor ginjalnya.

Richie Sully, sang pendonor ginjal mendapatkan informasi itu saat ia sedang mendonorkan darahnya di palang merah. Ia pun langsung menelepon nomor yang ada di kaos itu dan meninggalkan pesan suara jika ia bersedia mendonorkan darahnya. 

Rob dan Richie sudah melakukan operasi ginjal. Operasi itu berhasil

Pakai Kaos Unik, Pria Ini Akhirnya Dapat Donor Ginjalpeople.com

Rob mengatakan Sully harus melakukan perjalanan 18 jam dengan Bus Greyhound dari rumahnya di Fort Wayne, Indiana untuk datang ke New York dan menjalani serangkaian tes. Keduanya akhirnya menjalani operasi. Rob merasa sangat tersentuh dengan usaha Sully untuk mendonorkan ginjalnya.

Rob mengatakan akan terus menjaga hubungan baik dengan Sully dan dia berharap kasusnya ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan donor hidup.

"Jika anda memiliki dua ginjal, anda bisa memberikannya dan masih bisa hidup sampai usia 100 tahun. Anda bisa menyelamatkan satu nyawa," ujarnya. 
 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya