Comscore Tracker

Panda di Kebun Binatang Ini Tertangkap Kamera Makan Sampah yang Dibuang Pengunjung

Kasihan...

Dalam beberapa hari terakhir sebuah foto panda beredar luas di internet. Sayangnya, kali ini bukan foto tentang tingkah lucunya, melainkan momen di mana seekor panda terlihat mengais dan memakan sampah yang dibuang oleh pengunjung.

Netizen menyebut panda itu "the most miserable in the world".

Panda di Kebun Binatang Ini Tertangkap Kamera Makan Sampah yang Dibuang Pengunjungscmp.com

Foto tersebut awalnya diunggah di akun Weibo salah seorang pengunjung. Netizen pun langsung marah dan khawatir panda itu akan jatuh sakit setelah menelan sampah-sampah seperti bekas botol minuman hingga kantong plastik.

Dilansir dari South China Morning Post, panda tersebut rupanya tinggal di kebun binatang milik negara di kawasan Taiyuan, provinsi Shanxi. Penjaga kebun binatang nampaknya telah abai sehingga membiarkan sampah-sampah berserakan dan dimakan sang panda.

Pihak kebun binatang meminta maaf atas kejadian ini dan menjelaskan bahwa mereka sedang melakukan pantauan medis kepada si panda untuk memastikan apakah dia baik-baik saja atau tidak.

Baca Juga: 9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia yang Harus Dikunjungi Sebelum Kamu Mati

Panda adalah salah satu species rentan di dunia dan harus dilindungi.

Panda di Kebun Binatang Ini Tertangkap Kamera Makan Sampah yang Dibuang Pengunjungworldwildlife.org

Panda memang sempat diberi status sebagai species langka. Namun, karena usaha keras dari berbagai pihak (pengelola konservasi, kebun binatang, LSM pecinta binatang, serta masyarakat luas), kini statusnya menurun menjadi rentan. Berdasarkan data WWF, saat ini ada sekitar 1.854 panda tersebar di bagian barat daya Tiongkok. Mereka harus makan 11 sampai 38 kilogram bambu setiap hari.

Panda memainkan peran penting di hutan bambu. Di sana mereka berkeliaran kesana kemari untuk menyebarkan biji bambu sehingga berpengaruh langsung pada pertumbuhan vegetasi. Selain itu, panda bisa mendatangkan penghasilan bagi warga sekitar melalui ecotourism. Untuk itulah panda dan binatang lainnya wajib dilindungi.

Baca Juga: 19 Foto Ini Membuktikan Bahwa Binatang Pun Juga Bisa Photogenic Lho

Topic:

Berita Terkini Lainnya