TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Drama Korea yang Menghadirkan Karakter Utama Pengidap PTSD

Hal yang disebabkan dari trauma di masa lalu #WaktunyaKorea

Rain or Shine (Dok. JTBC)

Posttraumatic stress disorder atau yang disingkat PTSD adalah sebuah gangguan kejiwaan yang mungkin terjadi pada seseorang yang pernah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis seperti bencana alam, kecelakaan serius, aksi terorisme, perang/pertempuran, pemerkosaan, ancaman pembunuhan, kekerasan seksual atau cedera serius. Seseorang yang mengidap PTSD sering kali merasa terganggu oleh trauma di masa lalu mereka. 

Dalam KDrama atau drama Korea cukup banyak karakter yang menderita PTSD akibat masa lalu yang mereka alami. Dan di bawah ini merupakan tujuh drama Korea dengan karakter utama yang mengidap PTSD.

1. Healer

Healer mengisahkan 3 individu yang dipertemukan karena insiden tragis yang terjadi pada tahun 1992. Ji Chang Wook berperan sebagai pesuruh gelap dengan nama samaran Healer dan dikenal karena keterampilan bertarungnya yang luar biasa. Sementara itu, Chae Young Shin (Park Min Young) adalah seorang reporter tabloid yang mengidap panic attack setiap kali dia melihat kekerasan karena PTSD yang disebabkan oleh masa kecilnya.

Keduanya bertemu ketika Kim Mun Ho (Yoo Ji Tae) seorang jurnalis terkenal, menyewa Healer untuk mencari dan melindungi Young Shin dari orang-orang yang ingin membunuhnya karena insiden tahun 1992.

2. Heart to Heart

Dalam KDrama Heart to Heart, Cha Hong Do (Choi Kang Hee) menderita gangguan kecemasan sosial yang parah, yang membuatnya memerah setiap kali dia menatap mata orang. Karena kondisinya, dia berhenti sekolah dan menutup diri dari dunia luar, ia hanya berinteraksi dengan neneknya.

Setelah neneknya meninggal, Hong Do terpaksa pergi ke dunia luar. Dia bertemu Go Yi Seok (Chun Jung Myung) yang merupakan seorang psikiater. Hong Do memiliki keinginan untuk sembuh dari penyakitnya.

Yi Seok adalah seorang ibu yang mengidap bipolar dan mengalami depresi. Namun demikian, Yi Seok memutuskan untuk membantu Hong Do mengatasi kecemasannya.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala PTSD agar Kamu Lebih Peka terhadap Orang Sekitar

3. Rain or Shine

Rain or Shine bercerita tentang dua individu yang kehilangan orang yang mereka cintai dalam kecelakaan tragis dan harus menekan rasa sakit karena kehilangan dan terus melanjutkan hidup mereka.

Setelah kaki Lee Gang Doo (Lee Jun Ho) terluka dan kehilangan ayahnya dalam insiden runtuhnya mal, mimpinya menjadi pemain sepak bola hancur, membuatnya menderita PTSD dan kurangnya motivasi untuk melakukan apa pun.

Suatu hari, Gang Doo bertemu Ha Moon Soo (Won Jin Ah) yang menderita amnesia akibat PTSD setelah kehilangan adiknya dalam insiden yang sama. Ketika keduanya mulai terbuka satu sama lain, mereka jatuh cinta dan menemukan motivasi baru dalam hidup mereka.

4. Come and Hug Me

Chae Do Jin (Jang Ki Yong) adalah seorang detektif pemula yang belum bisa melupakan cinta pertamanya yakni Han Jae Yi (Jin Ki Joo). Sebuah tragedi membuat mereka berpisah yakni ketika ayah Do Jin yang merupakan seorang pembunuh berantai psikopat membunuh orang tua Jae Yi.

Karena pembunuhan orang tuanya, Jae Yi menderita panic attack. Dia berusaha untuk mengatasinya untuk memenuhi mimpinya menjadi seorang aktris, seperti ibunya. Takdir menyatukan keduanya dan pasangan itu memilih untuk mengatasi tragedi kelam di antara mereka.

5. Chocolate

Chocolate berkisah tentang Lee Kang (Yoon Kye Sang), yang ditekan oleh keluarganya untuk menjadi ahli bedah saraf dan Moon Cha Yeong (Ha Ji Won) yang menjadi juru masak cokelat yang andal.

Cha Yeong menderita depresi dan mendapat panic attack parah karena PTSD yang disebabkan karena ia ditinggalkan oleh ibunya di sebuah department store yang kemudian runtuh. Cha Yeong mencoba menghilangkan ingatan buruk itu, tetapi ingatan itu muncul kembali saat dia berpapasan dengan Lee Kang.

Dia akhirnya menemukan cara untuk berdamai dengan insiden traumatis dengan dukungan Lee Kang serta pembuatan cokelat yang merupakan terapi baginya.

6. Be Melodramatic

Be Melodramatic menceritakan kisah tiga sahabat yang berusia 30 tahunan. Lim Jin Joo (Chun Woo Hee) adalah seorang penulis skenario drama yang baru saja putus dengan pacarnya setelah berkencan selama 7 tahun. Lee Eun Jung (Jeon Yeo Bin) adalah seorang sutradara dokumenter yang menderita PTSD dan berhalusinasi tentang pacarnya yang sudah meninggal. Hwang Han Joo (Han Ji Eun) adalah seorang ibu tunggal.

Ketiga sahabat itu saling mendukung saat mereka mengalami cobaan hidup dan saling membantu mengatasi rintangan yang dihadapi satu sama lain.

Baca Juga: Cerita Perempuan Penyintas PTSD di Palembang Sembuh Lewat Hipnotis

Verified Writer

Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya