Comscore Tracker

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast Kontroversial

Reborn Rich dikritik, ada soal filter wajah Song Joong Ki

Reborn Rich (2022) mencuri perhatian lantaran menjadi drama comeback Song Joong Ki. Berbanding lurus dengan popularitas aktor utama, Reborn Rich juga menyuguhkan kisah seru dan penuh teori.

Meski episode keempat mencetak rating tinggi, sebesar 11,8 persen, drama ini tetap tidak terhindar dari kritikan penonton. 

1. Potensi adanya kisah cinta Jin Do Joon dan Seo Min Young

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast KontroversialStill cut drama Korea Reborn Rich (Instagram.com/jtbcdrama/)

Yoon Hyun Woo (Song Joong Ki) yang kembali ke masa lalu ke dalam raga Jin Do Joon akhirnya memanfaatkan kemampuan dan pengetahuannya untuk bertahan hidup. Di episode 3, ia bertemu dengan Seo Min Young (Shin Hyun Bin) di kampus yang sama.

Di masa depan, Seo Min Young adalah jaksa penuntut yang berusaha menumpas kriminalitas di Soonyang Group. Berbeda dari masa depan mereka yang suram, kisah di tahun 90-an dibuat lebih manis khas cerita cinta coming of age.

Jin Do Joon digambarkan cukup tertarik dengan sosok muda Seo Min Young. Penonton meyakini jika dua karakter tersebut akan memiliki kisah romansa. Terlebih saat konferensi pers, mereka sempat membenarkan tentang potensi tersebut.

Namun, ada yang merasa kurang puas, sebab versi webtoon dari Reborn Rich tidak menonjolkan sisi romantis tersebut.

2. Kota Istanbul digambarkan kumuh dan memiliki sisi negatif

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast KontroversialStill cut drama Korea Reborn Rich (dok. Onedio/)

Di episode pertama, Yoon Hyun Woo diperintahkan oleh Jin Sung Joon (Kim Nam Hee) untuk pergi ke Istanbul. Ia diperintahkan untuk mengamankan dana gelap perusahaan.

Sayangnya, adegan tersebut justru mendapat kritikan dari penonton dan media Turki, salah satunya seperti yang dikutip Onedio.com. Istanbul di drama Reborn Rich digambarkan kumuh dan kurang maju. Tone warna kuning kelam juga menambah kesan menyeramkan dan potensi tingkat kriminalitas tinggi.

Menurut media lokal tersebut, Istanbul memiliki warga yang ramah, bersahabat, dan menjadi destinasi wisata utama di Turki.

Baca Juga: Sinopsis The Golden Spoon, Adaptasi Webtoon Tentang Pertukaran Nasib

3. Paras Song Joong Ki diberi efek berlebih agar terlihat lebih muda

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast KontroversialStill cut drama Korea Reborn Rich (Instagram.com/jtbcdrama/)

Di drama Reborn Rich (2022), Song Joong Ki memerankan Yoon Hyun Woo berusia 30-an dan Jin Do Joon berusia 20-an. Maka tidak mengherankan jika tim produksi berusaha membuat Song Joong Ki terlihat lebih muda pada tahun 1996.

Sayangnya, hal itu justru banjir kritikan dari penonton. Filter untuk mengoreksi kulit Song Joong Ki dianggap terlalu berlebihan.

Meski sudah berusia 37 tahun, sebenarnya Song Joong Ki dianggap masih pantas memerankan karakter anak SMA dan kuliah bahkan tanpa filter berlebihan. Tidak hanya karena parasnya yang baby face, tapi juga kemampuan aktingnya.

Baca Juga: 10 Fakta Song Joong Ki di Reborn Rich, Visual Awet Muda Curi Atensi

4. Kontroversi karakter pendukung yang sempat di penjara

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast KontroversialStill cut drama Korea Reborn Rich (Instagram.com/jtbcdrama/)

Keputusan Reborn Rich (2022) meng-casting aktor yang memiliki catatan kriminal juga menjadi perdebatan. Sosok Jin Young Ki, anak pertama dari Jin Yang Cheol (Lee Sung Min), diperankan oleh aktor Yoon Je Moon.

Aktor Yoon Je Moon tercatat tiga kali didakwa karena kasus mengemudi dalam keadaan mabuk. Tepatnya pada tahun 2010, 2013, dan 2016. 

Di dua pelanggaran pertama, ia hanya dikenakan denda mulai dari Rp17,6 juta hingga Rp29,3 juta. Sedangkan di pelanggaran ketiga, SIM-nya ditarik dan Yoon Je Moon dipenjara selama 8 bulan, sekaligus percobaan selama 2 tahun.

5. Pro dan kontra penonton terkait kritikan di atas

Reborn Rich Dikritik, Filter Glowing Berlebih serta Cast KontroversialStill cut drama Korea Reborn Rich (Instagram.com/jtbcdrama/)

Berbagai pendapat dikemukakan oleh netizen Korea Selatan hingga internasional. Netizen Korea cenderung setuju, terutama soal casting pelaku kriminal. Korea dikenal tegas soal hal ini hingga tak mengherankan kerap terdengar kabar aktor yang diboikot, karena catatan kriminalnya.

Sedangkan bagi penonton Turki, khususnya Istanbul, kritikan nomor dua yang paling jadi sorotan. Di sisi lain, sejumlah netizen Indonesia terpantau merasa tidak masalah dengan kritikan yang menyebut kalau drama ini agak berbeda dari webtoon-nya.

Kamu sudah nonton webtoon Reborn Rich belum? Apakah kamu setuju dengan kritikan-kritikan tersebut? 

Baca Juga: 6 Alasan Reborn Rich Menarik Ditonton, Ceritanya Kompleks

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya