Comscore Tracker

10 KDrama Medis Paling Disukai Penonton, Mana Favorit Kamu?

Perjuangan tenaga medis yang tak kenal lelah #WaktunyaKorea

Buat kamu yang suka menyaksikan drama Korea atau KDrama, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan KDrama medis bukan? Yup, salah satu tema yang sering diangkat dalam KDrama adalah medis atau kehidupan di rumah sakit.

KDrama yang satu ini banyak disukai oleh penonton. Menyajikan bagaimana kehidupan di rumah sakit, hubungan antara tenaga medis dan pasien serta hal-hal yang terjadi di sekitar mereka yang mungkin jarang kita ketahui. Berikut ini merupakan sepuluh KDrama medis paling disukai oleh penonton.

1. Hospital Playlist

https://www.youtube.com/embed/bc8TCfhwAy8

Hospital Playlist adalah KDrama medis yang wajib ditonton yang akan membuat kamu menangis, tertawa dan merasakan emosi yang tulus. Hospital Playlist berfokus pada lima sahabat yang bertemu di sekolah kedokteran.

Sekarang mereka semua bekerja sebagai ahli bedah di departemen yang berbeda di rumah sakit yang sama. Mereka menghadapi tantangan hidup termasuk membesarkan anak, pernikahan yang rumit, keputusan yang mengubah karier dan masalah keluarga.

Sementara itu, karakter-karakter ini menghadapi kenyataan pahit bekerja sebagai dokter. Jangan khawatir, mereka selalu menemukan cara untuk saling menguatkan satu sama lain, kok.

2. Doctor John

https://www.youtube.com/embed/o_QEsnUp480

Doctor John adalah KDrama medis tentang dokter yang berspesialisasi dalam penyakit yang melibatkan nyeri. Doctor John akan menggambarkan para dokter untuk mencari penyebab rasa sakit misterius pada pasien mereka, hampir seperti seorang detektif yang memburu pelaku di balik kejahatan yang belum terpecahkan.

Cha Yo Han (Ji Sung) adalah seorang ahli anestesi jenius, yang juga profesor termuda di sekolah kedokterannya. Ia mendapat julukan 10 seconds mengacu pada kemampuannya untuk mengetahui penyakit pasiennya dalam 10 detik.

Kang Shi Young (Lee Se Young) adalah ahli anestesi legendaris, yang selalu menjadi yang teratas di kelasnya di seluruh sekolah kedokteran. Dokter berbakat itu mewarisi keterampilan dari ibunya yang berkepala dingin dan rasional, sementara dia mewarisi sikap empati, keterampilan mendengarkan dan sikap lemah lembut dari ayahnya.

3. Heart Surgeons

https://www.youtube.com/embed/xzcN9yenSQE

Serial ini berkisah tentang departemen bedah toraks di sebuah rumah sakit.
Park Tae Soo (Go Soo) adalah seorang ahli bedah toraks selama empat tahun yang ibunya sekarang sedang menunggu transplantasi jantung.

Sementara itu, Choi Seok Han (Uhm Ki Joon) adalah seorang ahli bedah toraks yang terkenal dengan keahliannya tetapi tidak diperlakukan secara adil karena latar belakang medisnya yang sederhana dari universitas setempat.

Lalu muncul seorang wanita misterius yang memiliki pengalaman hampir mati, ia memutuskan untuk menjadi residen bedah toraks.

Baca Juga: Cuma 1 Episode, 5 KDrama Stage Terbaru Ini Wajib Kamu Tonton

4. Doctor Prisoner

https://www.youtube.com/embed/eTWa2WiuIII

Na Yi Je (Namkoong Min) adalah seorang ahli bedah dengan keterampilan yang sangat baik dan dia juga adalah orang yang baik. Dia terlibat dalam kecelakaan medis yang tidak dia sebabkan. Kecelakaan medis tersebut membuat Na Yi Je dikeluarkan dari rumah sakit tempat dia bekerja. Dia kemudian mulai bekerja sebagai kepala klinik medis penjara.

Yi Je mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan di penjara, dimana ia bertemu dengan banyak narapidana dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tujuan akhir dari Yi Je adalah untuk membalas dendam terhadap pihak rumah sakit yang membuatnya dipecat.

5. Yong-Pal

https://www.youtube.com/embed/s1CDyLc48Bc

Kim Tae Hyun (Joo Won) adalah seorang ahli bedah yang hebat, tetapi dia terus-menerus dihantui oleh penagih utang karena adik perempuannya. Adik perempuannya membutuhkan cuci darah yang mahal.

Untuk menghasilkan lebih banyak uang, Tae Hyun pergi menemui pasien secara pribadi dengan biaya tinggi. Dia tidak peduli apakah pasien ini penjahat selama mereka bisa membayarnya.

Tae Hyun menjadi pion dalam prioritas utama melayani pasien VIP di rumah sakit. Namun hidupnya berubah ketika dia bertemu Han Yeo Jin (Kim Tae Hee), seorang pewaris chaebol, yang telah koma selama tiga tahun. Tae Hyun membantu Yeo Jin untuk bangun dari koma.

6. Dr. Romantic

https://www.youtube.com/embed/S1nUaEPUnEI

Boo Yong Joo (Han Suk Kyu) adalah seorang ahli bedah terkenal dengan julukan Hand of God. Dia tiba-tiba menghilang dan tidak ada yang tahu persis mengapa dan dimana keberadaannya. Boo Young Joo sekarang memiliki identitas sebagai Guru Kim dan dia menyebut dirinya Dokter Romantis. Dia menikmati hidupnya dalam pengasingan.

Kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok) menjadi seorang dokter untuk memenangkan hati seseorang dan Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin) menjadi seorang dokter untuk diakui oleh seseorang. Setelah mereka bertemu Guru Kim, mereka belajar tentang nilai-nilai kehidupan dan kenyamanan dari cinta.

7. Good Doctor

https://www.youtube.com/embed/LdNaQayNRTs

Meskipun Park Shi On (Joo Won) adalah seorang sarjana autis yang tidak memiliki kedewasaan mental dan empati, ia lulus dari sekolah kedokteran dengan pujian. Keterampilan medisnya luar biasa, tetapi ia berjuang keras untuk berurusan dengan atasannya dan pasiennya karena kurangnya keterampilan interpersonal.

Saat dia berjuang untuk beradaptasi, beberapa rekan dokternya berteman dengannya, mendukungnya selama masa-masa yang paling sulit. Dedikasi dan keterampilannya yang luar biasa seharusnya membuatnya menjadi dokter anak yang hebat, tetapi dapatkah dia mengatasi bias dan diskriminasi atau akankah dia berhenti karena frustrasi?

8. D-Day

https://www.youtube.com/embed/J6PAZsP9YMw

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang belum pernah terjadi sebelumnya telah melanda Seoul, menghancurkan jalan, bangunan dan ambulans sulit untuk mencari korban. Sangat tidak siap untuk bencana besar seperti itu, Korea hanya bisa menyaksikan situasi putus asa dan mendengarkan teriakan minta tolong.

Hae Sung (Kim Young Kwang), seorang ahli bedah yang kompeten, tidak dapat menahan diri untuk melakukan semua yang dia bisa untuk membantu orang-orang yang terluka selama keadaan darurat. Hal ini membuat rumah sakitnya kesal dan mereka memasukkannya ke daftar hitam.

Ddol Mi (Jung So Min), cantik dan ambisius, mengejar uang dan ketenaran sebagai dokter, tetapi sekarang ia ingin menjadi dokter yang penyayang setelah bertemu Hae Sung. Woo Jin (Ha Seok Jin) telah membangun karier yang sukses sebagai dokter yang sedang naik daun, tetapi diam-diam, dia benar-benar peduli untuk menjadi dokter sejati, menyelamatkan nyawa orang sakit.

Ketiga karakter ini bekerja sama dalam keadaan darurat, berpegang pada harapan dalam situasi paling putus asa dan mengambil segala macam risiko demi menyelamatkan nyawa korban.

9. Life

https://www.youtube.com/embed/CIGNSyrW71s

Ye Jin Woo (Lee Dong Wook) adalah seorang dokter di pusat medis di Rumah Sakit Universitas Sangkook. Dia memiliki hati yang hangat dan berkarisma. Dia mengagumi direktur rumah sakit Lee Bo Hoon (Cheon Ho Jin). Suatu hari, Jin Woo mendengar dari saudaranya, Ye Sun Woo (Lee Kyu Hyung) bahwa direktur rumah sakit menempatkan uang subsidi pemerintah ke rekening bank pribadinya.

Pada malam itu, direktur rumah sakit meninggal setelah jatuh dari atap gedung apartemen tempat wakil direktur Kim Tae Sang (Moon Sung Geun) tinggal. Kematiannya dinyatakan sebagai kecelakaan yang disebabkan oleh serangan jantung. Ye Jin Woo percaya sebaliknya.

Koo Seung Hyo (Cho Seung Woo) mulai bekerja sebagai direktur Rumah Sakit Universitas Sangkook. Dia berkepala dingin dan ambisius. Sebagai seorang pengusaha, ia ingin rumah sakit menjadi ladang bisnis. Orang lain mengatakan kepadanya bahwa menjalankan rumah sakit berbeda dari menjalankan bisnis lain, tetapi Koo Seung Hyo tidak mengerti.

Agar rumah sakit dapat mulai menghasilkan keuntungan, ia memutuskan untuk mentransfer tiga departemen. Anggota staf rumah sakit menentang gagasan itu dan pemogokan dipimpin oleh wakil direktur. Sementara itu, Koo Seung Hyo memiliki sisi gelap dalam menjalankan rumah sakit, termasuk menutup-nutupi kematian pasien.

10. Doctor Stranger

https://www.youtube.com/embed/M6cJM8jrC4E

Saat masih anak-anak, Park Hoon (Lee Jong Suk) dan ayahnya diculik oleh Korea Utara. Di Korea Utara, Park Hoon dilatih untuk menjadi seorang dokter oleh ayahnya yang sudah menjadi dokter. Park Hoon menjadi seorang dokter yang jenius. Dia kemudian melarikan diri ke Korea Selatan.

Park Hoon mulai bekerja sebagai dokter di rumah sakit besar di Korea Selatan, Rumah Sakit Universitas Myungwoo, tetapi dia merasa seperti orang asing disana. Untuk membawa kekasihnya pulang dari Korea Utara, dia melakukan apa saja untuk menghasilkan banyak uang.

Dari KDrama medis di atas, kita bisa mengambil banyak pelajaran dan makna kehidupan, lho. Ada gak KDrama medis kesukaan kamu yang masuk dalam list kali ini?

Baca Juga: 15 Aktris Korea yang Totalitas Berperan Jadi Petugas Medis di Drama

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya