Comscore Tracker

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan 

Bahas kesehatan mental, nih!

TvN kembali menayangkan drama bertema olahraga setelah Twenty Five Twenty One, yakni Mental Coach Jegal. Tayang sejak 12 September 2022, kini sudah berjalan 4 episode. Mengisahkan tentang pelatih mental bernama Jegal yang membantu para atlet tengah down apabila ada problem. Salah satu muridnya adalah Cha Ga Eul, atlet short track speed skating.

Dibintangi oleh Jung Woo (Jegal Gil) dan Lee Yoo Mi (Cha Ga Eul) sebagai pemeran utama, drama ini seperti sepi peminat. Hal ini ditandai dengan akun-akun drakor yang jarang membahas serial ini.

Meski begitu, tontonan ini punya sisi menarik tersendiri di tengah drama-drama yang dominan bergenre berat. Berikut adalah hal-hal menarik dari drakor Mental Coach Jegal.

1. Terselip komedi dan salah satu pemeran pendukungnya adalah atlet sungguhan

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan still cut drakor Mental Coach Jegal (instagram.com/tvn_drama)

Meski ada konflik dalam drama ini, terlihat tidak terlalu menonjol karena ada unsur komedinya. Selain itum adegan komedi pun diiringi dengan instrumen yang mendukung. Setiap karakter yang ada di drama punya ciri khas masing-masing dalam membawakan komedi.

Selain itu, biasanya drama bertema sport menghadirkan atlet sungguhan hanya sebagai cameo, seperti Racket Boys dan Twenty Five Twenty One. Nah, di Mental Coach Jegal, ada salah satu pemeran pendukung yang profesinya adalah atlet seluncur cepat lintasan pendek.

Ia bernama Noh Ah Reum dan berperan sebagai Mo Ah Reum. Dalam drama ini, ia menjadi salah satu atlet asuhan pelatih Oh Dal Sung. Ia pun disuruh untuk menghalangi Ga Eul saat melintas agar kalah dalam bertanding.

2. Membahas isu sosial terkini

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan Lee Yoo Mi pemeran Cha Ga Eul di drakor Mental Coach Jegal (instagram.com/tvn_drama)

Ciri khas dari drama Korea dengan tak memandang genre adalah menyelipkan masalah sosial, termasuk Mental Coach Jegal yang kini sedang tayang. Episode awal telah berjalan, drama bergenre sport ini sudah menampilkan beberapa isu sosial yang jika di dunia nyata gak ada ujungnya, di antaranya kesehatan mental, bullying, narkoba dan korupsi.

Dalam drama ini, mental atlet bukan dipengaruhi oleh komentar orang lain yang gak dikenal melainkan orang terdekatnya, termasuk keluarga, rekan dan pelatihnya sendiri. Begitu pula dengan bullying, verbal dan non verbal pun campur menjadi satu.

Korupsi dalam drama ini dilakukan oleh orang tua atlet supaya bisa masuk ke timnas. Hal ini juga dilakukan oleh pelatih yang abusive supaya kasusnya hilang dan tetap bisa melatih para atlet. Selain itu, narkoba justru yang memakai adalah atlet berprestasi dengan citra baik.

Baca Juga: 10 Momen Script Reading KDrama Mental Coach Jegal

3. Dapat mengetahui istilah yang berhubungan dengan kesehatan mental lengkap penjelasannya

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan Jung Woo pemeran Jegal di drakor Mental Coach Jegal (instagram.com/tvn_drama)

Sudah berjalan 4 episode, percakapan dalam drama ini pun terselip kata-kata yang berhubungan dengan kesehatan mental, seperti disabilitas psikogenik, PTSD, gangguan konversi, rapport, paranoia, dan yips.

Misalnya, yips yang sering terjadi pada para atlet. Jegal Gil (Jung Woo) menjelaskan bahwa yips sebagian besar dari psikologis seseorang. Serupa dengan dramanya, melansir dari laman Health Line, yips terjadi karena pikiran takut, cemas, waspada, dan gugup menjadi satu.

Dari pikiran tersebut dapat menghasilkan respons di dalam tubuh, menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan jantung pun mulai berdebar tak beraturan. Sehingga penampilan pun menjadi tidak baik, khususnya pada atlet.

4. Mengajak untuk menjadi manusia yang tetap waras

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan Jung Woo pemeran Jegal Gil di drakor Mental Coach Jegal (instagram.com/tvn_drama)

Manusia adalah makhluk yang sempurna. Kelemahan dan kelebihan menjadikannya sempurna. Beberapa masih ada yang beranggapan bahwa manusia kuat itu bisa melawan kelemahan diri. Padahal dengan mengakui diri mempunyai kelemahan bisa menyehatkan mental.

Drama ini mengajak supaya lebih mencintai diri sendiri. Contoh ringan adalah dengan menerima semua emosi yang ada pada dalam diri. Sedih, senang, bahkan takut harus dihadapi dan perlu diapresiasi.

Cha Ga Eul (Lee Yoo Mi) sangat susah menangis. Bahkan saat terluka pun hanya meringis. Di episode 4 saat Ga Eul telah mabuk dan digendong Jegal, Ga Eul pun akhirnya menumpahkan emosinya hingga menangis. Jegal pun menyuruhnya untuk menangis tanpa malu dan keluarkan segala keluh kesah.

5. Setiap percakapan, penonton digiring untuk berpikir dan merenung

5 Hal Menarik dari Mental Coach Jegal, Drakor Underrated Anti Bosan Jegal Gil (Jung Woo) dan Gu Tae Man (Kwon Yool) di drakor Mental Coach Jegal (instagram.com/tvn_drama)

Terkadang sulit untuk membedakan mana yang kalimat positif beracun dan tidak. Nah, drama ini mengajak penonton supaya menganalisa mana kalimat toxic positivity dan murni positif. Bisa dilihat kalimat yang disampaikan oleh ibu Ga Eul dan Jegal kepada Ga Eul.

Saat paha Ga Eul terluka, ibunya tetap memberikan semangat agar bisa ikut tanding. Ibunya pun mengungkapkan bahwa jangan manja dan cengeng jika ingin menang. Luka pun sudah hal lumrah bagi seorang atlet.

Sementara Jegal malah memberikan saran untuk tak mengikuti seleksi timnas. Jegal berpikir jika Ga Eul tidak istirahat maka hal yang terburuk akan menimpa dirinya dan tidak bisa ikut kompetisi selanjutnya. Jegal pun mengungkapkan bahwa tidak ikut bertanding bukan akhir kehidupan.

Masih banyak terjadinya kasus bunuh diri, tontonan bertema kesehatan mental semakin digaungkan sebagai sarana edukasi, salah satu contohnya pada drakor Mental Coach Jegal. Nah, bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang mental health dengan suasana ringan, kamu bisa saksikan drama ini di platform TvN, TVING, Viu, dan Vidio setiap Senin dan Selasa.

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif Jegal Gil di Mental Coach Jegal, yuk Bangkit!

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya