Comscore Tracker

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's Webtoon

Ada yang berminat profesi ini?

Today's Webtoon, di samping mengisahkan tentang kisah pemeran utamanya, On Ma Eum (Kim Se Jeong), drama Korea ini pun juga menampilkan bagaimana cara bekerja seorang produser webtun di Neon Webtoon. Mulai dari dalam ruangan hingga harus terjun ke lapangan.

Meski ini fiksi, setidaknya menjadi gambaran sebagian kecil tentang deskripsi pekerjaan pada profesi ini. Nah, kira-kira apa saja sih tugas dari seorang produser webtun menurut Today's Webtoon? Berikut ulasannya.

1. Mengingatkan webtoonist untuk menyetorkan karyanya

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonKim Se Jeong (On Ma Eum) dan Im Chul Soo (Na Gang Nam) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Sama seperti tontonan series yang tayangnya ditentukan setiap hari apa, webtun pun seperti itu juga. Misal, terbit setiap hari Rabu maka hari itu juga episode baru ada di laman webtun. Jika telat dan ini dilakukan berulang kali maka yang jadi penggemar perlahan akan lari.

Bagi yang sudah menonton di episode awal, tentu melihat adegan di mana On Ma Eum dan Seok Ji Hyung pergi ke rumah Baek Eo Jin dan Na Gang Nam. Mereka datang sebagai reminder kedua webtoonist untuk segera menyetorkan hasil karyanya.

2. Me-review hasil karya webtoonist

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonKim Se Jeong (On Ma Eum) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Nah, proses meninjau ini tidaklah mudah. Jika webtoonist lebih awal menyetorkan hasil karyanya maka ini sangat memudahkan produser untuk me-review. Lebih susahnya jika karya tersebut disetor kurang dari beberapa jam terbit.

Masih di episode awal, Na Gang Nam menyetorkan karyanya mendekati jam terbit. Untung saja, Ma Eum masih terjaga meski keadaan sudah larut malam. Karena Ma Eum memahami karya Gang Nam, jadi tidak sulit untuk me-review.

3. Menjembatani webtoonist dengan yang lain

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonKim Do Hoon (Shin Dae Lyung) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Produser ini tentu tak akan membuat webtoonist andalannya hanya jalan di tempat. Ia akan membuat webtoonist berkembang dengan mempelajari gaya dari webtoonist lainnya.

Sama seperti Ma Eum yang memperkenalkan Shin Dae Lyung pada Baek Eo Jin. Hal ini berguna agar Shin bisa menggambar secara jelas, terutama dalam segala ekspresi wajah. Dengan bantuan Ma Eum, Shin pun bisa belajar bersama rekan Baek Eo Jin.

Baca Juga: 39 Upcoming Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Siap Produksi dan Tayang

4. Memberikan solusi jika webtoonist yang diproduserinya mengalami kendala

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonKim Gab Soo (Baek Eo Jin) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Adanya produser ini sedikit banyak bisa membantu webtoonistnya memecahkan masalah. Produser tak akan tinggal diam terlepas apakah nanti hasilnya berhasil atau tidak.

Contoh, saat Ma Eum memberi saran kepada Baek Eo Jin untuk melihat komentar atas karyanya. Banyak yang berkomentar bahwa bentuk wajah karakter yang dibuat Eo Jin memanjang. Namun, berkat Ma Eum yang kritis, masalah tersebut terpecahkan. Walau membutuhkan waktu yang lama agar Eo Jin menerima kenyataan.

5. Memberikan support agar webtoonist tetap semangat dalam mengerjakan karyanya

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonKim Do Hoon (Shin Dae Lyung) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Produser selain tugasnya yang bersifat resmi, profesi ini juga memberikan dukungan moril agar webtoonist andalannya tetap semangat. Produser pun mengingatkan supaya webtoonistnya menjaga waktu agar tetap seimbang antara pribadi dan pekerjaan.

Ma Eum melakukannya pada Shin, webtoonist baru. Melihat Shin tak kenal waktu dalam membuat karyanya, Ma Eum pun tak lupa memberikan saran supaya tidak lupa makan dan istirahat. Ma Eum tidak ingin Shin jatuh sakit.

6. Membantu webtoonist baru untuk debut

Gak Mudah, 6 Tugas Produser Webtun di Drakor Today's WebtoonJang Sung Yoon (Lee Woo Jin) di Kdrama Today's Webtoon (instagram.com/sbsdrama.official)

Produser pun mencari bibit-bibit baru agar laman webtun menjadi berwarna dengan kisah yang beragam dan unik. Mengecek webtun-webtun lama untuk mengetahui cerita seperti apa yang menjangkau banyak peminat.

Hal ini terjadi pada Ma Eum dan Jun Yeong yang memilih webtoonist andalannya dalam acara kemah. Jun Yeong memproduseri Lee Woo Jin dan Ma Eum bertanggung jawab terhadap Shin Dae Lyung. Mulai dari me-review hingga menjelaskan isi surat kontrak, semua dilakukan oleh Ma Eum dan Jun Yeong.

Meski fiktif, setidaknya itulah gambaran pekerjaan seorang produser webtun yang terkadang juga ada kendala jika webtoonist bermasalah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tugas seorang produser webtun, jangan lupa saksikan Kdrama Today's Webtoon.

Baca Juga: 6 KDrama yang Dibintangi Kim Sejeong, yang Terbaru Today's Webtoon

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya