Comscore Tracker

Dinyanyikan Jin BTS hingga Taeyeon, Ini 10 OST KDrama Jirisan

Lagu Jin BTS jadi yang paling populer #WaktunyaKorea

Keberadaan original soundtrack bagi suatu KDrama memang sangat penting dan kerap dianggap sebagai "jiwa" yang membuatnya drama tersebut semakin hidup. Begitu pula dengan KDrama Jirisan yang tayang di kanal tvN dan layanan streaming iQiyi sejak 23 Oktober lalu.

Musik dan soundtrack drama yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Ju Ji Hoon ini diarahkan oleh pengarah musik populer, Gaemi. Ia dan sang sutradara, Lee Eung Bok, pernah bekerja sama dalam drama Sweet Home (2020) dan Descendants of the Sun (2016).

Penasaran apa saja OST dalam drama Jirisan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Destiny - Kim Feel

https://www.youtube.com/embed/lYb0p8Qnuu4

Soundtrack pertama dari drama Jirisan berjudul "Destiny" yang dinyanyikan oleh Kim Feel. Lagu ini muncul sebagai penutup episode pertama sampai ketiga dan resmi dirilis pada 24 Oktober 2021 lalu. Keseluruhan liriknya menggunakan bahasa Inggris.

Lagu ini menggambarkan betapa beratnya tugas para ranger atau jagawana (penjaga hutan) di Taman Nasional Gunung Jiri. Mereka ditakdirkan untuk menyelamatkan para pendaki yang hilang dan warga sekitar meski harus menghadapi berbagai ancaman, seperti bencana alam hingga kematian.

2. Memories - Gaho

https://www.youtube.com/embed/mcNNtt0g2fQ

Gaho juga turut menyumbangkan suara emasnya melalui lagu berjudul "Memories". Lagu ini dirilis pada 30 Oktober 2021 dan semua liriknya juga menggunakan bahasa Inggris.

"Memories" menampilkan musik yang impresif dipadu suara gitar elektrik yang dinamis dan drum yang kuat. Hal ini menggambatkan semangat dan sikap pantang menyerah para ranger di Gunung Jiri.

3. Falling - Kim Jong Wan NELL

https://www.youtube.com/embed/zDdkNWmd6Nc

Musisi senior sekaligus penyanyi utama band NELL, Kim Jong Wan, turut menjadi bagian dari OST drama Jirisan. Lagunya yang berjudul "Falling" atau versi Korea-nya 시간의 틈 사이로 (Di Antara Celah Waktu) dirilis pada 6 November 2021 dan menjadi lagu penutup pada episode 4 dan juga kembali ditampilkan pada episode 5.

4. Yours - BTS Jin

https://www.youtube.com/embed/OpnYPFTb8NE

Barangkali soundtrack inilah yang paling dinantikan kehadirannya, khususnya oleh para ARMY. Kim Seok Jin alias Jin BTS menyumbangkan suara emasnya dalam lagu "Yours" yang dirilis pada 7 November 2021 dan dikonfirmasi sebagai lagu utama dari drama Jirisan.

Hebatnya, belum sampai 24 jam pasca rilis, lagu ini berhasil menduduki peringkat satu tangga lagu iTunes Top Songs di 82 negara, termasuk di Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Prancis, Jerman, Australia, Brazil, Kanada, Malaysia, Italia, Meksiko, dan Rusia.

Tak hanya itu, lagu ini juga berhasil menjadi OST KDrama pertama yang masuk tangga lagu Global Spotify. Double record banget!

5. In Color - Lee So Ra

https://www.youtube.com/embed/pf_zWWZGTO4

Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, lagu "In Color" yang dinyanyikan oleh Lee So Ra ini bernafaskan ballad dan memiliki harmoni yang dramatis. Siapapun yang mendengarnya pasti terhanyut dengan suara Le So Ra yang sangat indah dan lembut. Lagu ini resmi dirilis pada 14 November 2021.

Baca Juga: Terbaru Jirisan, 10 OST KDrama yang Dinyanyikan Taeyeon

6. Stay - O3ohn

https://www.youtube.com/embed/rIbMIlek2U0

Selain Lee So Ra, O3ohn juga turut terlibat menyumbangkan lagu ballad berjudul "Stay" yang dirilis pada 20 November 2021. Lirik lagu yang diiringi dengan alunan melodi piano tersebut menggambarkan harapan agar para ranger, khususnya Seo Yi Gang (Jun Ji Hyun), di Taman Nasional bisa bertahan menghadapi segala tantangan dan cobaan.

7. Our Road - Rothy

https://www.youtube.com/embed/F6pat-jmlP0

Kang Joo Hee atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Rothy kebagian melantunkan lagu berjudul "Our Road". Lagu yang rilis pada 21 November 2021 ini seluruh liriknya menggunakan bahasa Inggris dengan pesan yang sangat menyentuh seakan memberikan semangat bahwa sesulit apapun jalan yang dilalui akan ada cahaya yang mengiringi.

8. Little Garden - Taeyeon

https://www.youtube.com/embed/1uv1CLFP_F0

Para SONE atau penggemar SNSD (Girl's Generation) pasti sudah menunggu soundtrack ini rilis pasca diumumkan bahwa Taeyeon akan menjadi salah satu pengisi OST drama Jirisan. Tepat pada 28 November 2021 lalu, lagu berjudul "Little Garden" yang dinyanyikan oleh leader SNSD ini pun resmi dirilis.

9. Always With You - Paul Kim

https://www.youtube.com/embed/IDpi-OpDdkQ

Satu lagi lagu ballad yang menjadi soundtrack drama ini, yaitu "Always With You" yang dinyanyikan dengan sangat indah oleh Kim Tae Hyeong atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Paul Kim. Lagu ini dirilis pada 4 Desember 2021 lalu dan liriknya ditulis sendiri lirik oleh Paul Kim, lho.

"Always With You" menyiratkan pesan dari Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) kepada Seo Yi Gang (Jun Ji Hyun) bahwa ia akan selalu memberinya pesan tentang hal-hal yang ia lihat di gunung mengingat kaki Yi Gang lumpuh dan tidak bisa leluasa pergi ke sana. 

10. I'm Coming Home - Jukjae

https://www.youtube.com/embed/ykK_Nzk_GEI

Dirilis sehari setelah lagu "Always With You", lagu "I'm Coming Home" yang dinyanyikan oleh Jung Jae Won atau yang lebih dikenal dengan nama Jukjae. Liriknya menggambarkan tentang tempat "pulang" bagi para ranger. Ke manapun pergi, gunung akan selalu jadi rumah untuk mereka pulang.

Wah, lagu-lagunya easy listening dan nagih semua, kan? Apalagi semua liriknya penuh makna. Kalian paling suka lagu yang mana?

Baca Juga: 10 Soundtrack KDrama yang Dinyanyikan Kim Feel, Ada OST Jirisan

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya