Comscore Tracker

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve

Tak disadari, ternyata kedua drama ini memiliki persamaan 

Lima tahun lalu, KDrama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo berhasil mencuri perhatian dan jadi pembicaraan para penggemar drama sageuk. 

Drama ini dibintangi oleh segudang aktor-aktris muda dan populer, mulai dari dari Lee Joon Gi, IU, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, Nam Joo Hyuk, Baekhyun EXO, Ji Soo, Kang Han Na, Yoon Sun Woo, hingga Seohyun SNSD. 

Dan menjelang akhir tahun 2021 lalu, giliran drama The Red Sleeve yang jadi pembicaraan karena alur ceritanya yang menarik dan chemistry dua pemeran utamanya, yaitu Lee Jun Ho (Junho 2PM) dan Lee Se Youn berhasil membuat para penonton baper.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa dua drama tersebut memiliki alur cerita dan vibes yang hampir sama. Wah, apa saja persamaannya? Baca ulasan lengkapnya di bawah ini sampai habis, ya.

1. Alur cerita diadaptasi dari sejarah dinasti atau kerajaan besar di Korea

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleevepotret Jo Min Ki dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | potret Lee Deok Hwa dan Lee Jun Ho dalam The Red Sleeve (dok. MBC/The Red Sleeve)

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve sama-sama merupakan drama sageuk berlatar belakang sejarah atau kerajaan besar yang pernah berdiri di Semenanjung Korea. Beberapa tokoh yang dimunculkan dalam kedua drama tersebut memang benar-benar ada, seperti para pangeran dan raja. Tetapi tak sedikit pula tokoh fiktif untuk mendukung cerita.

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo berlatar belakang masa pemerintahan empat raja dari Dinasti Goryeo, yaitu Raja Taejo (918–943 M), Raja Hyejong (943-945 M), Raja Jeongjong (945-949 M), dan Raja Gwangjong (949-975 M).

Alur ceritanya berkisah tentang perjalanan cinta dan persahabatan antara Hae Soo (IU) dengan para pangeran anak-anak Raja Taejo (Jo Min Ki).

Sedangkan The Red Sleeve berlatar belakang menjelang akhir masa pemerintahan Raja Yeongjo (1724 -1776 M) hingga masa-masa awal pemerintahan Raja Jeongjo (1776-1800 M) dari Dinasti Joseon.

Drama ini menceritakan tentang kisah cinta Putera Mahkota Yi San (Lee Jun Ho) dan seorang dayang istana bernama Sung Deok Im (Lee Se Young).

2. Pemeran utama wanita bekerja di istana sebagai dayang

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleevepotret IU dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | potret Lee Se Young dalam The Red Sleeve (instagram.com/mbcdrama_now)

Dua pemeran utama wanita (female lead), yaitu Hae Soo (IU) dan Sung Deok Im (Lee See Young) sama-sama bekerja di istana sebagai dayang atau pelayan.

Hae Soo menjadi dayang setelah kakak sepupunya, Hae Myung Hee (Park Si Eun) meninggal dunia dan ia menolak untuk dijadikan selir oleh Raja Taejo (Jo Min Ki). Selain itu, ia juga tidak memiliki kerabat dekat yang bisa menjadi pelindungnya.

Sedangkan Sung Deok Im menjadi dayang sejak masih kecil. Setelah ayah dan ibunya meninggal, ia diangkat anak oleh salah satu pelayan Hong Hyebin (Kang Mal Geum), ibunda Putera Mahkota Yi San (Lee Jun Ho), dan memasukannya ke istana untuk dididik sebagai dayang. Ketika dewasa, Deok Im bertugas melayani putera mahkota di Istana Timur.

3. Pemeran utama pria adalah pangeran yang kelak menjadi seorang raja

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleevepotret Lee Joon Gi dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | potret Lee Jun Ho dalam The Red Sleeve (instagram.com/mbcdrama_now)

Pemeran utama pria dalam drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve sama-sama merupakan pangeran yang kelak menjadi seorang raja pada dinasti masing-masing.

Wang So (Lee Joon Gi) sebenarnya bukan putera mahkota tetapi ia berhasil naik tahta Dinasti Goryeo setelah kedua kakaknya yang sempat menjadi raja, yaitu Wang Moo atau Raja Hyejong (Kim San Ho) dan Wang Yo atau Raja Jeongjong (Hong Jong Hyun), mangkat. Setelah naik tahta, ia bergelar Raja Gwangjong.

Sedangkan Yi San menjadi putera mahkota Dinasti Joseon karena ayah kandungnya, Putera Mahkota Sado (Do Sang Woo), meninggal dunia. Ia naik tahta menggantikan kakeknya, Raja Yeongjo (Lee Deok Hwa), dan bergelar Raja Jeongjo. 

Baca Juga: The Most Buzzworthy Drama, 5 Alasan Wajib Nonton The Red Sleeve

4. Baik Hae Soo maupun Sung Deok Im sama-sama tidak bersedia menjadi selir

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red SleeveIU dan Lee Joon Gi (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | Lee Jun Ho dan Lee Se Young (instagram.com/mbcdrama_now)

Pada zaman dahulu, pencapaian tertinggi seorang dayang adalah ketika mereka diangkat menjadi selir raja. Ditambah lagi mereka bisa melahirkan pangeran, maka status sosial mereka pun akan naik dan mendapatkan gelar resmi. Namun hal tersebut rupanya tidak berlaku bagi Hae Soo maupun Sung Deok Im yang menolak dijadikan selir oleh raja.

Hae Soo tidak bersedia menjadi selir Wang So karena memiliki bekas luka di pergelangan tangannya. Pada masa itu, seseorang yang memiliki bekas luka di tubuhnya tidak boleh menikah dengan raja. Selain itu, Hae Soo ingin hidup bebas. Ia pun menikah dengan Wang Jung (Ji Soo), adik bungsu Wang So, dan meninggalkan istana hingga akhir hayatnya.

Semula, Sung Deok Im juga tidak mau menjadi selir karena ia ingin hidup bebas. Menjadi selir berarti tidak bisa meninggalkan istana untuk selamanya, berkumpul bersama teman-temannya seperti dulu, dan melakukan aktivitas yang menjadi kesehariannya. Namun, pada akhirnya ia bersedia menjadi selir karena rasa cintanya yang besar untuk Yi San.

5. Hae Soo dan Sung Deok Im juga sama-sama melahirkan anak raja

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleevepotret IU dan anaknya (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | potret Lee Jun Ho dan Lee Se Young (instagram.com/mbcdrama_now)

Ketika menikah dengan Wang Jung dan keluar dari istana, Hae Soo tahu dirinya dalam keadaan mengandung anak dari Wang So. Ia meminta Jung untuk merahasiakannya dari siapapun. Jung pun merawat anak tersebut seperti anak kandungnya sendiri setelah Hae Soo meninggal dunia.

Sung Deok Im juga melahirkan anak laki-laki sekaligus anak pertama Yi San yang diberi nama bernama Yi Sun dan kemudian bergelar Putera Mahkota Munhyo. Sayangnya, Yi Sun meninggal dunia akibat terkena campak ketika usianya belum genap empat tahun.

6. Bagian tersedih dalam dua drama tersebut adalah kematian Hae Soo dan Sung Deok Im

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red SleeveIU dan Ji Soo (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | Lee Jun Ho dan Lee Se Young (instagram.com/mbcdrama_now)

Tak dapat dipungkiri bahwa bagian tersedih dalam drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve adalah adegan kematian dua pemeran utama wanita, yaitu Hae Soo dan Sung Deok Im.

Kondisi Hae Soo sejak semula memang lemah karena dia pernah tenggelam dalam waktu cukup lama. Kehamilannya pun membuat tubuhnya semakin lemah. Beberapa waktu setelah melahirkan putrinya, Hae Soo pun meninggal dunia di pelukan Wang Jung. Hal ini sontak membuat Wang So berduka dan menyesali perbuatannya pada Hae Soo.

Sedangkan Sung Deok Im mengalami duka yang berkepanjangan setelah kematian anak lelaki sulungnya, Putera Mahkota Munhyo. Saat itu, ia juga sedang hamil sehingga kondisinya semakin lemah dan akhirnya meninggal dunia bersama dengan bayi yang dikandungnya.

Well, siapkan tisu yang banyak ketika ingin menonton dua adegan ini.

7. Pada bagian epilog, penonton disuguhi alternative ending yang bahagia

7 Persamaan Cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red SleeveIU dan Lee Joon Gi (dok. SBS/Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo) | Lee Jun Ho dan Lee Se Young (instagram.com/mbcdrama_now)

Barangkali sutradara beserta kru drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve ingin sedikit menghibur penonton yang sedih setelah menyaksikan adegan kematian Hae Soo dan Sung Deok Im. Para penonton menyebutnya 'sad ending berkedok happy ending'.

Bagian epilog Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo menampilkan Wang So dan Hae Soo berjalan-jalan di tepi danau. Mereka berbicara tentang kekhawatiran Hae Soo dan kemungkinan-kemungkinan jika mereka bertemu di waktu dan dunia lain. Wang So kemudian menggendong Hae Soo di punggungnya dan berlari dengan sangat bahagia.

Begitu pula dengan bagian epilog The Red Sleeve. Semua adegan sedih dalam drama tersebut digambarkan sebagai mimpi Yi San. Ketika hendak keluar dari pintu gerbang, Yi San teringat mimpinya. Ia pun kembali menghampiri Deok Im seolah tak ingin kehilangan orang yang dicintainya tersebut.

Wah, ternyata memang alur cerita Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan The Red Sleeve memiliki banyak persamaan. Menarik semuanya, kan? 

Jika ingin kembali mengulang momen-momen bahagia, baper, dan sedih dalam dua drama tersebut, kalian bisa menontonnya di layanan streaming VIU. Happy watching!

Baca Juga: 9 Sad Boy di KDrama Saeguk, Ada yang Berakhir Mengenaskan!

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya