Comscore Tracker

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama Happiness

Makna yang tersirat benar-benar menarik

Kanal tvN meluncurkan drama terbarunya yang berjudul Happiness. Meski masih ongoing, drama yang dibintangi beberapa artis ternama Korea Selatan seperti Han Hyo Joo, Park Hyung Sik, dan Jo Woo Jin ini sukses membawa banyak perhatian penggemar drama.

Happiness mengusung kisah tentang varian virus baru yang muncul di dunia pasca pandemik COVID-19. Virus ini membuat penderitanya menjadi haus darah dan berubah seperti zombie. Menyinggung pandemi, ini lima pesan tersirat yang disampaikan drama Happiness lewat deretan scene berikut ini.

1. Kurangnya kesadaran masyarakat saat awal kasus

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama HappinessJung Woon Sun, Park Hee Von, Hong Soon Chang, Kang Han Saem, dan Na Chul di drama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Salah satu scene yang cukup menarik adalah ketika Yoon Sae Bom (Han Hyo Joo) terheran-heran terhadap kondisi supermarket yang sepi dari pengunjung padahal telah ada himbauan akan virus baru.

Pada hari itu, pemerintah Korea telah menyebarkan pesan waspada akan wabah kepada seluruh warganya. Namun, tidak banyak orang yang menanggapi pesan tersebut dan menganggap virus ini bukan ancaman yang serius.

Setelah adanya video yang bocor mengenai program rahasia pemerintah dalam menangani virus yang menyebabkan orang-orang menjadi zombie, barulah banyak masyarakat yang mulai bingung dan memesan barang-barang kebutuhan di supermarket. Namun sayang, banyak dari mereka yang harus antri untuk mendapatkannya.

2. Lambannya penanganan virus

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama HappinessJo Woo Jin di drama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Penanganan virus yang lambat dan banyaknya hal penting yang ditutupi oleh pemerintah, khususnya Joo Woo Jin (Han Tae Sok), pemimpin militer yang diberi tanggung jawab atas penanganan virus ini, dan membuat banyak masyarakat lengah dan acuh.

Setelah adanya warga yang terinfeksi virus di lingkungan apartemen Yoon Sae Bom, barulah Joo Woo Jin turun tangan dan membuat deklarasi bahwa lingkungan apartemen akan di karantina. Bahkan, ia tidak memperbolehkan ada orang yang masuk dan keluar dari apartemen tersebut.

Niat awal merahasiakan informasi demi mencegah keributan, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Masyarakat yang kurang kesiapan malah dibuat kebingungan dengan adanya karantina mendadak pada lingkungan apartemen mereka.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup Drama Korea Happiness, Apa Itu Bahagia?

3. Panic buying karena ketakutan berlebih

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama HappinessHong Soon Chang dan Lee Jo Sil di drama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Tayangan drama Happiness yang menunjukkan scene panic buying ini sepertinya merupakan sentilan akan kejadian yang terjadi di beberapa negara saat pandemik COVID-19 mulai marak dan telah memakan banyak korban.

Dalam drama Happiness, setelah ada pengumuman virus 'orang gila', warga apartemen mulai berbondong-bondong menyerbu supermarket untuk belanja segala keperluan untuk diri mereka masing-masing.

Tanpa berpikir rasional dalam berbelanja, menyebabkan banyak orang disekitar kehabisan dan tidak sempat berbelanja karena lingkungan apartemen yang dikarantina. Bahkan untuk layanan antar pun harus antri karena banyak orang yang sudah duluan memesan. Sungguh menyedihkan, bukan?

4. Menyorot keegoisan manusia saat pandemik

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama HappinessPark Hyung Sik dan Jo Woo Jin di drama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Salah satu efek dari munculnya wabah 'orang gila' ini adalah banyak karakter dalam serial drama Happiness ini menjadi egois dan memunculkan karakter aslinya. Karakter Oh Yeon Ok (Bae Hae Sun) yang merupakan salah satu pengurus dan penghuni apartemen adalah salah satunya.

Setelah kejadian mengamuknya salah satu warga apartemen karena terinfeksi, Yoon Sae Bom berniat untuk menghirup udara segar dengan berjalan-jalan di taman dengan pasangannya, Jung Ji Hyun (Park Hyung Sik).

Di perjalanan keluar, mereka bertemu Oh Yeon Ok yang meminta mereka merahasiakan kejadian bahwa salah satu warga apartemen telah terinfeksi virus. Ia berdalih bahwa nanti harga jual apartemen bisa turun.

Keegoisan seperti ini banyak juga terjadi di masa awal pandemik, lho. Banyak orang melakukan tindakan egois untuk mendapat keuntungan sendiri, seperti menimbun masker atau hand sanitizer lalu menjualnya dengan harga selangit.

5. Nasihat untuk selalu waspada terhadap penyebaran virus

Menyinggung Penanganan Pandemi, Ini 5 Pesan Tersirat KDrama HappinessHan Joon Woo di drama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Pada salah satu scene, dengan menampilkan salah satu penghuni apartemen yang menggunakan alat pelindung diri lengkap, serial drama Happiness menyinggung tentang kesiapan dan tanggung jawab seseorang saat wabah virus terjadi. 

Drama Happiness seolah menyiratkan pesan untuk selalu waspada dan memiliki rasa tanggung jawab saat akan keluar rumah dengan memakai keperluan yang dapat  mencegah penularan virus terjadi. 

Lagi-lagi mirip dengan situasi masyrakat saat penanganan pandemik. Banyak masyarakat yang mulai lalai saat virus sudah mulai menurun dan menyepelekan protokol kesehatan yang ada.

Itulah kelima makna tersirat yang disampaikan pada drama Happiness. Cukup menarik, bukan? Semoga setelah menonton drama ini kamu bisa lebih waspada dan serius terhadap penanganan pandemik, terutama dalam menjaga kesehatan diri sendiri.

Baca Juga: 6 Drama dan Film Korea ini Mengisahkan Penyebaran Virus, Ada Happiness

Gusti Andrean Surya Pratama Photo Verified Writer Gusti Andrean Surya Pratama

Tumbuh, tumbuh, terus bertumbuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya