Comscore Tracker

6 KDrama dan KMovie tentang Bullying untuk Tingkatkan Empati

Membuka mata tentang bahaya mengerikan bullying 

Bullying termasuk salah satu bentuk kekerasan secara fisik maupun emosional yang dilakukan satu atau sekelompok orang dengan tujuan menyakiti serta merendahkan harga diri seseorang. Dampak perundungan pun tak bisa dipandang sebelah mata karena efek perlakuan tersebut dapat membuat korbannya menjadi depresi hingga nekat bunuh diri.

Inilah alasannya mengapa para sineas film, termasuk Korea Selatan mengangkat isu sosial tersebut ke layar lebar. Hal tersebut semata-mata bertujuan untuk menyadarkan penonton akan bahaya bullying. Seperti keenam drama dan film Korea berikut ini yang mengangkat kasus bullying, hal ini dapat menimpa siapa pun jadi mari kita berempati, ya.

1. My Little Baby, Jaya (2017)

https://www.youtube.com/embed/jB-hepvLkog

Jaya (Oh Ye Sul) adalah seorang remaja yang ceria, tangguh dan juga menyayangi ayahnya yang menderita celebral palsy. Ia selalu menjadi garda terdepan ketika sang ayah, Won Sool (Kim Jung Kyoon) mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain. 

Begitu pun dengan Won Sool, dengan keterbatasan fisiknya, ia selalu memberikan cinta dan kasih sayang untuk putri semata wayangnya tersebut. Ia juga bekerja keras demi mencukupi kebutuhan Jaya. Sayangnya, Jaya memutuskan mengakhiri hidupnya karena menerima kekerasan seksual serta bullying dari teman-temannya.

Hati Won Sool begitu hancur dan sakit ketika mengetahui penderitaan yang dialami oleh putrinya selama ini. Ia pun akhirnya memutuskan untuk menuntut keadilan atas apa yang telah dilakukan oleh orang-orang keji tersebut. 

2. Beautiful World (2019)

https://www.youtube.com/embed/OZtUWM724ZA

Beautiful World merupakan drama yang mengisahkan tentang perjuangan orangtua korban perundungan untuk menuntut keadilan kepada pelaku. Kisah ini dimulai ketika seorang siswa yang mengalami bullying bernama Park Seon Ho (Nam Da Reum) terjatuh dari atap gedung sekolah. 

Banyak orang, termasuk teman-temannya menduga bahwa kejadian tersebut merupakan percobaan bunuh diri dan mulai menyebar desas-desus soal penyebab bunuh dirinya. Namun, orangtua Seon Ho tak menyerah, mereka tetap berusaha mengungkapkan kebenaran dibalik peristiwa nahas yang menimpa anaknya.

3. Shadow Beauty (2021)

https://www.youtube.com/embed/BfRIARtdKdA

Diadaptasi dari Webtoon populer dengan judul yang sama, drama Shadow Beauty bercerita tentang kehidupan seorang wanita muda bernama Goo Ae Jin (Shim Dal Gi) yang menjadi korban bully di sekolah. Namun, tak ada yang mengetahui jika Ae Jin memiliki identitas ganda. 

Diam-diam, Ae Jin juga merupakan seorang influencer media sosial yang begitu populer. Dikenal akan penampilannya yang sempurna, Ae Jin terkejut ketika mendapatkan pesan dari orang misterius yang mengetahui rahasia besarnya itu. 

Baca Juga: 5 Aktor Hollywood yang Pernah Kena Body Shaming di Film 

4. Class of Lies (2019)

https://www.youtube.com/embed/jLrWXxEAgXk

Bergenre thriller dan misteri, drama Class of Lies mengisahkan perjuangan seorang pengacara bernama Ki Moo Hyuk (Yoon Kyun Sang) yang sedang mengungkapkan kasus pembunuhan di sebuah sekolah elit. Demi memperbaiki reputasinya, Moo Hyuk nekat menyamar menjadi guru demi menguak kebenaran. 

Berusaha fokus terhadap kasus pembunuhan, siapa yang menyangka jika Moo Hyuk menemukan banyak rahasia kelam di dalam sekolah elit tersebut. Alur cerita yang menarik serta susah ditebak, drama Class of Lies ini berhasil membuat para penontonnya penasaran di setiap episodenya.

5. Bleak Night (2011)

https://www.youtube.com/embed/dQTIQCMNiac

Termasuk salah satu film indie Korea legendaris, sang sutradara Yoon Sung Hyun mampu mengeksekusi mahakarya ini dengan begitu apik. Membumbuhkan isu bullying dan arti persahabatan, film Bleak Night hadir dengan jalan cerita yang menarik. 

Menggunakan alur maju mundur, film Bleak Night bercerita tentang penyelidikan seorang ayah terhadap penyebab kematian anaknya, Ki Taek (Lee Je Hoon). Tanpa ia duga sebelumnya, bahwa anaknya ternyata selama ini merupakan pelaku bullying di sekolahnya. 

6. Thread of Lies (2014)

https://www.youtube.com/embed/n3vXgDTDPdg

Bagaimana buruknya dampak bullying terhadap kesehatan mental digambarkan jelas melalui film Thread of Lies. Lee Cheon Ji (Kim Hyang Gi), seorang remaja perempuan berusia 14 tahun yang mengalami depresi akibat bullying yang dilakukan oleh teman-temannya. Ia pun akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Film Thread of Lies tak hanya mengangkat isu seputar bullying. Namun, film karya sutradara Lee Han juga menyinggung tentang sikap orang-orang yang tidak bersikap simpatik terhadap kematian seseorang akibat bunuh diri. Padahal, keluarga yang ditinggalkan sudah mengalami kepedihan atas kepergian orang tercinta.

Drama dan film Korea di atas mengingatkan tentang dampak buruk bullying yang dapat menimpa siapa pun. Oleh sebab itu, kita diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap orang-orang di sekitar serta menjadi mendampingi mereka yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: 9 Film tentang Bullying Terkeren, Menyadarkan dan Membuka Matamu

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya