12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!

Drama Korea yang terlalu manis dan bucin buat kamu

Drama Korea memang terkenal dengan kisah romantisnya yang selalu sukses bikin baper. Bahkan hampir semua drakor memiliki love-line di dalamnya. Di antaranya, ada sejumlah drakor yang dinilai terlalu manis dan bikin baper karena chemistry pemainnya yang kuat atau karakternya yang dianggap bucin.

Drakor dengan karakteristik seperti itu gak cocok untuk ditonton saat sedang patah hati. Selain jenuh dengan kisah romantisnya, drakor tersebut mungkin akan membuatmu teringat akan kenangan yang ingin kamu lupakan. Lantas, ada drakor apa saja yang sebaiknya gak kamu tonton saat patah hati? Berikut daftarnya!

1. Yumi's Cells (2021-2022)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Yumi's Cells 1 (dok. tvN/Yumi's Cells 1)

Punya alur ringan yang dekat dengan kehidupan perempuan pekerja, Yumi's Cells menceritakan berbagai lika-liku percintaan yang dialami Kim Yu Mi (Kim Go Eun). Dalam drama yang kental dengan unsur rom-com ini, para penonton akan dibuat baper dengan keromantisan cerita yang dialami pemeran utama.

Masalah-masalah dalam hubungan yang dijalani Yu Mi baik saat bersama Woong (Ahn Bo Hyun) pada season 1 maupun Ba Bi (Jinyoung GOT7) dalam season 2 juga sangat relatable sehingga sebaiknya gak kamu tonton saat patah hati. Selain malah bisa mengingatkanmu dengan mantan, kamu mungkin akan merasa sedih saat menontonnya.

2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (dok. MBC/Weightlifting Fairy Kim Bok Joo)

Drama ini mulanya menunjukkan love-hate relationship yang terjalin antara Jung Joon Hyung (Nam Joo Hyuk) dan Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung). Namun perlahan, hubungan mereka berkembang dari persahabatan menjadi cinta. 

Saat menjalin hubungan pacaran itulah, baik Joon Hyung maupun Bok Joo begitu bucin sehingga bikin penonton gemas. Namun, kalau kamu menonton drama ini saat patah hati, kamu mungkin gak akan merasakan chemistry mereka.

3. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Strong Woman Do Bong Soon (dok. JTBC/Strong Woman Do Bong Soon)

Strong Woman Do Bong Soon memang bukanlah drama rom-com biasa karena memiliki unsur action di dalamnya. Ya, selain fokus pada hubungan asmara antara CEO Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik) dan Do Bong Soon (Park Bo Young), drama ini juga menceritakan tindak kejahatan yang mengancam nyawa keduanya.

Namun, karena tergolong ringan, maka action yang disajikan pun gak terlalu menegangkan. Kamu justru akan banyak menyaksikan betapa bucinnya CEO Ahn kepada Bong Soon. Jika kamu baru saja putus cinta, bisa saja kamu akan merasa kesal melihatnya.

4. Chocolate (2019)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!poster Chocolate (dok. JTBC/Chocolate)

Bukan drama romance yang terlalu bucin, Chocolate justru cenderung manis dan memiliki alur lambat. Drama yang dimainkan oleh Ha Ji Won dan Yoon Kye Sang ini bercerita tentang Lee Kang (Yoon Kye Sang) yang berhenti memasak dan menyukai cokelat setelah tragedi yang menewaskan ibunya.

Ketika dewasa, ia memilih bekerja sebagai dokter dan kembali bertemu dengan Moon Cha Young (Ha Ji Won). Ia adalah juru masak di rumah perawatan tempatnya bekerja yang mengingatnya sebagai cinta pertama.

Karena mengambil latar di sebuah rumah perawatan, drama ini juga memuat kisah-kisah menyedihkan yang terjadi di antara pasien sehingga akan menyayat hati para penontonnya. Jadi, kalau kamu menonton drama ini saat sedang patah hati, kamu mungkin justru akan merasa bosan dan semakin larut dalam kesedihan.

5. Business Proposal (2022)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Business Proposal (dok. SBS/Business Proposal)

Business Proposal bercerita tentang Shin Ha Ri (Kim Se Jeong) yang gak sengaja bertemu dengan CEO perusahaan tempatnya bekerja, Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop) dalam sebuah kencan buta. Ini terjadi karena dirinya bertukar identitas dengan sahabatnya, Jin Young Seo (Seol In Ah).

Lama-kelamaan, Tae Moo pun jatuh cinta dengan Ha Ri. Sementara itu, Young Seo justru jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Cha Sung Hoon (Kim Min Gyu), sekretaris Kang Tae Moo.

Kedua pasangan di drakor ini sukses menyajikan kisah cinta yang manis dan ringan. Namun justru setiap episodenya yang dipenuhi adegan romantis akan bikin kamu teringat kenangan dengan orang tercinta, terlebih jika baru saja putus. 

6. Twenty Five-Twenty One (2022)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Twenty Five-Twenty One (dok. tvN/Twenty Five-Twenty One)

Punya alur yang realistis, drama ini mengisahkan hubungan asmara antara Na Hee Do (Kim Tae Ri) dan Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk) yang telah terjalin sejak masih duduk di bangku sekolah dan penuh perjuangan. Mereka pun saling berbagi mimpi dan sama-sama berjuang untuk mencapainya.

Sayangnya, hubungan mereka harus kandas di tengah jalan. Na Hee Do akhirnya menikah dengan orang lain dan Baek Yi Jin harus berlapang dada mengucapkan selamat untuknya. Nah, kalau kamu menonton Twenty Five-Twenty One saat patah hati, kamu mungkin gak hanya mengingat hubunganmu yang sudah lewat, tetapi juga gak bisa menerima akhir ceritanya.

7. Run On (2020)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Run On (dok. JTBC/Run On)

Run On bercerita tentang kehidupan dan kisah cinta seorang atlet lari bernama Seon Gyeom (Im Siwan) dan penerjemah film bernama Oh Mi Joo (Shin Se Kyung). Selain love life mereka, drama ini juga membahas percintaan antara CEO agensi Seon Gyeom yang dingin bernama Seo Dan Ah (Sooyoung SNSD) dengan seorang mahasiswa seni, Lee Young Hwa (Kang Tae Oh).

Keempat karakter yang memiliki watak berbeda-beda serta kuatnya chemistry di antara mereka menjadikan drama ini menarik. Bahkan gak sedikit penonton yang merasa baper setelah menonton Run On.

Sama seperti Business Proposal, karena menceritakan dua pasangan berbeda maka drama ini penuh dengan adegan romantis. Ditambah dengan alurnya yang terbilang lambat membuat drama ini gak cocok kamu tonton saat sedang patah hati.

8. Playful Kiss (2010)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Playful Kiss (dok. MBC/Playful Kiss)

Salah satu drama jadul yang masih disukai hingga sekarang ini mengisahkan Oh Ha Ni (Jung So Min) yang sangat menyukai Baek Sung Jo (Kim Hyun Joong). Sayangnya, ia ditolak setelah menyatakan cinta melalui surat.

Lucunya, suatu bencana yang menimpa rumah Ha Ni membuat ia dan ayahnya harus tinggal di rumah Sung Jo. Ternyata, ayah Sung Jo adalah sahabat lama ayah Ha Ni. Selama tinggal satu atap itulah Sung Jo mulai menyukai perempuan tersebut, meskipun gengsi dalam menunjukkannya. Namun lama-kelamaan, benih-benih cinta tumbuh di antara mereka.

Dalam drama rom-com ini, kamu mungkin akan dibuat malu sekaligus tertawa melihat kebucinan Ha Ni terhadap Sung Jo. Kamu mungkin juga akan jadi mengingat tindakan-tindakan gak masuk akal yang telah kamu lakukan saat jatuh cinta. Wah, gawat kan kalau kamu nonton drama ini saat patah hati?

9. What's Wrong With Secretary Kim (2018)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!What's Wrong With Secretary Kim (dok. tvN/What's Wrong With Secretary Kim)

Punya sekretaris yang sangat bisa diandalkan tentu sangat melegakan. Namun bagaimana bila ia tiba-tiba meminta resign? Itulah yang terjadi pada Lee Young Joon (Park Seo Joon) setelah Kim Mi So (Park Min Young) memberikan surat pengunduran diri di What's Wrong With Secretary Kim.

Gak terima sekretarisnya mengundurkan diri begitu saja, Young Joon pun mencari cara untuk membujuk Mi So agar membatalkan niat resign-nya. Selain itu, ia juga mencoba mencari tahu alasan pengunduran diri Mi So. Selama itulah, dirinya dan Mi So justru semakin akrab hingga jatuh cinta.

Drama yang cukup mengocok perut ini pun banyak menampilkan kelakuan kocak serta kisah cinta para karyawan di perusahaan Young Joon. Selain itu, chemistry yang kuat antara Park Seo Joon dan Park Min Young bakal bikin kamu susah move on.

10. Crazy Love (2022)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Crazy Love (dok. KBS/Crazy Love)

Ingin resign sekaligus menjahili pimpinannya, Noh Go Jin (Kim Jae Wook), siapa sangka Lee Shin Ah (Krystal Jung) yang sehari-hari bekerja sebagai sekretaris justru terlibat dalam urusan serius dan ia pun terjebak dalam permainannya sendiri. Dirinya dan Noh Go Jin yang terkenal menyebalkan malah berakhir saling menyukai. 

Bila tadinya mereka saling membenci, ternyata saat keduanya menjadi sepasang kekasih baik Noh Go Jin maupun Shin Ah sama-sama gak malu menunjukkan perasaan mereka. Mereka juga saling melindungi satu sama lain. Bahkan, Noh Go Jin tampak sangat melunak dan memperlakukan para karyawannya lebih baik sejak berpacaran dengan Shin Ah.

Alur cerita drama ini mungkin tampak klise bagi kamu yang baru saja patah hati. Kamu mungkin juga akan menyangsikan perubahan sikap karakter yang terjadi bila menontonnya saat sedang galau.

11. Goblin (2016)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!Goblin (dok. tvN/Goblin)

Punya genre romance yang dibalut dengan fantasi, salah satu drama terbaik ini bercerita tentang Kim Shin (Gong Yoo) yang dikutuk bertahun-tahun lamanya dengan pedang menancap di dada. Hanya pengantin goblin sajalah yang bisa melepas kutukan tersebut.

Setelah sekian lama berkelana, akhirnya Shin menemukan pengantinnya, yakni Ji Eun Tak (Kim Go Eun). Namun, rupanya masih butuh perjalanan panjang agar mereka bisa melepas kutukan tersebut. Sepanjang perjalanan itulah, Kim Shin dan Eun Tak mulai saling jatuh cinta.

Goblin bisa sukses bukan hanya berkat akting Gong Yoo dan Kim Go Eun yang penuh chemistry, melainkan juga karena alur ceritanya yang seru, manis, tetapi juga menyayat hati. Oleh karena itulah, drama ini akan lebih asyik kamu nikmati saat kamu sedang kasmaran.

12. My Love From The Star (2013)

12 Drakor yang Sebaiknya Gak Ditonton saat Patah Hati, Makin Pedih!My Love From The Star (dok. SBS/My Love From The Star)

Satu lagi drama tersohor pada masanya, My Love From The Star menceritakan tentang kisah cinta antara alien bernama Do Min Joon (Kim Soo Hyun) yang sehari-hari bekerja sebagai profesor dengan Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun) seorang aktris terkenal yang terlibat skandal dan menjadi mahasiswi sekaligus tetangganya.

Chemistry antara Do Min Joon yang tampak dingin tapi penuh perhatian dengan Cheon Song Yi yang agresif dan narsis membuat alur drama ini menjadi manis sekaligus lucu. Selain itu, kisah cinta mereka juga dipenuhi dengan fantasi dan aksi yang menegangkan karena keduanya harus berhadapan dengan seorang psikopat.

Nah, kalau kamu menonton My Love From The Star saat sedang patah hati, kamu mungkin gak akan baper melihat perlakuan Do Min Joon terhadap Cheon Song Yi sepanjang drama. Sayang banget, kan?

Cerita-cerita yang kental akan unsur romansa memang paling cocok dinikmati saat kita sedang jatuh cinta. Apalagi bila cerita-ceritanya mengutamakan alur dan sikap karakter yang manis seperti dalam drama-drama tersebut.

Jadi, kalau kamu sedang patah hati dan penasaran dengan drama-drama di atas, sebaiknya tunggu sampai kamu berhasil move on, ya!

Baca Juga: 12 Drakor Orisinal Netflix yang Tayang Tahun 2023, Beragam Genre

Rastianta Rinandani Photo Verified Writer Rastianta Rinandani

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya