Comscore Tracker

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak Terduga

Karakter yang sukses menipu para penonton

Plot twist tentu sudah gak asing lagi bagi para pecinta drama Korea. Biasanya, plot twist dibuat gak hanya untuk mengejutkan para penonton, tetapi juga supaya jalan cerita jadi lebih menarik.

Ada berbagai macam plot twist yang sering terjadi dalam drama Korea, salah satunya adalah dengan menjadikan karakter-karakter gak terduga sebagai villain alias pemeran antagonisnya. Karakter-karakter tersebut biasanya memiliki kepribadian yang baik dan gak mencurigakan di awal, tetapi lama-kelamaan sifat aslinya pun muncul.

Duh, kira-kira ada karakter villain siapa saja ya yang berhasil menipu para penonton? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Disclaimer, artikel ini mengandung spoiler!

1. Kang Dong Shik (Tell Me What You Saw)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaKang Dong Shik (Eum Moon Suk) dalam drama Tell Me What You Saw (dok. OCN/Tell Me What You Saw)

Siapa sangka, teman dekat Cha Soo Young (Choi Soo Young) di kepolisian ini ternyata adalah otak pembunuhan berantai yang telah terjadi bertahun-tahun. Kepribadiannya yang ramah dan humoris di kantor pun sukses menutupi sisi psikopatnya.

Sebenarnya sejak kecil Kang Dong Shik (Eum Moon Suk) sudah menunjukkan kecenderungannya menjadi psikopat, seperti tersenyum saat melihat ibu Soo Young tertabrak mobil hingga membunuh seorang gadis kecil di gereja. Namun, orangtuanya justru membuang Kang Dong Shik ke panti gereja dan di sana lah ia bertemu dengan dua temannya yang kemudian turut membantunya dalam aksi kejahatan.

2. Profesor Seo Sang Hak (Police University)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaProfesor Seo Sang Hak (Kang Shin Il) dalam drama Police University (dok. KBS/Police University)

Profesor Seo (Kang Shin Il) dikenal sebagai dosen yang baik dan bijaksana, citranya jauh berbeda dengan Profesor Kwon (Lee Jong Hyuk) yang dingin, Profesor Yu (Cha Tae Hyun) yang seenaknya, dan Profesor Choi (Hong Soo Hyun) yang berjiwa muda. Jadi, gak heran kalau para mahasiswa di Universitas Kepolisian menjadikannya panutan.

Namun, siapa sangka bahwa dirinya justru bekerja sama dengan komplotan perjudian ilegal dan mengacaukan rencana-rencana Profesor Yu? Maklum, alur dalam drama ini memang mengarahkan para penonton untuk menaruh curiga pada Profesor Kwon dan Profesor Choi  sehingga banyak yang tak menyangka bahwa Profesor Seo-lah dalang sebenarnya.

3. Jaksa Agung Min Jeong Ho (The Devil Judge)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaJaksa Agung Min Jeong Ho (Ahn Nae Sang) dalam drama The Devil Judge (dok. tvN/The Devil Judge)

Sudah dianggap seperti orangtua sendiri, Jaksa Agung Min (Ahn Nae Sang) diam-diam justru mengkhianati Ga On (Jin Young) dan bekerja sama dengan Jeong Seon Ah (Kim Min Jung). Pengkhianatannya ini bahkan menewaskan Detektif Yoon (Park Gyu Young) yang juga dekat dengannya.

Hal tersebut ia lakukan tak lain demi memperoleh jabatan sekaligus untuk menyingkirkan Kang Yo Han (Ji Sung) yang dianggap sebagai saingannya. Padahal selama ini Ga On sangat mengagumi Jaksa Min dan menganggapnya sebagai guru teladan.

4. Kepala Perawat Park Haeng Ja (It's Okay To Not Be Okay)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaKepala Perawat Park Haeng Ja (Jang Young Nam) dalam drama It's Okay to Not Be Okay (dok. tvN/It's Okay to Not Be Okay)

Kepala perawat Park (Jang Young Nam) dikenal sebagai pribadi yang baik, tegas, dan simpatik kepada para pasiennya. Ia adalah salah satu orang kepercayaan Direktur Oh (Kim Chang Wan) dan juga dekat dengan Moon Sang Tae (Oh Jung Se).

Namun di balik itu semua, ternyata ia adalah penulis Do Hwi Jae, ibu Go Moon Young (Seo Ye Ji), yang menghilang setelah membunuh ibu Moon bersaudara dan menyebabkan trauma pada Sang Tae. Ia jugalah yang mendidik Go Moon Young menjadi pribadi yang kejam sejak kecil sebelum akhirnya Moon Young kembali bertemu Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan mulai berubah.

Baca Juga: 11 Aktor Korea yang Perannya Dijuluki Sexy Villain di Drama Korea

5. Jung Ba Reum (Mouse)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaJung Ba Reum (Lee Seung Gi) dalam drama Mouse (dok. tvN/Mouse)

Banyak yang gak menduga seorang polisi sekaligus pemeran utama dalam drama ini justru adalah tokoh antagonisnya. Ya, ternyata Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) selama ini adalah seorang psikopat yang diburu polisi karena melakukan pembunuhan berantai secara sadis.

Di depan teman-teman sesama polisi, ia menunjukkan sisi baik dan kepeduliannya terhadap hewan maupun orang lain. Namun ketika sedang sendirian, ternyata Jung Ba Reum melatih ekspresinya di depan cermin agar berhasil mengelabui orang-orang dengan senyum hangatnya.

6. Jang Joon Woo (Vincenzo)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaJang Joon Woo (Taecyeon) dalam drama Vincenzo (dok. tvN/Vincenzo)

Berpura-pura menjadi seorang pengacara kikuk, siapa pun tentu tertipu dengan penampilan lugu Jang Joon Woo (Taecyeon) yang memiliki identitas asli sebagai Jang Han Seok alias Babo, termasuk Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin). Maklum, di depannya, Jang Joon Woo adalah seorang asisten yang baik, perhatian, dan cukup pandai.

Namun nyatanya, itu semua hanyalah siasat untuk menutupi jati dirinya sebagai pimpinan grup Babel yang selama ini diincar Vincenzo (Song Joong Ki). Gak hanya itu, rupanya ia juga adalah seorang psikopat yang rela menyakiti dan membunuh siapa saja, bahkan anggota keluarganya sendiri.

7. Jung Sun Ho (I Remember You)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaJung Sun Ho (Park Bo Gum) dalam drama I Remember You (dok. KBS2/I Remember You)

Sewaktu kecil, Lee Hyeon (Seo In Guk) dan adiknya, Lee Min (Park Bo Gum), gemar bermain teka-teki seperti detektif. Sampai insiden pembunuhan pun terjadi di rumah mereka dan Lee Min tanpa sengaja hilang terbawa kabur seorang psikopat yang melarikan diri.

Setelah dewasa, Lee Min mengganti namanya menjadi Jung Sun Ho serta dikenal sebagai seorang pengacara yang baik, lugu, dan ceria. Namun siapa pun pasti gak menyangka bahwa di balik itu semua ia adalah seorang psikopat yang melakukan berbagai aksi pembunuhan agar Lee Hyeon mengenalinya.

8. Harry (Missing You)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaHarry (Yoo Seung Ho) dalam drama Missing You (dok. MBC/Missing You)

Harry (Yoo Seung Ho) adalah sosok yang tampak misterius sekaligus cerdas, meskipun memiliki sifat pendendam, posesif, dan terobsesi dengan Soo Yeon (Yoon Eun Hye), tetapi Soo Yeon menganggapnya sebagai adik yang harus ia lindungi. Ia pun sering kali mewajarkan sikap Harry tersebut karena dirinya sudah tak memiliki siapa-siapa lagi selain Soo Yeon.

Awalnya, Harry yang menjadi korban kekerasan Han Tae Joon (Han Jin Hee) sejak kecil hanya ingin membalaskan dendam pada orang yang telah menghancurkan hidupnya. Namun siapa sangka, perasaannya pada Soo Yeon yang besar membuatnya juga membenci orang-orang yang pernah melukai gadis itu, bahkan sampai membunuh mereka.

9. Ji Hye Min (Blue Birthday)

Bermuka Dua, Ini 9 Karakter Villain dalam Drama Korea yang Gak TerdugaJi Hye Min (Kim Yi Seo) dalam drama Blue Birthday (instagram.com/yxxeokim)

Hye Min (Kim Yi Seo) adalah kakak tiri Seo Jun (Yang Hong Seok) yang diam-diam merasa cemburu pada adiknya. Ia merasa dunia hanya berputar pada Seo Jun seorang dan karena itulah ia membunuhnya. Setelah kematian adiknya yang dianggap sebagai bunuh diri, ia pun menjadi akrab dengan Ha Rin (Ye Ri) dan kawan-kawan.

Ha Rin yang dapat kembali ke masa lalu dan ingin menyelamatkan Seo Jun pun gak menaruh curiga padanya karena mengira hubungan Seo Jun dan Hye Min sebagai kakak-adik tiri terjalin dengan baik. Ha Rin bahkan lebih curiga pada Kim Shin Woo (Lee Dong Joo) yang sudah lama membenci Seo Jun. Namun, ternyata selama ini Shin Woo justru adalah seorang saksi yang melihat perbuatan keji Hye Min.

Sebenarnya, bila kita menonton setiap episode dengan cermat, kita akan menemukan petunjuk-petunjuk kecil yang mengarahkan kita pada karakter villain sesungguhnya. Namun, sering kali kita gak menyadarinya karena sudah teralihkan dengan karakter lain yang lebih mencurigakan.

Nah, kalau menurut kamu, siapa sih karakter villain yang paling bikin kaget?

Baca Juga: Ada yang Taubat, 10 Villain Cewek Paling Dibenci di Drama Korea 2021

Rastianta Rinandani Photo Verified Writer Rastianta Rinandani

Instagram: rastiantar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya