Comscore Tracker

5 KDrama yang Menggunakan Usia sebagai Tema Cerita

Ada yang mengangkat tema usia 39 tahun, lho!

Selain alur cerita yang menarik, KDrama juga seakan tak pernah kehabisan ide untuk mengusung tema menarik sekaligus berbeda. 

Seperti halnya beberapa judul KDrama yang mengusung tema usia para tokoh utamanya. Dalam tema ini, cerita yang disuguhkan berorientasi pada konflik-konflik yang biasanya terjadi di usia tertentu.

Drama jenis ini banyak digemari karena sesuai dengan realita kehidupan sehari-hari. Nah, berikut adalah lima judul drama Korea yang mengusung tema ini usia. Wajib kamu tonton!

1. Hello, My Twenties! 

https://www.youtube.com/embed/ohxBYmeCINE

Terdiri dari dua season, drama ini bercerita tentang kehidupan para mahasiswi usia 20an yang tinggal bersama di sebuah share house bernama Belle Epoque. Mereka adalah Yoon Jin Myung (Han Ye Ri), Jung Ye Eun (Han Seung Yeon), Song Ji Won (Park Eun Bin), Kang Yi Na (Ryu Hwa Young), dan Yoo Eun Jae (Park Hye Soo). Konflik yang diusung seputar kelima tokoh utama tersebut. Mulai dari kisah percintaan juga kisah kehidupan dari masing-masing tokoh.

Drama ini juga menyelipkan beberapa misteri yang tentunya akan menambah keseruan. Misalnya seperti rahasia dari setiap tokoh yang dikemas secara apik dan membuat penonton seakan diajak untuk menebak jalan ceritanya.

Di season kedua, ada tokoh baru yang bergabung dengan geng Belle Epoque. Ia adalah Jo Eun (Choi A Ra) seorang mahasiswi tomboy dengan tubuh yang menjulang tinggi. Ia datang untuk mencari penerima sepucuk surat yang ia temukan.

2. The World of My 17 

https://www.youtube.com/embed/x_TvYH0FVC0

The World of My 17 merupakan sebuah web drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul sama. Drama yang baru saja menyelesaikan season keduanya ini bercerita tentang seorang siswi SMA bernama Oh Na Ri (Choi Ye Na) yang berhasil menurunkan berat badannya sebelum masuk sekolah.

Bukannya menikmati perubahannya, ia malah perlahan kehilangan kepercayaan diri karena dikelilingi oleh perempuan cantik yang kini menjadi teman-temannya. Mulai dari teman kecilnya, yaitu Im Yoo Na (Hwang Boreum Byeol), juga teman-teman barunya yakni Seo Mi Rae (Han Chae Kyung) dan Im Sun Ji (Jihan).

Selanjutnya, drama ini bercerita tentang perkembangan karakter Oh Na Ri hingga bisa mengatasi kepercayaa dirinya yang rendah. Drama ini juga menyuguhkan konflik khas remaja usia tujuh belasan, seperti kisah romansa, persahabatan, juga perjuangan mencari jati diri.  

3. Plus Nine Boys 

https://www.youtube.com/embed/-kLyYrXgXak

Ditayangkan pada tahun 2014 silam, drama berjudul Plus Nine Boys mengangkat mitos yang dipercaya masyarakat Korea Selatan tentang kesialan yang akan diterima oleh orang-orang di usia yang berakhiran angka sembilan, misalnya usia 9 tahun, 19 tahun, 29 tahun, dan 39 tahun.

Diceritakan ada sebuah keluarga dengan empat anggotanya sama-sama memiliki usia dengan akhiran sembilan. Sang ibu yang diperankan apik oleh aktris Kim Min Kyung menjadi was-was dan pergi berkonsultasi ke seorang paranormal untuk menghindari kesialan yang akan ditimpa keluarganya.

Drama ini pun kemudian menceritakan kehidupan dari keempat karakter utama. Terutama soal percintaan. Bahkan anggota termuda keluarga tersebut yang baru berusia sembilan tahun pun juga memiliki kisah romansa khas anak-anak.

Baca Juga: Gak Jauh dari Isu Kecantikan, Ini 6 KDrama dengan Judul "Beauty"

4. Be Melodramatic 

https://www.youtube.com/embed/GP3w-HpEkpo

Be Melodramatic menceritakan kisah tiga sahabat berusia tiga puluhan yang tinggal satu atap. Ketiganya memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Mulai dari penulis naskah, sutradara, hingga karyawan di sebuah rumah produksi.

Memiliki pekerjaan yang saling berhubungan, membuat mereka semakin akrab satu sama lain. Konflik drama ini pun berfokus pada kisah hidup tiga tokoh utama ini, mulai dari perjuangan mereka menggapai impian, hingga kisah cinta masing-masing tokoh.

Adanya selipan dialog sederhana dari parah tokoh membuat drama ini menarik sekaligus menghangatkan hati. Drama yang ditayangkan di stasiun televisi JTBC ini pun cukup populer di Korea Selatan karena berhasil meraih rating tinggi, yakni sekitar 8 sampai 10 persen.

5. Thirty Nine 

https://www.youtube.com/embed/fILeUBXMb4A

Sesuai dengan judulnya, drama ini menceritakan kisah para perempuan berusia 39 tahun. Diceritakan ada tiga sahabat yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Mereka adalah Cha Mi Jo (Son Ye Jin), seorang dokter kulit di sebuah klinik yang berada di kawasan elit Gangnam, ada Jung Chan Young (Jeon Mi Do), guru akting yang bermimpi menjadi selebriti, dan ada juga Jang Joo Hee (Kim Ji Hyun) yang merupakan seorang manager kosmetik di sebuah pusat perbelanjaan.

Meskipun memiliki karakter yang berbeda, tidak menghalangi keakraban mereka. Bahkan, persahabatan tersebut awet mulai dari ketiganya masih duduk di bangku sekolah menengah, sampai mereka hampir menginjak usia 40 tahun.

Tentu saja, kisah romansa tidak lupa diselipkan dalam drama yang juga ditayangkan di JTBC ini. Sederet aktor ternama, seperti Yeo Woo Jin, Lee Moo Saeng, dan Lee Tae Hwan juga ikut serta membintangi drama ini. Belum tayang, drama ini akan memulai episode perdananya bulan Februari 2022.

Di antara lima judul drama di atas, mana yang seakan sesuai dengan kehidupan kalian? Sederet drama tadi juga tentunya memiliki pesan tentang kehidupan yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita.

Baca Juga: 10 KDrama Romance yang Dibintangi Yeon Woo Jin, Terbaru Thirty-Nine

Ratih Damayanti Photo Verified Writer Ratih Damayanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya