Comscore Tracker

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara 

Film-film penuh konflik dan intrik dari Korea

Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara sudah seringkali mengalami pasang surut, tergantung dari keadaan politik dan kepeminpinan dari kedua negara tersebut. Bahkan pengaruh politik dunia dan negara lain pun terkadang turut mempengaruhi kondisi hubungan Korea Selatan dan Utara.

Dunia perfilman Korea Selatan yang semakin maju dan berkembang, ternyata sering mengangkat cerita tentang ketegangan hubungan kedua negara tersebut. Tercatat beberapa film meraih pujian tinggi atas penceritaan konflik yang menegangkan dan seru. Berikut beberapa film Korea yang bertema perang dingin antara Korea Selatan dan Korea Utara yang kami rangkum untuk anda.

1. Steel Rain (2017)

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara cuplikan film Steel Rain (dok. Next World Ent/Steel Rain)

Film laga ini dirilis pada tahun 2017 dan disutradarai oleh Yang Woo Suk. Dibintangi oleh Jung Woo Sung dan Kwak Do Won sebagai pemeran utama. Ide cerita film Steel Rain ini dibuat berdasarkan sebuah webtoon berjudul sama yang ditulis pada tahun 2011.

Steel Rain bercerita tentang seorang mantan tentara pasukan khusus Korea Utara yang mendapat tugas untuk membunuh dua perwira tinggi negaranya demi terjadinya kudeta. Ketika misi tersebut gagal karena hal lain, sang agen terpaksa melarikan diri ke Korea Selatan sambil diburu oleh pasukan khusus Korea Utara yang mengiranya berkhianat.

2. Steel Rain 2 (2020)

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara cuplikan film Steel Rain 2 (dok. Next World Ent/Steel Rain2)

Meski pun berjudul sama, tapi tidak ada kelanjutan cerita dari film Steel Rain dengan Steel Rain 2. Dengan latar tahun yang berbeda tapi dengan pemeran yang sebagian besar sama dengan film pertama, menjadikan Steel Rain 2 sebuah film yang unik.

Film ini bercerita tentang perundingan damai antara Amerika Serikat dengan Korea Utara yang diawasi oleh Korea Selatan. Ketiga Presiden negara tersebut pun sepakat untuk bertemu dan membahas rencana perdamaian di zona demiliterisasi antara wilayah Korea Selatan dan Utara.

Namun seorang jenderal Korea Utara memutuskan memulai kudeta militer dan menculik para Presiden tersebut untuk ditukarkan dengan kebebasan tahanan perang Korea Utara beserta sejumlah besar uang.

Baca Juga: Review Film Steel Rain, Insiden Kudeta di Korea Utara  

3. The Spy Gone North (2018)

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara The Spy Gone North (dok. Sanai Pictures/The Spy Gone North)

Film yang penuh intrik politik ini dirilis pada tahun 2018, dan disutradarai oleh Yoon Jong Bin. The Spy Gone North dibintangi oleh Hwang Jung Min, Cho Jin Woong, Ju Ji Hoon dan Lee Sung Min.

Cerita dimulai ketika tersiar kabar bahwa Korea Utara sedang mengembangkan senjata nuklir, sehingga Badan Intelejen Korea Selatan mengirim seorang mata-mata untuk menyelidiki hal tersebut. Beberapa tahun kemudian, sang agen rahasia menemukan kejanggalan dan perjanjian rahasia antara Korea Selatan dan Korea Utara pun akhirnya terungkap menjelang pemilihan Presiden Korea Selatan.

4. The Berlin File (2013)

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara film The Berlin File (dok. CJ Entertainment/The Berlin File)

Ketegangan hubungan negara antara Korea Selatan dan Korea Utara membuat kedua negara sering mencoba mengirim mata-mata atau agen rahasia untuk mencari informasi yang berharga tentang saingannya tersebut. Film Korea yang mengangkat cerita tentang mata-mata Korea Utara dan Selatan pun telah banyak dibuat dan menawarkan cerita seru bagi para penikmat film.

The Berlin File yang dirilis pada tahun 2013 ini bercerita tentang sepasang suami istri asal Korea Utara yang berkerja dan tinggal di Jerman. Sang suami berkerja sebagai agen rahasia yang bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan, meski pun ia adalah seorang warga negara Korea Utara. Namun kehidupannya pun akhirnya berada dalam bahaya, ketika Korea Utara menuduhnya berkhianat dan mengirim seorang agen rahasia lain untuk memburunya.

5. Secret Reunion (2010)

5 Film Bertema Perang Dingin Korea Selatan dan Korea Utara cuplikan film Secret Reunion (dok. Showbox/Secret Reunion)

Film ini bercerita tentang intrik dan konflik antara dua agen yang berasal dari Korea Selatan dan Korea Utara. Secret Reunion dirilis pada tahun 2010 dan disutradarai oleh Jang Hoon serta dibintangi oleh Song Kang Ho dan Kang Dong Won.

Secret Reunion bercerita tentang seorang mantan agen rahasia Korea Selatan yang telah dipecat, dan bertemu dengan mantan agen rahasia Korea Utara yang berkhianat. Keduanya pernah bertemu dalam misi intelejen di masa lalu, dan memutuskan untuk bekerja sama tetapi dengan keadaan saling mencurigai.

Perang dingin yang masih terus berlangsung antara Korea Selatan dan Korea Utara hingga saat ini, telah banyak diangkat menjadi cerita film yang digemari oleh penikmat film Korea maupun dunia. Semoga beberapa film di atas bisa anda jadikan pertimbangan ketika memutuskan untuk menonton film Korea bertema konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara

Baca Juga: 10 Drama Korea Ini Angkat Hubungan Pelik Korea Selatan dan Korea Utara

Rio Eka Saputra Photo Writer Rio Eka Saputra

Konten Kreator yang senang berpikir, berbicara dan menulis tentang banyak hal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya