Comscore Tracker

5 Drama Korea Ini Ditolak Stasiun TV, Ada Extraordinary Attorney Woo

Gak nyangka ternyata malah sukses besar

Masih ingat dengan Descendants of the Sun? Drama tayang 2016 lalu yang bahkan masih sangat digemari sampai sekarang. Nyatanya perjalanan sukses DOTS tidak berjalan mulus, drama ini pernah ditolak stasiun TV besar.

Selain itu masih ada drama Korea populer lainnya yang ditolak stasiun TV besar tapi sukses di stasiun TV lain. Tentu saja penolakan tersebut didasari beberapa alasan seperti kendala budget hingga alur yang tidak sesuai. Simak drama lainnya di sini!

1. Descendants of the Sun (2016)

https://www.youtube.com/embed/wkHjOTFv60g

Descendants of the Sun tayang di stasiun TV KBS2 pada 2016 lalu. Drama ini bahkan dinobatkan sebagai drama populer sepanjang masa. Namun ternyata, DOTS pernah ditolak oleh SBS padahal kedua belah pihak sudah membicarakan terkait jadwal penayangan.

SBS mengungkapkan jika biaya produksi DOTS cukup tinggi. Salah satunya karena syuting di luar negeri, yakni Yunani. Pihaknya juga mengungkapkan sulit mencari sponsor iklan product placement (PPL) karena pemeran utamanya yakni dokter dan tentara yang kerap memakai seragam.

Kendati demikian, KBS2 mempertaruhkan segalanya untuk menayangkan DOTS di stasiun TV mereka. Ternyata hasilnya sesuai yang diharapkan, DOTS sukses besar di Asia dengan rating 35,5 persen. Drama ini juga berhasil memenangkan Grand Prize Daesang di Baeksang Arts Awards 2016.

2. Signal (2016)

https://www.youtube.com/embed/RsdJLm7Swkw

Tak hanya Descendants of the Sun, SBS juga pernah menolak drama thriller populer, Signal. Alasannya karena jalan cerita Signal dinilai terlalu berat sehingga dinilai akan kurang membawa keuntungan. Pihaknya juga mengatakan alur cerita flashback dari tahun 1980-an sampai sekarang akan sulit mendapat sponsor dari PPL.

Keputusan tak cermat yang dibuat SBS ini justru menjadi kesempatan besar bagi tvN. Signal akhirnya tayang di tvN dan berhasil mendulang kesuksesan besar di seluruh stasiun TV berbayar dengan rating 12,544 persen.

Di acara penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards 2016, Signal memborong tiga penghargaan sekaligus, yakni drama terbaik, aktris pemeran utama terbaik, dan naskah terbaik. Kesuksesan drama ini bahkan sampai diadaptasi oleh Jepang dan China. Saat ini tvN juga tengah mempersiapkan penayangan Signal musim kedua. 

3. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

https://www.youtube.com/embed/U5F0d7yfUdE

Salah satu drama komedi romantis paling populer yang tayang di 2017 adalah Strong Woman Do Bong Soon. Kali ini, tvN yang harus gigit jari setelah melihat kesuksesan drama yang dibintangi Park Hyung Sik dan Park Bo Young ini. Pasalnya drama ini ditawarkan lebih dulu ke tvN tapi ditolak dan akhirnya diambil oleh JTBC.

Setelah tayang, ternyata Strong Woman Do Bong Soon berhasil masuk dalam kategori drama populer sepanjang masa. Dengan perolehan rating 9,6 persen, drama ini mencatatkan kesuksesannya tidak hanya di Korea tapi juga di luar negeri.

4. Mr. Sunshine (2018)

https://www.youtube.com/embed/UVBjEjQDbsg

Kim Eun Sook yang merupakan penulis DOTS lagi-lagi menawarkan naskahnya kepada kepada SBS, tapi hasilnya nihil. Naskah kali ini merupakan awal kelahiran drama Mr. Sunshine. Alasan budget membuat penulis terkenal Korea ini harus menelan pil pahit. Pasalnya, Mr. Sunshine memang masuk dalam drama dengan biaya produksi fantastis.

Di sisi lain, tanpa ragu, tvN menerima Mr. Sunshine agar tayang di stasiun TV mereka. Drama ini sukses besar dan mencatatkan rating 18,129 persen yang membuat tvN masuk dalam enam TV kabel paling populer sepanjang masa. Mr. Sunshine juga berhasil masuk dalam sembilan nominasi dan satu penghargaan di Baeksang Arts Awards 2019.

5. Extraordinary Attorney Woo (2022)

https://www.youtube.com/embed/MxeXECe2t-c

Salah satu drama viral yang saat ini tengah tayang adalah Extraordinary Attorney Woo. Siapa sangka drama yang mengusung kisah pengidap spektrum autisme ini juga pernah ditolak oleh SBS. Kali ini publik tidak mengetahui alasan penolakannya secara pasti.

Sebelum resmi tayang, SBS pernah mengeluarkan semacam iklan audisi anak-anak untuk keperluan drama ini. Nmaun, tidak ada kejelasan mengapa dibuka lowongan tapi malah dramanya tayang di stasiun TV lain, yakni ENA.

Apa pun alasannya, SBS sudah kehilangan kesempatan besar karena ternyata Extraordinary Attorney Woo berhasil mendulang kepopulerannya. Drama ini bahkan berhasil mencetak rating tinggi hingga lampaui 13 persen.

Walau belum pernah menonton, kamu pasti pernah melihat ulasan kelima drama di atas. Apalagi Extraordinary Attorney Woo yang saat ini tengah tayang, drama viral yang pantang kamu lewatkan. Kamu sudah nonton belum nih?

Baca Juga: 9 Artis Ini Cocok Perankan Extraordinary Attorney Woo Versi Lokal

Risma Fadilla Photo Verified Writer Risma Fadilla

A person who like literacy and entertaiment. Be my friend on instagram @rismaanorf :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya