Comscore Tracker

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!

Adegan aksinya didominasi dengan momen lucu

Film Korea militer memang identik dengan kejadian perang. Suasana penuh ketegangan juga biasa menyelimuti setiap adegan. Berbeda dari vibes militer lainnya, beberapa dari film militer terbaik Korea Selatan juga mengusung genre komedi di dalamnya.

Berikut ini rekomendasi film komedi Korea berlatar dunia militer yang wajib masuk ke dalam watchlist kamu. Bisa balikin mood kamu yang sedang sedih juga, lho! 

1. 6/45 (2022)

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!poster film 6/45 (dok. TPS Company/6/45)

6/45 merupakan film komedi terbaru asal Korea Selatan yang belum lama ini memasuki bioskop Indonesia. Film arahan sutradara Park Gyu Tae tersebut resmi dirilis di sejumlah negara, termasuk di Indonesia pada 19 Oktober 2022.

Film 6/45 menceritakan tentang sersan Chun Woo (Go Kyung Pyo) yang secara tak sengaja menemukan sebuah lotre senilai 5,7 miliar won. Sayangnya, tiket itu terbang ke Korea Utara dan ditemukan oleh seorang tentara setempat bernama Yong Ho (Lee Yi Kyung).

Walaupun tampil gagah dengan seragam tentara, image yang dibangun setiap karakternya justru membuat penonton geleng-geleng kepala. Alih-alih menciptakan ketegangan, film ini menyuguhkan banyak guyonan yang siap bikin kamu terbahak-bahak.

2. Swing Kids (2018)

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!poster film Swing Kids (dok. Annapurna Pictures/Swing Kids)

Meskipun secara keseluruhan mengusung genre musikal, tapi adegan komedi dalam Swing Kids juga tidak kalah lucunya. Berlatar Perang Korea pada 1951 silam, film ini menampilkan kisah tentang kelompok tari tap di sebuah tempat tawanan perang. 

Film Swing Kids diangkat berdasarkan drama musikal Roh Ki Soo karya Jang Woo Sung. Selain dibintangi oleh D.O. EXO, Park Hye Soo, dan Oh Jung Se, film garapan Kang Hyung Chul ini turut menampilkan Jared Grimes, penari berkebangsaan Amerika Serikat.

3. The Long Way Home (2015)

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!poster film The Long Way Home (dok. Harimao Pictures/The Long Way Home)

The Long Way Home adalah film Korea Selatan rilisan tahun 2015 yang ditulis dan disutradarai oleh Cheon Sung Il. Film berlatar dunia militer ini menceritakan tentang persahabatan antara tentara Korea Selatan dan Korea Utara selama Perang Korea.

Nam Bok (Sol Kyung Gu) adalah tentara Korea Selatan yang bertugas menyampaikan dokumen rahasia. Sayangnya, di tengah perjalanan menuju markas utama, dokumen itu jatuh ke tangan Young Gwang (Yeo Jin Goo), prajurit Korea Utara. 

Momen ketika keduanya saling memperebutkan dokumen penting tersebut diwarnai oleh beragam aksi kocak. Ditambah sebagian besar ceritanya menyoroti pertengkaran mereka di dalam sebuah tank perang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Korea yang Dibintangi Pemeran The Night Owl

4. Secretly, Greatly (2013)

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!poster film Secretly, Greatly (dok. MCMC/Secretly, Greatly)

Salah satu film terlaris Korea Selatan yang pantang dilewatkan adalah Secretly, Greatly. Film tersebut masih menjadi karya tersukses yang disutradarai Jang Cheol So. Ceritanya diangkat berdasarkan komik web berjudul Covertness karya Choi Jong Hoon.

Jalan ceritanya mengikuti sosok Won Ryu Hwan (Kim Soo Hyun), agen pasukan khusus Korea Utara. Dia menjalankan misi dengan menjadi mata-mata di Korea Selatan bersama dua anggota timnya, yaitu Hae Rang (Park Ki Woong) dan Hae Jin (Lee Hyun Woo).

Sementara Ryu Hwan menyamar menjadi pria cacat mental, Hae Rang berpura-pura menjadi musisi rock, dan Hae Jin menyamar jadi siswa SMA. Keseharian mereka selama hidup di Korea Selatan dipenuhi adegan lucu dan menghibur.

5. Detective K: Secret of Virtuous Widow (2011)

5 Film Komedi Korea Berlatar Dunia Militer, Kisahnya Bikin Ngakak!poster film Detective K: Secret of Virtuous Widow (dok. Generation Blue Films/Detective K: Secret of Virtuous Widow)

Detective K: Secret of the Virtuous Widow adalah film pertama dalam rangkaian trilogi garapan sutradara Kim Seok Yoon. Film ini telah dirilis sejak tahun 2011 dan ceritanya diangkat berdasarkan novel karya Kim Tak Hwan. 

Detektif K (Kim Myung Min) adalah detektif humoris yang diperintahkan raja Jeongjo untuk menyelidiki dalang pembunuhan. Sialnya, dia terancam oleh keberadaan sosok misterius. Orang-orang itu menggunakan keahlian dan taktik perang hanya untuk menghentikannya.

Bagi kamu yang menyukai film militer dengan cerita ringan dan penuh humor, maka kelima film tersebut layak untuk ditonton. Cocok disaksikan saat merasa sedih dan galau, lho!

Baca Juga: 5 Film Korea Original Netflix yang Rilis Tahun 2022, Sudah Nonton?

Ristiani Umayang Photo Verified Writer Ristiani Umayang

Logophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya