Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTS

Menikmati seni dari beragam jenis

Para ARMY pasti sudah tak asing lagi dengan kecintaan RM BTS pada seni dan hobi sang leader mengoleksi barang-barang artsy. Selain gemar mengoleksi barang seni, RM diketahui juga rajin untuk mengunjungi destinasi wisata seni di tengah tur maupun liburannya.

Melalui sebuah wawancara dengan Vogue Korea, RM mengungkapkan bahwa setiap memasuki sebuah galeri seni waktu terasa berhenti berputar dan ia dapat merenungkan diri di sana. Jadi mengunjungi situs-situs seni merupakan sebuah healing ala RM.

1. Skarstedt Gallery

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Skarstedt Gallery, New York (instagram.com/rkive)

Di tengah kesibukannya menjalani rangkaian konser Permission To Dance di Los Angeles, RM menyempatkan diri mengunjungi Skarstedt Gallery yang terletak di New York untuk melihat pameran karakter figuratif favoritnya, KAWS, yang bertajuk KAWS: SPOKE TOO SOON.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 5 November - 11 Desember 2021 ini menampilkan berbagai macam lukisan akrilik dan patung-patung KAWS terbaru dari karakter CHUM, COMPANION, dan BFF.

2. National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA) 

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA), Gwacheon (twitter.com/BTS_twt)

RM datang ke MMCA untuk menghadiri pameran tribut bagi seniman Lee Seungjio yang bertemakan Lee Seungjio: Advancing Columns. Pada pameran tersebut ditampilkan 90 karya seni pipa Lee Seungjio yang ia buat selama hidupnya. 

MMCA rupanya memberikan kesan yang mendalam bagi RM, karena itu pada hari ulang tahunnya yang ke-27 (usia Korea), ia menyumbangkan 100 juta won atau setara dengan 1,2 milyar rupiah untuk MMCA.

Donasi tersebut kemudian digunakan untuk publikasi buku-buku seni yang didistribusikan ke perpustakaan publik dan sekolah-sekolah di Korea.

3. Belvedere Museum 

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Belvedere Museum, Wina (twitter.com/BTS_twt)

Saat tengah berlibur ke Eropa, RM bertandang ke Belvedere Museum di Austria dan berpose di depan lukisan Vier Bäume (1917) karya Egon Schiele yang menggambarkan pepohonan sebagai representasi dari manusia yang lebih bahagia dan sehat saat hidup di luar hiruk pikuknya kehidupan bermasyarakat.

Kabarnya museum yang terletak di kompleks Upper Belvedere Palace ini juga memiliki koleksi permanen karya-karya seniman ternama lainnya seperti Gustav Klimt, Helene Funke, Claude Monet, dan Vincent Van Gogh.

3. Uijeongbu Art Library 

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSPotret Uijeongbu Art Library, Uijeongbu (instagram.com/rkive)

Bangunan tiga lantai yang terletak di Provinsi Gyeonggi ini memiliki konsep yang cukup unik dengan komposisi galeri seni, perpustakaan, dan cafe di lantai atasnya. Kegemaran RM membaca buku dan menikmati seni menjadikan tempat ini surga baginya.

Melalui akun instagramnya, RM juga tak lupa membagikan penampakan buku yang ia baca di Uijeongbu Library Art, yaitu Agnes Martin: Paintings, Writings, and Remembrances karya Arne Glimcher dan Philip Guston: A Life Spent Painting karya Robert Storr.

Baca Juga: 9 Boy Group KPop Peraih Daesang Terbanyak, Ada BIGBANG hingga BTS

5. Hybe Insight

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Hybe Insight, Seoul (instagram.com/rkive)

Melalui instagram pribadinya, RM mengunggah potretnya dengan figur FL-006 kolaborasi BTS x Futura dalam pameran bertajuk Humble Souls di museum seni milik Hybe Entertainment di distrik Youngsan, Seoul, pada hari Valentine lalu.

Koleksi FL-006 di Hybe Insights sendiri terdiri dari 7 figur dengan warna berbeda yang dipilih langsung oleh para member BTS sesuai dengan keinginan mereka.

Hal itu menjadi sebuah pesan tersirat bagi generasi muda untuk mendengarkan panggilan dari dalam jiwa masing-masing daripada mengikuti peran yang telah ditetapkan di masyarakat.

6. Chinati Foundation

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Chinati Foundation, Marfa (instagram.com/rkive)

Galeri yang terletak di tengah padang gurun Texas ini merupakan galeri seni kontemporer milik Donald Judd yang saat ini menjadi salah satu seniman favorit RM. Bahkan kabarnya di museum lain yang ia kunjungi, RM menghabiskan waktu hampir satu jam berada di dalam galeri Donald Judd.

Dalam sebuah misi di acara BTS RUN Episode 149, RM bahkan terinspirasi untuk mendekorasi interior dengan kabinet warna warni yang ditata bertumpuk agar telihat seperti gaya minimalis ala Donald Judd. Ia mengungkapkan, "sekali dalam hidupmu, kamu (pasti) ingin menjadi Donald Judd."

7. George Nakashima Woodworkers

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di George Nakashima Woodworker Complex, Pennsylvania (twitter.com/BTS_twt)

Dalam sebuah tweet RM mengunggah fotonya saat mengunjungi workshop kayu milik seorang desainer furnitur kayu legendaris, George Nakashima, dengan caption "surga di Pennsylvania."

Diketahui RM sangat gemar menggunakan furnitur kayu sebagai interiornya untuk memberikan aksen natural pada ruangan-ruangan favoritnya, ia bahkan memiliki coffee table buatan George Nakashima yang berharga fantastis yaitu 270  juta rupiah.

8. Cheongwadae Sarangchae

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSPotret lukisan BTS di Cheongwadae Sarangchae, Seoul (twitter.com/bts_twt)

Cheongwadae Sarangchae merupakan sebuah pusat pameran pariwisata yang didesain untuk mengedukasi pengunjung tentang ragam masa lalu, masa kini, dan visi masa depan Seoul dan Korea Selatan.

Disana RM mengunjungi pameran bertema Welcome, Spring yang memamerkan berbagai macam produk seni yang terinspirasi dari kedamaian musim semi. Ia juga membagikan foto lukisan BTS karya Jo Yoo Jin yang terpajang di Cheongwadae Sarangchae.

9. Palazzo Fortuny

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Palazzo Fortuny, Venesia (twitter.com/BTS_twt)

Saat singgah di Italia, RM mengunjungi sebuah pameran tribut untuk mendiang seniman asal Korea Selatan, Yun Hyong-keun, yang bertajuk Yun Hyong-keun: A Retrospective yang diadakan di Palazzo Fortuny. 

Yun Hyong-keun sendiri dikenal sebagai seniman Dansaekhwa yaitu sebuah teknik melukis monokromatik khas Korea.

Dalam sebuah foto yang ia unggah pada tahun 2021, RM terlihat memajang lukisan karya Yun Hyong-keun di kediamannya. Lukisan tersebut ditaksir dapat mencapai lebih dari 4 milyar rupiah.

10. Seven Magic Mountains

10 Destinasi Wisata Seni yang Jadi Tempat Healing RM BTSRM saat berada di Seven Magic Mountains, Las Vegas (instagram.com/rkive)

Baru-baru ini BTS disibukkan dengan persiapan Grammy Awards 2022. Usai perform di Grammy, BTS masih menetap di Las Vegas untuk melangsungkan konser Permission To Dance di Allegiant Stadium.

Di sela kesibukannya, RM mengunggah potret dirinya tengah berjalan-jalan di situs seni Seven Magic Mountains yang merupakan instalasi seni publik karya Ugo Rondinone berupa 7 tumpukan batuan besar warna warni yang disusun setinggi lebih dari 9 meter.

Wah, ternyata destinasi wisata seni RM BTS di atas cukup beragam dan menyenangkan, ya. Siapa tahu kamu ada waktu dan kesempatan untuk mengunjungi salah satunya, agar bisa healing ala RM BTS, nih.

Baca Juga: 9 Perbuatan Ekstrem Fans Sasaeng pada Member BTS, Tuai Kecaman! 

Trisha Caicartica Photo Writer Trisha Caicartica

always have an urge to write📝

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya