TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jungkook BTS dan Artis Korea Ini Pernah Mengisi Lagu Piala Dunia

Mereka pernah terlibat walaupun jadi feature artists

Jungkook BTS (twitter.com/SquawkaNews)

Jeon Jungkook, member termuda dari idol grup KPop BTS menjadi salah satu artis yang mengisi pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Bayt, Qatar. Pada pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar, Jungkook BTS bersama dengan rekan duetnya, Fahad Al Kubaisi tampil memukau saat membawakan soundtrack resmi Piala Dunia yang berjudul ‘Dreamers’. Lagu ini memiliki pesan yang sangat positif tentang perjuangan seseorang dalam meraih mimpinya. Tak heran jika lagu 'Dreamers' secara khusus dipilih untuk mewakili semangat Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar.

Berkat keikutsertaannya dalam mengisi soundtrack Piala Dunia 2022, Jungkook menjadi artis asal Korea Selatan pertama yang mengisi soundtrack utama dan tampil pada pembukaan Piala Dunia. Jungkook daebak!

Selain Jungkook BTS, ternyata ada beberapa artis asal Korea Selatan yang pernah mengisi lagu piala dunia. Berbeda dengan Jungkook BTS yang menjadi salah satu pengisi soundtrack resmi Piala Dunia, beberapa artis asal Korea Selatan ini hanya menjadi feature artists yang ikut mengisi komplikasi album Piala Dunia. Walaupun hanya sebagai feature artists, kehadiran lagu yang mereka nyanyikan juga turut memeriahkan Piala Dunia pada masanya. Lalu, siapa saja artis Korea yang pernah mengisi lagu Piala Dunia? Penasaran? Yuk, mari kita simak.

1. g.o.d

g.o.d (instagram.com/godjp)

Idol grup KPop generasi pertama, g.o.d terpilih menjadi feature artist pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Terpilihnya g.o.d sebagai feature artist pada Piala Dunia 2002 bukan tanpa alasan, lho! Mereka merupakan salah satu idol group KPop yang sedang naik daun pada masanya. Bersama dengan J.Y. Park, g.o.d menyanyikan lagu ‘True East Side’.

Lagu ini memiliki pesan yang berisi semangat orang Timur yang ingin membungkam nyinyiran orang Barat. Lirik “ain't you say that you didnt know this east side feel now, all you know is party at your hometown”, g.o.d dan J.Y. Park dalam lirik tersebut seolah-olah ingin menyerukan bahwa event Piala Dunia juga bisa sukses diselenggarakan di Asia, bukan hanya di Barat saja. Lagu ‘East East Side’ merupakan bagian dari komplikasi album Fever Pitch The Official Music of The 2002 FIFA World Cup.

2. Park Jin Young (J.Y. Park)

J.Y. Park (instagram.com/asiansoul_jyp)

Penyanyi sekaligus pendiri JYP Entertainment, yaitu J.Y. Park terpilih menjadi feature artist bersama dengan g.o.d untuk lagu ‘True East Side’. Lagu ‘True East Side’ merupakan lagu yang diproduseri langsung oleh J.Y. Park bersama dengan Bang Shi Hyuk.

Selain itu, J.Y. Park juga menjadi salah satu pengisi dari album 2002 FIFA World Cup Official Album Songs of Korea/Japan, yang mana album tersebut merupakan album edisi spesial untuk regional Korea Selatan dan Jepang. Di album ini, J.Y. Park menyanyikan lagu ‘Ready’. Lagu ini memiliki pesan untuk bangkit dan wujudkan mimpi secepatnya, hiduplah seolah-olah kita akan mati besok.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

3. 2AM

2AM (instagram.com/2amindonesia)

2AM merupakan idol grup KPop kedua yang menjadi salah satu feature artist pada Piala Dunia 2010. Lagu ‘No.1’ dari 2AM masuk ke dalam komplikasi album Listen Up! The Official 2010 FIFA World Cup Album, yang mana album tersebut merupakan komplikasi album untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Lagu ‘No.1’ merupakan lagu tambahan khusus pada album komplikasi Piala Dunia 2010 untuk regional Asia. Lagu ini memiliki pesan bahwa semua orang dalam tim bisa menjadi pemenang dan menjadi nomor satu, asalkan bersedia untuk bekerjasama. Perlu kalian tahu, Lagu  ‘No.1’ ternyata merupakan lagu yang diproduseri oleh Bang Shi Hyuk, atau yang dikenal sebagai pendiri dari BigHit Entertainment dan Hybe Corporation.

4. Hwayobi

Hwayobi (twitter.com/allkpop)

Hwayobi atau Park Hwayobi merupakan penyanyi R&B asal Korea Selatan. Hwayobi dijuluki sebagai Ratu R&B Korea Selatan. Hwayobi menjadi salah satu feature artist pada Piala Dunia 2002.

Lagu ‘Dream’ merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album 2002 FIFA World Cup Official Album Songs of Korea/Japan. Lagu ini memiliki pesan untuk jangan takut meraih mimpi karena bisa saja mimpi kita menjadi kenyataan.

5. Kim Jo-han

Kim Jo-han dan Solid (twitter.com/soompi)

Kim Jo-han merupakan anggota dari trio R&B/hip hop asal Korea Selatan yang bernama Solid. Kim Ho-han menjadi salah satu feature artist yang terpilih untuk mengisi album edisi spesial untuk regional Korea Selatan dan Jepang.

Lagu ‘The Player's Creed’ merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album 2002 FIFA World Cup Official Album Songs of Korea/Japan. Lagu ini memiliki pesan untuk meningkatkan kepercayaan diri agar kita bisa meraih mimpi dan menjadi seorang pemenang.

6. J.ae

J.ae (twitter.com/allkpop)

J.ae atau Chung Jae-young merupakan penyanyi R&B asal Korea Selatan. J.ae merupakan salah satu feature artist yang menyumbangkan bakatnya di album komplikasi 2002 FIFA World Cup Official Album Songs of Korea/Japan.

Lagu ‘Gotta Get Love’ menjadi salah satu lagu yang masuk ke dalam album edisi spesial untuk regional Korea Selatan dan Jepang tersebut. Lagu ini memiliki pesan bahwa cinta seseorang mampu membuat kita terus melangkah ke depan.

Baca Juga: 10 Potret Penampilan Live Jungkook BTS di Opening Piala Dunia 2022

Verified Writer

Alfian Nurhidayat

an anthropologist in the milky way

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya