TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pernah Jadi Sutradara Sungguhan, 6 Artis Korea Ini Raih Penghargaan

Bakatnya gak tanggung-tanggung, nih!

Yoo Ji Tae (bhent.co.kr)

Akhir-akhir ini beberapa artis Korea mencoba peruntungannya menjadi seorang sutradara. Mereka pun menantang diri untuk menggarap sebuah film pendek dan memulai penyutradaraan.

Berkat kerja keras itulah beberapa dari mereka berhasil menyabet penghargaan, baik nasional hingga internasional. Nah, di bawah ini ada beberapa artis Korea yang mana film besutannya meraih penghargaan. Siapa saja mereka?

1. Yoo Ji Tae

Yoo Ji Tae (instagram.com/bhent_official)

Tahun 2003, suami dari aktris Kim Hyo Jin ini mencoba peruntungannya dalam membuat sebuah film pendek berdurasi 41 menit berjudul The Bike Boy. Film tersebut berkisah tentang remaja cowok yang naksir pada seorang cewek.

Cowok tersebut berpikir bahwa dengan menaiki sepeda dirinya akan keren di mata cewek. Para aktor dan aktris yang ada di film tersebut pun sengaja tidak diberi naskah. Jadi, mereka dibebaskan untuk berbicara apa saja. Hingga akhirnya film ini pun memperoleh penghargaan di 20th Busan Asian Short Film Festival.

Selain itu How Does the Blind Dream (2006) dan Out of My Intention (2008) juga sukses meraih penghargaan. Tahun 2013, aktor BH Entertainment ini mulai mengembangkan kapasitasnya ke film layar lebar, Mai Ratima yang juga memperoleh penghargaan di Deauville Asian Film Festival.

2. Yang Ik June

Yang Ik June (instagram.com/ikjuneyang)

Masih ingat dengan pemeran ayah Lee Ree di drama Korea Hellbound? Yang Ik June pernah meraih penghargaan berkat film yang dibuat olehnya, Breathless (2009). Aktor kelahiran 1975 tersebut bertindak sebagai sutradara, penulis naskah, editor, hingga pemeran utamanya, lho.

Berkat hasil kerasnya bersama kru dan artis yang terlibat, film low budget ini meraih lima belas penghargaan, baik di dalam maupun luar negeri. Breathless sendiri mengisahkan tentang persahabatan antara seorang preman dan anak SMA.

Baca Juga: 9 Aktor Korea Ini Identik dengan Karakter Good Boy, Ada Kim Min Kyu

3. Ha Jung Woo

Ha Jung Woo (instagram.com/walkhousecompany)

Bisa melukis, menulis, hingga menyanyi, aktor Ha Jung Woo pun juga pernah mencoba jadi sutradara. Karyanya yang pernah ia buat adalah film Fasten Your Seatbelt (2013).

Berdurasi 94 menit, film ini mengisahkan tentang pesawat yang berangkat dari bandara Haneda, Tokyo menuju ke bandara Gimpo, Seoul yang mengalami turbulensi akibat badai tak terduga.

Penumpang pesawat tersebut dipenuhi dengan karakter absurd. Jung Kyung Ho pun didapuk sebagai pemeran utama yang berperan sebagai bintang hallyu. Bergenre komedi, Ha Jung Woo memperoleh penghargaan Most Promising Talent di 9th Osaka Asian Film Festival.

4. Goo Hye Sun

Goo Hye Sun (instagram.com/kookoo900)

Aktris serba bisa, Goo Hye Sun juga memiliki kemampuan yang sudah tak diragukan lagi. Memulai karier berakting sejak 2004 lalu, pada tahun 2009 Goo Hye Sun pun merilis sebuah film berjudul The Madonna. Dalam film tersebut ia pun bertindak sebagai sutradara, penulis, dan editor video.

Film yang dibintangi oleh Seo Hyun Jin ini meraih dua penghargaan, yakni pada acara 26th Pusan Asian Short Film Festival dan 12th Short Shorts Film Festival & Asia. Setelah meraih penghargaan, aktris kelahiran 1984 ini terus melahirkan beberapa film pendek lainnya.

5. Moon So Ri

Moon So Ri (instagram.com/cjes.tagram)

The Running Actress adalah hasil karya dari Moon So Ri yang bertindak sebagai penulis, pemeran utama, dan sutradara. Berdurasi 71 menit, film The Running Actress memiliki fokus cerita tentang kehidupan seorang aktris di belakang layar. Film besutannya ini pun mendapat penghargaan di 26th Korea Culture and Entertainment Awards.

Baca Juga: 10 Drama Korea Besutan Sutradara Hong Jong Chan, Ada Juvenile Justice

Verified Writer

Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya