Comscore Tracker

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINK

Buntut dari penyebaran foto-foto diduga kencan Jennie dan V

YG Entertainment akhirnya "buka suara" soal kasus penyebaran foto yang diduga Jennie BLACKPINK dan V BTS. Pihak agensi tersebut pun kini sudah membuat laporan sebagai tindakan hukum yang diambil dari diamnya mereka selama ini.

Tindakan yang dilakukan YG Entertainment ini adalah salah satu bentuk tanggung jawabnya dalam menyelamatkan artisnya dari kubangan rumor yang menjeratnya. Berikut lima fakta tindakan hukum yang akhirnya diambil oleh YG Entertainment.

1. YG Entertainment sudah membuat laporan pada September 2022 lalu

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINKJennie BLACKPINK (instagram.com/jennierubyjane)

YG Entertainment rupanya sudah membuat laporan ke pihak kepolisian per September 2022 lalu. Pihak mereka pun secara resmi meminta polisi untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebaran serta siapa distributor sebenarnya dari foto-foto Jennie BLACKPINK yang tersebar di media sosial.

Sebelum melaporkannya ke polisi, YG Entertainment sudah mengumpulkan sejumlah informasi terkait. Selain itu, pihak agensi Jennie BLACKPINK tersebut pun juga terus memantau konten-konten terkait yang ikut tersebar di media sosial. Bukan tanpa alasan, tindakan hukum yang diambil YG Entertainment ini karena dianggap telah menodai karakter serta reputasi artisnya.

2. YG Entertainment tegaskan tak ada keringanan hukuman bagi orang yang menyebarkan foto-foto ilegal Jennie BLACKPINK di internet

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINKfoto diduga Jennie BLACKPINK dan V BTS (twitter.com/gurumiharibo)

Dalam pernyataan resminya, YG Entertainment menegaskan jika pihaknya tak akan memberikan keringanan hukuman. Sebab, menurut mereka foto-foto Jennie BLACKPINK yang tersebar secara online diungkap ke publik dengan cara yang ilegal. Terlepas dari apa pun niat pribadi dalam diri orang yang menyebarkannya.

YG Entertainment mengajukan gugatan terkait pencemaran nama baik berdasarkan pasal-pasal yang tertera di Undang-Undang Jaringan Informasi dan Komunikasi yang berlaku. Selain itu, mereka juga menuntut pelanggaran larangan distribusi informasi ilegal dan penggunaan media sosial yang menyimpang.

Langkah itu diambil sebagai tindakan atas foto-foto Jennie BLACKPINK yang berulang kali diunggah ke media sosial. Di mana foto-foto tersebut juga belum diverifikasi kebenarannya.

Baca Juga: Ungkap Foto V dan Jennie, Akun Gurumi Haribo Beberkan Alasannya

3. YG Entertainment akui sempat menahan diri untuk tidak berkomentar

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINKJennie BLACKPINK dan V BTS (instagram.com/jennierubyjane) | (instagram.com/thv)

YG Entertainment juga sempat mengaku menahan diri untuk tidak berkomentar mengenai situasi yang terjadi di media sosial. Tentu mereka memilih diam setelah munculnya foto-foto Jennie BLACKPINK bersama V BTS. 

Namun, karena foto-foto serupa terus naik ke permukaan dan jadi isu di kalangan penggemar, YG Entertainment merasa jika ini sudah tak bisa dibiarkan lagi. Sebab, foto-foto tersebut dianggap menjadi rumor, tuduhan, serangan pribadi, pelecehan seksual, dan pelanggaran privasi oleh oknum yang menyebarkan foto-foto sang idol.

Oleh karena itu, YG Entertainment pun merasa bertanggung jawab atas hal yang menimpa Jennie BLACKPINK. Alhasil, mereka pun mencoba untuk mengumpulkan informasi dan mengambil tindakan hukum guna memperbaiki situasi yang ada.

4. Foto-foto Jennie BLACKPINK dan V BTS yang diduga sedang berkencan jadi pemicu utama

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINKfoto diduga Jennie BLACKPINK dan V BTS (twitter.com/gurumiharibo)

Tindakan hukum yang dilayangkan YG Entertainment adalah buntut dari tersebarnya foto-foto di media sosial yang diduga sebagai Jennie BLACKPINK dan V BTS. Foto-foto tersebut diunggah dan disebarluaskan di media sosial Twitter oleh akun @gurumiharibo. Tak sekali, akun tersebut justru beberapa kali mengunggah foto yang berbeda dengan wajah kedua subjek dalam potretnya yang diduga Jennie dan V.

Tersebarnya foto-foto tersebut pun memunculkan rumor dan isu yang menyatakan jika kedua idol KPop global tersebut sedang menjalin hubungan asmara. Tentu ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan fans. Ada yang setuju dengan hubungan keduanya jika memang benar-benar terjadi. Namun, ada juga yang menyangkalnya dengan memberi bukti jika foto-foto tersebut merupakan hasil editan.

5. Gurumiharibo sempat menyatakan jika ia dituntut, maka dirinya siap membeberkan bukti yang dimiliki

5 Fakta Tindakan Hukum YG Ent terhadap Rumor Kencan Jennie BLACKPINKpernyataan Gurumiharibo di akun Telegramnya (dok. Telegram/Gurumi Haribo)

BigHit Entertainment dan YG Entertainment sempat tak memusingkan rumor serta foto-foto yang disebarkan oleh akun @gurumiharibo. Meski begitu, BigHit Entertainment sempat mengunggah pernyataan terkait langkah-langkah yang mereka ambil untuk melindungi BTS. Hal itu pun sempat dianggap sebagai "serangan balasan" dari rumor serta foto-foto yang disebarkan oleh Gurumiharibo.

Menanggapi hal tersebut Gurumiharibo pun mengaku lewat akun Telegramnya, jika saat itu ia belum pernah mendapat pemberitahuan tindakan hukum dari pihak manapun. Ia juga menganggap jika rilisan pihak BigHit Entertainment itu adalah pernyataan yang kerap kali dirilis per triwulan.

Dalam akun Telegramnya juga, Gurumiharibo tampak berani untuk melawan pihak yang mungkin akan menuntutnya atas pencemaran nama baik atau menyebarkan hoaks di kemudian hari. Ia juga menyatakan jika bersedia memberikan bukti yang relevan dari klaim yang disebarkannya atas nama hukum. Sehingga kebenaran yang tidak bias pun bisa terungkap.

YG Entertainment kini mengambil langkah antisipasi sekaligus untuk menghentikan tindakan yang dilakukan oleh penyebar foto Jennie BLACKPINK secara ilegal. Meski dalam foto-foto tersebut Jennie dan V BTS berpose layaknya orang yang sedang menjalin kasih, tapi hingga kini tak ada konfirmasi terkait hal itu dari BigHit Entertainment maupun YG Entertainment.

Baca Juga: Gosip Pacaran Jennie BLACKPINK dan V BTS Makin Panas, YG Merespons

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya