Comscore Tracker

Kronologi Drakor Anna yang Dibintangi Bae Suzy Dihujat Netizen China

Netizen China geram karena adegan Suzy jual jam tangan palsu

Drama Korea Anna mulai ramai dihujat netizen China sejak Kamis (30/6/2022). Dilansir News Naver, kemarahan netizen China berawal dari adegan menjual 'jam tangan palsu' yang digambarkan dalam drama.

Bahkan, informasi mengenai brand jam tangan tersebut juga disebutkan secara detail dan ternyata berhubungan dengan kejadian nyata. Insiden tersebut pun membuat drakor Anna jadi trending nomor 1 di Weibo. Yuk, simak kronologinya di bawah ini.

Baca Juga: 11 Harga Outfit Suzy di KDrama Anna yang Fashionable! (Part 2)

1. Episode 2 drama Korea Anna menampilkan Yumi (Bae Suzy) berusaha menjual 'jam tangan palsu'

Kronologi Drakor Anna yang Dibintangi Bae Suzy Dihujat Netizen Chinapotret cuplikan KDrama Anna (dok. Coupang Play/Anna)

KDrama Anna tayang di platform online Coupang Play sejak 24 Juni 2022. Kehadiran drakor satu ini tentu menjadi penantian penggemar, apalagi Bae Suzy didapuk menjadi pemain utama.

Namun, episode kedua Anna justru mengundang hujatan netizen China. Hal tersebut berawal dari adegan penjualan 'jam tangan palsu' asal Swiss yang dilakukan oleh Yumi (Bae Suzy) ke toko jam tangan. Jam tangan tersebut merupakan pemberian bosnya, Hyunjoo yang diperankan oleh Jung Eun Chae.

Pegawai toko jam tangan tersebut menjelaskan kepada Yumi bahwa jam tangan asal Swiss yang hendak dijualnya merupakan jam tangan hasil produksi perusahaan China yang melakukan penipuan 4 hingga 5 tahun sebelumnya.

Selain itu, dijelaskan bahwa jam tersebut dianggap palsu karena suku cadangnya berasal dari China, tetapi sekrupnya dipasang di Swiss sehingga bisa mendapat status Made in Swiss.

"Jam tangan itu tidak memiliki nilai. (Penipuan) itu adalah insiden yang terkenal, tidak mungkin orang itu tidak tahu tentang ini," lanjut pegawai toko jam tangan tersebut. Sontak netizen China yang juga ikut menonton drakor Anna melayangkan kekesalan ke sosial media.

2. Netizen China tak terima negaranya dihubungkan dengan barang palsu

Kronologi Drakor Anna yang Dibintangi Bae Suzy Dihujat Netizen Chinapotret cuplikan KDrama Anna (dok. Coupang Play/Anna)

Penjelasan 'jam tangan palsu' yang terlalu detail hingga sesuai dengan kejadian nyata ini menjadi awal mula kemarahan netizen China. Apalagi, jam tangan asal China tersebut dikatakan sudah tak memiliki nilai lagi.

Tak hanya itu, adegan tersebut juga dinilai menggambarkan China sebagai negara yang hanya memproduksi barang palsu. Dalam waktu singkat, KDrama Anna pun menjadi trending nomor satu di Weibo, sosial media terbesar di China.

Beberapa cuitan netizen China yang trending di Weibo antara lain "Korea selalu memfitnah China," "Kami tidak membuat barang palsu," dan "Korea menyebarkan informasi palsu."

3. Insiden di drakor Anna berdasarkan kejadian nyata pada tahun 2006 lalu

Kronologi Drakor Anna yang Dibintangi Bae Suzy Dihujat Netizen Chinapotret cuplikan KDrama Anna (dok. Coupang Play/Anna)

Insiden penipuan yang disebutkan pegawai toko jam tangan tersebut, ternyata memang benar pernah terjadi. Hal itu menjadi kontroversi besar di Korea Selatan pada tahun 2006 lalu. 

Vincent & Co merupakan brand yang ketahuan menjual jam tangan murahan dengan harga tinggi. Perusahaan itu disebut memproduksi barang dengan suku cadang dari China lalu merakit sekrupnya di Swiss. Dengan begitu, jam tangan mereka bisa dilabeli 'Made in Swiss' dan mereka diduga menjual jam tangan mereka dengan harga jam kelas atas asal Eropa.

Kejadian itu menjadi peristiwa penipuan terbesar yang pernah terjadi di Korea Selatan. Menanggapi ramainya hujatan netizen China, netizen Korea juga ikut berkomentar. 

KNetizen menuduh netizen China menonton Anna secara ilegal. Pasalnya drama terbaru Bae Suzy ini tidak didistribusikan hingga ke China. Drakor ini hanya dapat disaksikan melalui Coupang Play.

Dikutip dari Allkpop, Coupang Play sendiri menjelaskan kepada Maeil Business bahwa Anna adalah drama yang hanya bisa streaming di Korea Selatan. Oleh karenanya, pihak streaming online tersebut tidak akan mengambil tindakan apa pun atas kontroversi ini. 

Itulah dia kronologi kontroversi drama Korea Anna. Lantas, bagaimana menurutmu terkait kronologi ini?

Baca Juga: 10 Karakter di Drakor Ini Jalani Kehidupan Ganda, Terbaru Anna

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya