Comscore Tracker

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di Seoul

Ini merupakan donasi yang dilaporkan per 10 Agustus 2022

Sejak Senin (8/8/2022) lalu, Seoul, Korea Selatan diguyur hujan lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir yang cukup parah di beberapa wilayah. Menurut berbagai outlet berita internasional, bencana yang melumpuhkan ibu kota Korea Selatan tersebut adalah hujan badai terbesar yang menimpa Seoul dalam 80 tahun terakhir.

Hujan deras ini menyebabkan kerusakan tempat tinggal, pusat perbelanjaan, serta fasilitas umum di beberapa distrik di Seoul. Seiring dengan kerusakan tersebut, jumlah korban juga terus bertambah di berbagai tempat.

Melihat begitu parahnya bencana ini, sejumlah artis Korea bergerak untuk membantu korban yang terdampak. Mereka mendonasikan sejumlah harta mereka yang nominalnya mencapai jutaan won. 

1. JINU WINNER

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulJinu WINNER (twitter.com/YG_WINNER)

Menurut laporan allkpop, JINU WINNER mendonasikan 10 juta won atau sekitar Rp114 juta kepada Hope Bridge Korea Disaster Relief Association. Lembaga bantuan bencana tersebut menyampaikan bahwa JINU meminta donasinya digunakan untuk para korban terdampak banjir.

Sementara itu, ini bukan kali pertama member WINNER tersebut memberikan donasi ke Hope Bridge. Sebelumnya, ia juga pernah memberikan donasi 10 juta won (Rp 114 juta) untuk masyarakat terdampak kebakaran hutan dan angin topan pada tahun 2019. Setahun setelahnya, dirinya juga menyalurkan donasi dengan nominal yang sama untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan membantu korban hujan lebat.

2. Kang Tae Oh

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulKang Tae Oh (instagram.com/kto940620)

Berdasarkan kabar yang dilansir Kbizoom, Kang Tae Oh juga turut berpartisipasi dalam memberikan donasi sebesar 20 juta won atau setara dengan Rp227 juta kepada para korban yang terkena dampak hujan lebat dan banjir melalui Hope Bridge Korea Disaster Relief Association. 

Donasi tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu para korban di daerah yang terkena dampak hujan lebat yang menyebabkan banjir. Aktor Extraordinary Attorney Woo ini berharap kerusakan yang terjadi dapat segera ditangani dan orang-orang yang mengungsi dapat kembali menjalani kehidupan normal. 

3. Jinyoung GOT7

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulJinyoung GOT7 (instagram.com/jinyoung_0922jy)

Menurut pengumuman Hope Bridge National Disaster Relief Association yang dikutip dari Koreaboo, Jinyoung GOT7 menyumbangkan 30 juta won atau sekitar Rp342 juta. Ia menyisihkannya untuk membantu korban banjir yang kehilangan rumah mereka.

Ini bukan pertama kalinya Jinyoung berkontribusi pada bantuan bencana. Dia juga pernah berdonasi untuk korban banjir pada tahun 2020. Saat itu, ia kabarnya menyumbangkan donasi tersebut tanpa sepengetahuan JYP Entertainment yang masih berstatus sebagai agensinya.

Baca Juga: 9 Artis Korea yang Berani Membantu Artis Lain Menghadapi Haters

4. Im Si Wan

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulIm Si Wan (instagram.com/yim_siwang)

Dilansir Newsen, Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengumumkan bahwa Im Si Wan menyumbangkan 20 juta won atau sekitar Rp227 juta untuk digunakan untuk pemulihan daerah yang rusak akibat banjir. Menurut lembaga tersebut, donasi Im Si Wan ditujukan untuk pemulihan harian para korban yang kehilangan mata pencaharian. 

Pada tahun 2019 lalu, Im Si Wan juga pernah mendonasikan 20 juta won (Rp227 juta) untuk bencana kebakaran hutan di Gangwon-do bersama puluhan artis lainnya. Selenjutnya, pada Maret tahun ini, dirinya berdonasi kepada para korban terdampak perang di Ukraina dengan memberikan akomodasi berupa penginapan selama sebulan penuh di Kiev, ibu kota negara tersebut.

5. Yoo Byung Jae

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulYoo Byeong Jae (instagram.com/dbqudwo333)

Melalui akun Instagram pribadinya, aktor dan penulis naskah Yoo Byung Jae mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan rincian transfer dari donasinya sebesar 10 juta won atau setara dengan Rp114 juta ke Hope Bridge Disaster Relief Association. Menurut laporan Newsen, tertulis catatan bahwa transfer tersebut merupakan sumbangan untuk kerusakan akibat hujan lebat.

Dalam foto lainnya, Yoo Byung Jae juga membagikan akun penggalangan dana terkait dan menyebarkan pengaruh baiknya sekali lagi. Ia juga tak lupa menuliskan caption yang mendorong masyarakat lainnya ikut membantu para korban, bunyinya adalah "Semangat #BantuTetanggayangTerkenaHujanDeras".

6. Kim Hye Soo

6 Artis Korea Ini Donasikan Jutaan Won untuk Korban Banjir di SeoulKim Hye Soo (twitter.com/deebak_)

Kbizoom melaporkan, pada 10 Agustus 2022, aktris Kim Hye Soo mendonasikan 100 juta won atau sekitar Rp1,14 miliar kepada Hope Bridge National Disaster Relief Association. Donasi tersebut akan digunakan untuk membantu korban banjir yang mengalami kesulitan hidup dan memulihkan daerah yang rusak akibat hujan deras.

Sama seperti beberapa artis lainnya, donasi ini juga bukan pertama kalinya bagi Kim Hye Soo. Pada tahun 2020 lalu, aktris ini menyumbangkan masing-masing 100 juta won (Rp 1,14 miliar) untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan membantu korban kebakaran hutan di Uljin, Gyeongbuk dan Samcheok, Gangwon.

Sementara itu, menurut situs resmi Hope Bridge National Disaster Relief Association, mereka telah melakukan sejumlah penanggulangan banjir. Mulai dari terus menjalin berkomunikasi dengan pemerintah setempat, memantau kerusakan, dan menyediakan barang yang diperlukan bagi para korban terdampak banjir, seperti air minum kemasan, masker, dan partisi darurat. 

Semoga dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, Seoul dan sekitarnya dapat segera pulih dari kerusakan yang diakibatkan oleh bencana ini, ya!

Baca Juga: 11 Artis Korea ini Bagikan Potret Kompak dengan Artis Cilik

Trisha Caicartica Photo Writer Trisha Caicartica

always have an urge to write📝

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya