Comscore Tracker

5 Fakta Surl, Band Rock Korea yang Direkomendasikan RM BTS dan IU

Pecinta musik indie Korea wajib merapat! 

Meski belum berkembang sebesar boy band dan girl band, KBand atau band asal Korea Selatan juga perlahan mulai menarik atensi penikmat musik. Musisi Korea Selatan rupanya tak melulu mengusung konsep dancer dan singer seperti boy group dan girl group seperti yang telah dikenal masyarakat luas.

Ternyata, deretan grup yang memainkan alat musik, menciptakan, dan menyanyikan lagu mereka sendiri juga mulai menarik atensi. Salah satunya adalah KBand Surl yang terkenal dengan lagu berjudul 'Snow', 'Dry Flower', hingga 'Beside'.

Lantas, apa saja fakta unik KBand yang beranggotakan Hoseung, Doyeon, Hanbin, dan Myeongsuk ini? Yuk simak di ulasan di bawah ini ya! Scroll terus ke bawah! 

Baca Juga: 10 Fakta Band Jepang THE ORAL CIGARETTES, Band Rock Yang Tidak Biasa 

1. Bukan bentukan agensi, anggota Surl merupakan teman SMA

5 Fakta Surl, Band Rock Korea yang Direkomendasikan RM BTS dan IUSurl (instagram.com/surlofficial)

Tak seperti grup musik pada umumnya yang dihimpun dan dilatih agensi, Surl justru membentuk band karena sama-sama bersekolah di SMA yang sama. Kedekatannya mereka tak terjalin karena debut bersama, persahabatan Hoseung, Doyeon, Hanbin, dan Myeongsuk sudah ada jauh sebelum band ini diciptakan. 

2. Semua anggotanya kelahiran 1998

5 Fakta Surl, Band Rock Korea yang Direkomendasikan RM BTS dan IUSurl (instagram.com/surlofficial)

Tak cuma sama-sama memasuki SMA yang sama, empat member Surl juga terlahir pada 1998. Seol Hoseung lahir pada 9 Februari 1998, Kim Doyeon 16 Agustus 1998, Lee Hanbin 22 Juli 1998, dan Oh Myeongsuk pada 15 Maret 1998. Jelas saja keempatnya ini merupakan rekan satu angkatan. 

Baca Juga: 7 Lagu dari Band Korea Daybreak, Soft Rock-nya Candu!

3. RM BTS dan IU merekomendasikan lagu-lagu Surl

Musisi Korea ternama seperti RM BTS dan IU yang terkenal berkat lagu-lagu menyentuh mereka juga merekomendasikan lagu-lagu Surl. Lewat akun Twitter BTS @BTS_twt, RM memuji lagu gubahan Hoseung dan kawan-kawannya ini. Lagu "Snow" sendiri memiliki lirik yang melankolis dan menggambar kesepian serta suasana depresif. 

4. Memenangkan hadiah utama di Shinhan Card Rookie Project, Surl dianggap sebagai band baru yang menjanjikan! 

5 Fakta Surl, Band Rock Korea yang Direkomendasikan RM BTS dan IUSurl (instagram.com/surlofficial)

Meskipun Surl adalah wajah baru di industri musik Korea Selatan, Hoseung, Hanbin, Myungseok dan Doyeon tak hanya menarik penonton domestik tetapi juga mendapatkan cukup banyak basis penggemar di Eropa.

Pada September 2018, SURL merilis lagu resmi pertama mereka berjudul "Stay Here". Di tahun tahun itu juga, band tersebut memenangkan hadiah utama di Shinhan Card Rookie Project. SURL juga memenangkan Excellence Award di EBS Rookie bersama KOCCA. Prestasi ini tentu saja memperkuat kekuatan mereka sebagai salah satu band muda paling menjanjikan di Korea Selatan.

5. Surl mengangkat isu yang dialami pemuda usia 20-an, makna lagu mereka sangat mendalam! 

5 Fakta Surl, Band Rock Korea yang Direkomendasikan RM BTS dan IUSurl (instagram.com/surlofficial)

Seol Hoseung, vokalis Surl menjelaskan dalam koreanherald.com tentang pesan-pesan yang ingin disampaikan band ini ke pendengarnya. Surl rupanya ingin menjangkau pendengarnya dengan pesan universal tentang kenyamanan dan keterhubungan. Banyak orang, terutama yang berusia 20-an, mengalami depresi hari ini, dan Surl mencoba menyentuh emosi yang mereka rasakan.

“Our songs also go beyond those feelings to send a message of comfort. People naturally feel that they’re not alone while listening to our songs, and they’re comforted by that.” — Hoseung Surl.

Sebagai salah satu band muda menjanjikan di Korea Selatan, Surl membawa warna musik baru bagi dunia musik Korea Selatan. Tak disangka band yang direkomendasikan RM BTS dan IU ini memiliki sejumlah fakta yang menarik. Jangan lupa dengarkan lagu-lagu mereka ya! 

Baca Juga: 5 Band Metal Favorit Jokowi, Ada Band Dalam Negeri?

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

music enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya