Comscore Tracker

Ada Girls On Top, 7 Grup Project SM Entertainment yang Menghebohkan

SM stan menang banyak nih, Chingu

Siapa sih yang gak kenal SM Entertainment, agensi raksasa di Korea Selatan yang memiliki peran besar dalam menyebarkan Korean wave secara global. Didirikan oleh Lee So Man, SM Entertainment adalah agensi yang menjadi rumah bagi banyak grup populer mulai Super Junior, Girls’ Generation, hingga aespa.

Dalam berkarya di industri musik Korea, SM Entertainment dikenal selalu hadir dengan konsep baru dan menyegarkan termasuk berbagai project yang bersangkutan dengan artisnya. Gak jarang, SM Entertainment membuat heboh fans dengan kombinasi unit, lho.

Terbaru ada Girls On Top, berikut sederet grup project SM Entertainment yang sempat menghebohkan penggemar.

1. Girls On Top

https://www.youtube.com/embed/uBY1AoiF5Vo

Di awal tahun 2022, SM Entertainment memberi kejutan dengan membuat unit girl group baru bernama Girl On Top. Sukses menggebrak musik KPop, grup ini terdiri dari berbagai generasi mulai BoA, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, Seulgi dan Wendy Red Velvet, serta Karina dan Winter aespa.

Ketujuh member dari unit pertama Girls On Top itu pun sukses menghebohkan penggemar dengan menampilkan lagu berjudul “Step Back” di SMTOWN LIVE 2022: SMCU EXPRESS @ KWANGYA, yang diselenggarakan pada 1 Januari lalu. Hingga saat ini, lagu “Step Back” terus meningkat tajam di berbagai chart musik KPop.

2. SuperM

https://www.youtube.com/embed/jUsUzbmSLow

Berbeda dari Girls On Top yang tiap personelnya dikabarkan akan berubah-ubah, SuperM merupakan grup kombinasi menetap SM yang personelnya terdiri dari Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, serta Taeyong, Mark, Lucas, dan Ten NCT. Mereka sukses menghebohkan fans dengan dengan berbagai promosi mereka yang dipusatkan di Amerika Serikat dan Korea.

“Tiger Inside”, “Jopping”, “One (Monster & Infinity)”, “We Do”, hingga “100” adalah sederet lagu hits SuperM yang telah dirilis dan sukses berada di puncak chart musik banyak negara. Spesialnya, pendiri SM Entertainment yaitu Lee Soo Man secara khusus terlibat langsung dalam proses produksi dan mempromosikannya dengan skala besar di Amerika Serikat.

3. SMCU EXPRESS (NCT x aespa)

Ada Girls On Top, 7 Grup Project SM Entertainment yang MenghebohkanNCT x aespa (instagram.com/smtown)

Pada konser SMTOWN LIVE 2022 lalu, Taeyong, Jeno, Hendery, Yangyang NCT bersama Giselle aespa sukses mengejutkan penggemar. Mereka tampil memukau dengan lagu hip hop berjudul “Zoo” di mana lagu tersebut merupakan bagian dari project musik di bawah SM Entertainment berjudul SMCU EXPRESS.

Menuai banyak pujian netizen, Taeyong NCT bahkan dikabarkan ikut terlibat dalam hal pembuatan koreografinya, lho. Pertunjukkan tersebut pun menjadi penanda kolaborasi pertama antara 2 grup termuda SM yaitu NCT dan aespa.

Baca Juga: Siap Debut di 2022, 10 Fakta TEMPEST Grup Asal Yuehua Entertainment

4. SM STATION X (Seulgi, SinB, Chungha, dan Soyeon)

https://www.youtube.com/embed/KR5CtMLuiqQ

SM STATION X adalah salah satu project SM Entertainment yang acap kali mengait artis agensi lain untuk melakukan kolaborasi spesial dengan artisnya naungannya. Menyatukan Seulgi Red Velvet bersama Sinb GFRIEND, Chungha, serta Soyeon (G)I-DLE, mereka sukses buat fans terpana dengan pesonanya dalam lagu dance yang adiktif berjudul "Wow Thing".

Hingga saat ini, lagu yang dirilis tepat setelah perayaan thanksgiving Korea itu masih disenangi oleh publik dan dianggap sebagai salah satu kolaborasi terbaik yang pernah terjadi pada girl group generasi ketiga.

5. YOUNIQUE UNIT

https://www.youtube.com/embed/Au5fic4IqEs

YOUNIQUE UNIT sebenarnya merupakan grup project yang dibuat sebagai bentuk kolaborasi khusus antara SM Entertainment dengan Hyundai Motors pada tahun 2012. Meskipun begitu, grup proyek ini menjadi yang tidak terlupakan oleh fans. Di project YOUNIQUE UNIT, SM Entertainment menyatukan Eunhyuk Super Junior, Hyoyeon SNSD, Taemin SHINee, Henry Super Junior-M, serta Kai dan Luhan EXO.

Mereka semua dikenal publik sebagai member dengan bakat dance dan rap terbaik di grupnya masing-masing. Sempat merilis lagu electronic dance berjudul “MAXSTEP”, kamu akan dibuat terhipnotis dengan penampilan dan koreografi mereka yang luar biasa dalam musik videonya.

6. S.M. The Performance

https://www.youtube.com/embed/RBNxXFepvZw

Pada tahun 2012 silam, SM Entertainment juga pernah membuat unit grup dance yang dinamakan SM The Performance. Mereka terdiri dari Yunho TVXQ, Donghae dan Eunhyuk Super Junior, Minho dan Taemin SHINee, serta Kai dan Lay EXO. Tampil spesial di acara SBS Gayo Daejun, SM The Performance menyuguhkan tampilan vokal dan dance powerful yang luar biasa.

Diungkapkan pula jika koreografi dan penampilan lagu tersebut diciptakan langsung oleh tim dance terkenal yaitu NappyTabs, yang sebelumnya sudah pernah berkolaborasi dengan sederet artis SM lainnya seperti BoA dan TVXQ. Kolaborasi ini menjadi salah satu kolaborasi legendaris dalam dunia KPop, lho.

7. S.M. The Ballad

https://www.youtube.com/embed/fJEn29QUwZ0

S.M. The Ballad awalnya merupakan grup project ballada yang beranggotakan Kyuhyun Super Junior, Jonghyun SHINee, Jay Trax serta Jino (kini menjadi member PENTAGON). Namun, berubah menjadi project bergulir yang umumnya diisi oleh mereka yang memegang posisi sebagai main atau lead vocal di grup masing-masing.

Taeyeon SNSD, Changmin TVXQ, Krystal f(x), Zhoumi dan Yesung Super Junior, Chen EXO, dan solois Zhang Liyin merupakan sederet artis SM yang pernah terlibat dalam project ini. Menyuguhkan kualitas vokal yang mengagumkan, banyak fans yang sangat merindukan project ini, lho.

Nah, itulah beberapa project SM Entertainment yang sempat menghebohkan industri musik KPop. Dari sekian project SM di atas, mana nih yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: 8 Idol yang Memilih Keluar dari JYP Entertainment, Tetap Sukses

Ervi rahman Photo Verified Writer Ervi rahman

Step by step day by day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya