Comscore Tracker

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah Diretas

Mereka merasa tak nyaman karena privasinya tak dihargai 

Banyak hal tak mudah yang perlu dihadapi oleh setiap idol KPop. Selain selalu jadi sorotan dan perlu terus bekerja keras tiap comeback, mereka juga harus menghadapi perlakuan orang lain yang bersikap kelewat batas dengan mengganggu privasi. 

Banyak idol yang telah mengaku dibuat tak nyaman karena privasinya diusik. Rupanya, tak sedikit dari mereka yang akun Instagram pribadinya jadi sasaran peretasan. Siapa saja idol yang dimaksud? Yuk, simak!

1. Jennie BLACKPINK 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasJennie BLACKPINK (instagram.com/lesyeuxdenini)

Jennie selama ini memiliki dua akun Instagram, yakni @jennierubyjane untuk mengunggah foto sesuai persona dirinya sebagai idol serta @lesyeuxdenini sebagai akun untuk hasil jepretannya. Akhir tahun lalu, Jennie mengungkap bahwa akun keduanya telah diretas selama 2 bulan hingga ia tak bisa mengaksesnya. 

Lewat fitur Stories, Jennie berharap orang-orang bersedia menghargai privasinya. Tak heran jika penggemar langsung memberikan rapper BLACKPINK ini dukungan dengan membuat tagar #WeLoveYouJennie trending di Twitter. Mereka juga berharap, sang idola tetap mempertahankan dan tidak menghapus akun kedua yang dianggap memiliki banyak postingan berarti tersebut.

2. Joy Red Velvet 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasJoy Red Velvet (instagram.com/_imyour_joy)

Instagram rahasia milik Joy mendadak diretas pada 15 Desember 2021. Tanpa motif yang jelas, hacker itu mendadak mengunggah foto Joy bersama Crush di Facebook. Foto itu berasal dari media sosial sang idol yang selama ini dirahasiakan dari publik. 

Terungkap pula di sebuah komunitas online, bahwa Instagram rahasia Joy itu di-private dan selama ini hanya mengikuti beberapa akun penggemar. Terkadang, pemilik nama asli Park Soo Young ini juga mengunggah hadiah yang ia terima dari penggemar lewat media sosial rahasia itu.

3. Yuri SNSD 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasYuri SNSD (instagram.com/yulyulk)

Yuri pernah mengungkap rasa frustrasi lewat fitur Stories setelah akun Instagram pribadinya diretas. Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan postingan Instagram akun fanbase mendadak muncul di beranda, meski ia tak mengikutinya. 

Yuri juga menyatakan, bahwa tindakan meretas tersebut menakutkan. Ia tak suka ada orang yang menggunakan media sosialnya tersebut tanpa sepengetahuannya, lantas mengikuti akun yang tidak dikenal. Hal ini juga sempat menimbulkan kehebohan di kalangan fans Indonesia pada tahun 2020, sebab orang yang meretas Instagram sang idol mengikuti fanbase asal Indonesia.

Baca Juga: 7 Idol KPop yang Baru Buat Akun YouTube di 2021, Ada Jennie BLACKPINK

4. Yoona SNSD 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasYoona SNSD (instagram.com/yoona__lim)

Yoona mengungkap pada Juli 2018, bahwa akun Instagram pribadinya sempat diretas sampai ia kesulitan mengaksesnya. Kabarnya, hacker tersebut merupakan sasaeng fans atau penggemar yang terobsesi dan tidak menghargai privasi idol.

Yoona sampai meminta melalui fitur Stories agar mereka tidak mengusik privasinya lagi. Bahkan, ia menyatakan bahwa hal itu sudah sering terjadi dan membuatnya khawatir sekaligus tidak nyaman. Hal ini pun membuat publik bersimpati kepadanya.

5. Taeyeon SNSD 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasTaeyeon SNSD (instagram.com/taeyeon_ss)

Instagram Taeyeon pernah diretas pada tahun 2018. Penyanyi bersuara merdu ini mengonfirmasi hal tersebut lewat fitur Stories, bahwa bukan dirinya yang mengikuti Instagram dari penggemar Jimin BTS. Tampaknya, ia tak ingin menimbulkan kesalahpahaman yang bisa saja mengira dirinya menjalin hubungan dengan vokalis BTS tersebut.

Selain itu, Instagram Taeyeon memang sudah diretas pada tahun 2016 oleh penggemarnya sendiri. Terlebih, sejumlah foto ditambahkan lewat media sosialnya itu bersamaan dengan pesan yang memperingatkan untuk mengganti sandinya. Karena itu, ia meminta di fitur Stories agar hacker berhenti mengusik privasinya.

6. IU 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasIU (instagram.com/dlwlrma)

Pada tahun 2020, IU sempat memberi peringatan kepada orang-orang yang mengganggu privasinya dengan mencoba meretas Instagram pribadinya lewat fitur Stories. Terlebih, ia mengaku bahwa akunnya mendadak mengikuti orang yang tidak ia kenali. 

IU juga mendapati banyak pesan yang menyatakan sebuah upaya seseorang untuk mengganti sandi akun Instagram miliknya. Ia berharap privasinya lebih dihargai, hingga meminta setiap orang tidak lagi mencoba meretas media sosialnya tersebut.

7. Gain Brown Eyed Girls 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasGain Brown Eyed Girls (instagram.com/songain87)

Gain telah menjadi korban peretasan akun selama 3 bulan, dari Januari hingga Maret 2020. Bahkan, pelaku yang meretas Instagram pribadinya ternyata telah melihat berbagai privasi sang idol di akun tersebut yang menimbulkan rasa tidak nyaman baginya. 

Gain merupakan idol yang kini lebih berfokus pada kariernya di bidang musik sebagai solois. Meskipun begitu, ia akan aktif promosi bersama grupnya yang populer jika ada jadwal perilisan album atau single bersama.

8. Nancy MOMOLAND 

8 Idol KPop Cewek yang Akun Instagram Pribadinya Pernah DiretasNancy MOMOLAND (instagram.com/nancyjewel_mcdonie_)

Pada tahun 2019 lalu, MLD Entertainment mengumumkan bahwa Instagram Nancy telah terhapus akibat diretas oleh seseorang. Pelaku tersebut bahkan membuat akun baru dengan nama pengguna yang serupa, hingga meniru identitas sang idol selama ini. 

Alhasil, agensi meminta bantuan dari Unit Investigasi Kejahatan Cyber untuk mengambil tindakan hukum. Untunglah, Nancy bisa mendapatkan media sosialnya itu kembali dan berterima kasih atas dukungan penggemar padanya.

Perlu menghadapi orang lain yang sengaja mengganggu privasi tentu membuat idol di atas merasa tak nyaman. Karena itu, penggemar memberi dukungan dan meminta agensi lebih mengupayakan perlindungan pada sang idola agar kejadian seperti media sosial diretas tak lagi terulang.

Baca Juga: 14 Idol KPop yang Menyelesaikan Wajib Militernya pada 2021 

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya