Comscore Tracker

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya 

Mereka terus berjuang meskipun hampir menyerah 

Setiap trainee idol harus tetap berjuang selama masa pelatihan, saat di mana mereka sering meragukan diri sendiri hingga hampir menyerah tanpa adanya kepastian debut. Proses itu memang tidak mudah, tetapi akhirnya banyak di antara mereka yang berhasil melaluinya.

Di antara ketatnya persaingan, deretan idol KPop berikut ini bisa bertahan, dan berhasil debut berkat motivasi dari keluarga, terutama sang ibu, lho. Dengan mengandalkan dukungan dari ibunya sebagai penyemangat, mereka pun jadi lebih percaya diri menghadapi beragam kesulitan. Hingga akhirnya berhasil debut, dan menjadi idol yang diakui. Siapa saja mereka? 

1. Chanmi AOA 

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya Chanmi (instagram.com/official_team_aoa)

Melalui program Human Documentary pada tahun 2019, diketahui bahwa Chanmi hanya dibesarkan oleh ibu tunggal yang bekerja keras mengelola salon demi memenuhi kebutuhan keluarga. Hal itu yang membuat Chanmi berjuang keras agar bisa debut hingga bisa membantu menafkahi keluarganya. Ia tak tega melihat ibunya mencoba mendapatkan uang dari pagi hingga larut malam.

Chanmi berpikir dengan menjadi idol, ia bisa mendapatkan uang dengan cepat. Apalagi, uang dari ibunya hanya dapat membiayai uang sewa rumah dan sekolah bagi dia dan saudaranya. Ia sempat berpikir hal itu mudah, tapi ia menyadari bahwa ternyata dirinya mulai melalui banyak kesulitan selama trainee. Namun, ia memilih untuk tidak menyerah akan tujuannya. 

2. J-Hope BTS 

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya J-Hope BTS (twitter.com/bts_bighit)

Dilansir Koreaboo, J-Hope sebenarnya tidak mendapatkan dukungan dari ayahnya untuk menjadi seorang idol. Namun, ibunya memahami ketertarikannya terhadap dance dan memilih mendukungnya secara finansial dengan mengambil beberapa pekerjaan di luar kota untuk membiayai masa trainee J-Hope. 

J-Hope pun mengungkap di program You Quiz on The Block pada tahun 2021, bahwa dukungan ibunya inilah yang membuatnya ingin berhasil. Ia ingin membahagiakan sosok yang selalu menyemangatinya itu dengan berjuang melalui masa trainee yang keras. Setelah debut, ia mendedikasikan lagu bertajuk 'MAMA' untuk ibunya.

Baca Juga: 10 Idol KPop Cowok yang Berasal dari Keluarga Broken Home

3. Seulgi Red Velvet 

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya Seulgi Red Velvet (instagram.com/hi_sseulgi)

Melalui program Idol Party pada tahun 2016, Seulgi mengungkapkan kesulitannya selama menjadi trainee. Ia merasa baik-baik saja menjalaninya di 3 tahun pertama pelatihan. Seiring berjalannya waktu, ia meragukan pilihannya sendiri. 

Seulgi merasa makin terpuruk saat menjadi trainee selama 4 tahun. Dalam kesulitan itu, sang ibu mencoba meyakinkan Seulgi bahwa ia pasti akan berhasil mewujudkan impiannya saat waktunya tiba. Ibunya tidak meragukan bakat dan kerja kerasnya, hingga ia benar-benar sukses melakukan debutnya sebagai idol. 

4. Lisa BLACKPINK 

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya Lisa BLACKPINK (instagram.com/lalalalisa_m)

Terungkap dalam wawancara Rolling Stone pada tahun 2022, Lisa sudah mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya sejak masih kecil. Bahkan, ibunya sering menyaksikan penampilannya saat menari dengan musik dari CD yang ia beli. Lisa juga dibiarkan berlatih menari, mengikuti kompetisi, dan akting oleh sang ibu yang membantu mengasah bakatnya saat itu. 

Namun, Lisa sempat kesulitan menjalani trainee karena jauh dari keluarganya. Debutnya juga terus diundur dan membuatnya muak melakukan evaluasi setiap bulan. Ia pun sering menelepon sang ibu yang berada di Thailand untuk menceritakan kesulitannya, bahkan ia mengurungkan niatnya untuk menjadi idol dan kembali bersekolah seperti biasa. 

Saat itulah, sang ibu meyakinkan Lisa untuk bertahan. Menurutnya, anaknya itu hanya akan berjuang kembali dari awal untuk masa depannya jika memilih untuk menyerah dan pulang ke Thailand. Lisa pun mengikuti saran ibunya untuk bertahan, hingga akhirnya berhasil debut sebagai main dancer BLACKPINK.

5. Lay EXO 

5 Idol KPop Ini Berhasil Debut, Berkat Motivasi dari Ibunya Lay EXO (instagram.com/layzhang)

Lay mengungkap perjalanannya sebelum debut pada kontestan Idol Producer 2018. Ia mengaku merasa harus bertahan saat melihat trainee lain dieliminasi hampir setiap pekan, saat dirinya masih menjalani dan bertahan dalam masa pelatihan. 

Dilansir Koreaboo, pada kesempatan berbeda, Lay juga sempat mengungkap bahwa ia pernah menceritakan kesulitannya itu sewaktu menelepon ibunya di masa trainee. Ibunya menangis mendengarkan ceritanya. Namun, hal itu justru memotivasinya untuk bekerja lebih keras setiap hari, tanpa memedulikan hal lain. 

Masa trainee dapat dilalui idol KPop di atas berkat ibunya yang terus memberi dukungan agar tidak menyerah dan selalu meyakinkan bahwa impian mereka pasti akan terwujud. Mereka pun lebih semangat dalam berlatih dengan mengandalkan motivasi dari sang ibu, hingga akhirnya berhasil debut sebagai idol yang populer.

Baca Juga: 5 Idol KPop Wanita yang Memutuskan untuk Bangun Perusahaan Sendiri

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya