Comscore Tracker

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di Februari

Ada ITZY hingga PIXY

Telah dimulai sejak tahun 90-an, KPop hingga kini telah mencapai generasi ke-4. Generasi terbaru dari perkembangan musik Korea ini terhitung dimulai sejak 2018. Setiap bulannya selalu ada grup baru yang memulai karier di industri hiburan Korea Selatan.

Walaupun debut musik KPop telah diminati banyak orang, tak sedikit deretan grup generasi ke-4 yang kesulitan berkembang di tengah masa sulit. Pandemik yang terjadi cukup mengganggu aktivitas para grup baru yang hendak mempromosikan karya sehingga tak sedikit yang terpaksa bubar. 

Meskipun banyak yang terhenti di tengah jalan, berikut tujuh grup generasi ke-4 yang masih bertahan hingga kini dan sama-sama memulai debutnya pada bulan Februari.

1. ITZY 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariITZY (twitter.com/ITZYofficial)

ITZY merupakan salah satu grup yang memulai debut pada tahun 2019. Grup bentukan JYP Entertainment ini akan merayakan debutnya yang ke-3 pada 12 Februari mendatang. 

Sejak awal telah mendapat banyak perhatian, ITZY memulai debutnya dengan lagu utama bertajuk "Dalla Dalla" yang dirilis pada paruh pertama 2019. Lewat lagu ini, ITZY meraih first win di acara musik setelah delapan hari memulai debut. Selama masa promosi, mereka berhasil mengantongi sembilan trofi acara musik atas lagu "Dalla Dalla."

Hampir tiga tahun debut, ITZY telah menghasilkan banyak lagu hits seperti "Wannabe", "Not Shy", "In the Morning" hingga "Loco" yang sukses diterima dengan baik oleh pecinta musik Korea. Hingga sekarang, grup yang beranggotakan lima gadis berbakat ini telah merilis dua single album, lima mini album serta masing-masing satu album studio dan album kompilasi.

2. DKB 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariDKB (instagram.com/official.dkb)

Jadi satu-satunya boy grup yang aktif di bawah naungan Brave Entertainment saat ini, DKB akan merayakan hari debutnya yang ke-2 pada 3 Februari nanti. Grup yang beranggotakan sembilan pemuda ini memulai debutnya dengan merilis mini album bertajuk "Youth" pada 3 Februari 2020. 

Meskipun hingga kini belum mengantongi trofi dari acara musik, DKB telah mengoleksi dua trofi dari acara penghargaan tahunan. Trofi pertama diperoleh dari Soribada Awards 2020 melalui kategori Next Artist Awards. Kemenangan ini didapat setelah DKB enam bulan debut. Trofi kedua sekaligus prestasi yang terbaru diraih lewat kategori AAA Focus (Singer) di acara Asia Artist Awards 2021 yang diadakan awal Desember tahun lalu.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik D1, Member Boy Group DKB yang Ulang Tahun ke-23

3. Cignature 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariCIGNATURE (instagram.com/cignature_j9)

Cignature merupakan girl group kedua yang dibentuk oleh C9 Entertainment. Grup ini akan merayakan hari debutnya yang ke-2 pada 4 Februari mendatang.

Aktif di industri musik Korea selama hampir dua tahun, Cignature telah merilis dua mini album berbahasa Korea. Albumnya yang paling baru dirilis pada akhir November 2021 dengan lagu "Boyfriend" dipilih sebagai title track

4. MCND 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariMCND (twitter.com/McndOfficial_)

MCND akan merayakan hari debutnya yang ke-2 pada 27 Februari mendatang. Grup termuda bentukan TOP Media Entertainment ini memulai debutnya pada tahun 2020 dengan merilis mini album "Into the Ice Age" yang lagu utamanya bertajuk "Ice Age." 

Selama hampir dua tahun debutnya, MCND telah merilis empat mini album. Para personelnya juga memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penulisan lirik hingga musik. Selain itu, MCND juga menjadi pelopor yang membawa konsep online fansign yang sering dilakukan oleh para artis Kpop sejak masa pandemi.

5. TRI.BE 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariTRI.BE (twitter.com/tribedaloca)

Baru debut tahun lalu, TRI.BE akan merayakan anniversary yang pertama pada 17 Februari mendatang. Selama hampir setahun ini, TRI.BE telah merilis dua single album dan sebuah mini album. Aktivitas terbaru, TRI.BE mengisi theme song kartun We Baby Bears yang dirilis pada 17 Desember 2021.

6. KINGDOM 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariKINGDOM (instagram.com/kingdom_gfent)

Sehari setelah TRI.BE, giliran Kingdom yang akan merayakan anniversary. Grup bentukan GF Entertainment ini merayakan hari debutnya yang pertama pada 18 Februari mendatang.

Meskipun baru berkarier selama hampir satu tahun, Kingdom telah merilis tiga mini album. Album pertamanya dirilis saat debut di Februari dan album ketiganya pada Oktober 2021. Aktivitas terbaru, Kingdom memenangkan trofi dari acara penghargaan tahunan Asia Artist Awards 2021 lewat kategori Focus Awards (Music).

7. PIXY 

7 Grup KPop Generasi Ke-4 yang Merayakan Debut Anniversary di FebruariPIXY (instagram.com/pixy_official_)

PIXY memulai debutnya dengan merilis single album bertajuk 'With My Wings" pada paruh pertama 2021. Grup ini akan merayakan anniversary yang pertama pada 24 Februari nanti. 

Selama hampir satu tahun debutnya, PIXY telah merilis sebuah single album dan dua mini album yang dirilis pada bulan Mei dan Oktober 2021. Aktivitas terbaru dari grup ini adalah merilis special digital single bertajuk "Call Me" pada Desember 2021.

Meskipun usia grupnya masih sangat muda, deretan grup ini telah melakukan yang terbaik di tengah kesulitan yang terjadi selama masa pandemi. Happy anniversary!

Baca Juga: 9 Lagu PIXY yang Wajib Masuk Playlist Kamu, Underrated!

Ria Agustiana P Photo Verified Writer Ria Agustiana P

This too, shall pass.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya