Comscore Tracker

Ngangenin! 8 Lagu Solo dan Kolaborasi GOT7 dengan Penyanyi Luar Negeri

Wajib masuk playlistmu, nih!

GOT7 menjadi salah satu boy group KPop yang memiliki karier gemilang meski telah berpisah. Lepas dari JYP Entertainment, kini usia mereka genap delapan tahun dan ketujuh member-nya telah bergabung dengan agensi baru yang memberi mereka kebebasan berkreasi. Buat kamu yang kangen GOT7, yuk, dengerin lagu-lagu terbaru mereka berikut ini.

1. "RiBBon" - BamBam

https://www.youtube.com/embed/-0xLZpERmoI

BamBam memilih untuk solo karier dan mengaku bahwa dirinya bisa lebih aktif mengekspresikan karya-karyanya di bawah naungan agensi barunya, Abyss Company. Idol berdarah Thailand ini bukan pertama kalinya debut solo. Namun, di bawah naungan agensi barunya tersebut BamBam merilis solo pertamanya dengan album dan singel utama bertajuk "riBBon".

Tidak hanya itu, dia juga menulis lima dari enam lagunya di album tersebut, lho. Di balik debutnya itu, BamBam dibantu oleh dua produser terkenal. Selain Earattack yang sebelumnya beberapa kali bekerja sama dengan Stray Kids hingga BTS, ada pula Murda Beats yang berkontribusi untuk dua lagunya yang bertajuk "Air" dan "Intro".

2. "Last Breath" - Mark Tuan

https://www.youtube.com/embed/vh8Wbv_tlOc

Selepas hengkang dari JYP Entertainment, Mark Tuan memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Los Angeles. Ia bergabung dengan Creative Artist Agency dan aktif merilis lagu berbahasa Inggris. Salah satu lagunya yang recommended banget untuk kamu dengerin adalah "Last Breath"

Lagu ini memiliki makna yang dalam. Mark bisa menyampaikan sisi emosional seorang lelaki yang sedang patah hati, karena terjebak dalam toxic relationship. Visualisasi video musiknya kental dengan suasana klasik khas Amerika, lho! 

3. "Love The Way" - Yugyeom

https://www.youtube.com/embed/0zyj27rPZLQ

Maknae GOT7, Yugyeom kini resmi bergabung dengan AOMG sebagai agensi barunya. AOMG sendiri merupakan agensi yang didirikan seniornya, Jay Park. Sebagai penari utama, Yugyeom selalu tampil memukau dengan street dance andalannya.

Lagu solonya "Love The Way" juga tersedia versi kolaborasinya bersama Jay Park dan Punchnello. Berbeda dari BamBam yang sering menunjukkan nuansa misterius dan dark, beberapa lagu Yugyeom lebih banyak menampilkan musik beat yang energic. 

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Yugyeom GOT7, Ini 9 Fakta Menarik DeVita

4. "Vibin" - Younjae

https://www.youtube.com/embed/_bG7boB0IgI

Main vocal GOT7, Younjae merilis album barunya Colors from Ars dengan lagu utamanya yang bertajuk "Vibin". Lagu ini menggambarkan perasaan seseorang ketika kasmaran dan Youngjae bisa mengekspresikannya dengan baik dalam video musiknya. Ia bahkan berkontribusi mengisi komposisi hingga aransemen lagunya tersebut.

Sementara itu, Youngjae juga banyak mengisi soundtrack drama. Di bawah naungan agensi barunya, Sublime Artist Agency, ia pun tidak hanya aktif bermusik. Baru-baru ini Youngjae didapuk sebagai pemeran utama dalam drama korea bertajuk Love and Wish, lho!

5. "Dive" - Jinyoung

https://www.youtube.com/embed/2WLtAOR5vlE

Selain Youngjae, Jinyoung sudah lebih dulu terjun ke dunia seni peran. Kini ia juga resmi bergabung dengan BH Entertainment. Meski sibuk berakting, sejauh ini Jinyoung tidak meninggalkan karier bernyanyinya. Beberapa waktu lalu ia pun merilis lagu barunya yang bertajuk "Dive".

Ia juga menulis lagunya sendiri, lho. Kerennya lagi, lagu ini vibes-nya positif abis! Maknanya sendiri bercerita tentang kepercayaan akan cinta, bakat, tumbuh, dan apa pun itu yang datang di kehidupan seseorang. 

6. "Pretty Please" - Jackson Wang ft. Galantis

https://www.youtube.com/embed/2EjxIQXBhlc

Selain Mark, Jackson sang rapper multitalenta juga tidak lagi aktif berkarier di Korea. Bahkan ia terang-terangan mengaku tidak bisa mempromosikan lagu-lagu solonya di Korea selama berada di bawah naungan JYP Entertainment dulu. Meski begitu, kedekatannya dengan banyak musisi global membuat namanya kian besar.

Beberapa musisi luar negeri yang pernah berkolaborasi dengannya, yaitu GoldLink, Higher Brothers, Swae Lee, Major Mazer, Galantis, dan masih banyak lagi. Salah satu lagu kolaborasi terbaiknya adalah "Pretty Please". Aransemen lagu hingga dance-nya bikin candu, deh!

7. "California (Remix)" - Jackson Wang ft. Rich Brian, Niki, Warren

https://www.youtube.com/embed/rrdy4oPFj2g

Di antara member GOT7 lainnya, Jackson memang yang paling sering berkolaborasi dengan penyanyi luar negeri. Beberapa kali pula Jackson bekerja sama dengan penyanyi asal Indonesia. Mulai dari Afgan, Stephanie Poetri, Niki, Warren Hue, hingga Rich Brian.

8. "BTW" - Jay B ft. Jay Park (Prod. Cha Cha Malone)

https://www.youtube.com/embed/cUAsTQUU3xk

Jay B, sang leader juga memutuskan melanjutkan kariernya sebagai solois. Ia merilis album solo pertamanya yang bertajuk SOMO: FUME di bawah naungan H1GHR Music, agensi yang juga didirikan oleh Jay Park. 

Salah satu lagunya, yakni B.T.W juga turut menampilkan kolaborasinya dengan Jay Park. Lagu tersebut diproduksi oleh Cha Cha Malone. Memiliki khas vokal yang merdu, ditambah dengan koreografi yang asik membuat lagu ini chill vibes abis! Mendengarnya saat santai juga bisa menaikkan mood-mu, lho!

Nah, jangan khawatir buat kamu yang masih kangen mereka. Para member GOT7 tetap kompak dan mendukung proyek satu sama lain. Ketujuh member juga tetap aktif merilis karya-karya baru mereka, kok, baik itu lewat lagu hingga drama korea. Kangenmu pasti terbayar, deh!

Ristiani Umayang Photo Verified Writer Ristiani Umayang

Logophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya