Comscore Tracker

Lama Vakum, 5 Grup KPop Generasi Kedua Ini Comeback Full Team di 2021

Sukses mengobati kerinduan penggemar

Grup KPop generasi kedua berperan penting dalam menyebarkan Korean Wave di berbagai negara. Tak heran, comeback mereka dalam formasi lengkap selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

Sukses mengobati kerinduan penggemar, berikut lima grup Kpop generasi kedua yang melangsungkan comeback di 2021. Yuk, intip daftarnya!

1. SHINee

https://www.youtube.com/embed/p6OoY6xneI0

Tahun 2021 menjadi waktu yang produktif bagi SHINee usai Onew, Key, dan Minho menyelesaikan wajib militer. Album Don't Call Me yang dirilis pada Februari 2021 menjadi comeback mereka setelah 2 tahun 6 bulan.

SHINee melanjutkan promosi untuk repackaged album bertajuk Atlantis dan merilis mini album Jepang pertama mereka, Superstar. Sementara itu, Taemin yang merupakan member termuda resmi memulai wajib militernya pada 31 Mei 2021. 

2. Highlight

https://www.youtube.com/embed/5Kdl9uOmj34

Highlight kembali menyapa penggemar lewat mini album ketiga dengan title track berjudul "Not the End" pada Mei 2021. Hiatus selama 2 tahun 6 bulan, repackaged album bertajuk Outro menjadi rilisan terakhir mereka pada 2018 lalu.

Ini merupakan pertama kalinya Highlight comeback setelah Junhyung resmi hengkang pada 2019. Kini keempat member, yaitu Doojoon, Yoseob, Gikwang, dan Dongwoon telah menyelesaikan tugas wajib militernya.

Baca Juga: 5 Nama Grup KPop yang Menggunakan Kata 'Pink', Punya Makna Khusus! 

3. 2PM

https://www.youtube.com/embed/-6aVQrzja9U

Pada Juni 2021, 2PM resmi comeback dengan album ketujuh bertajuk Must. Mereka aktif kembali setelah 5 tahun sejak perilisan album Gentlemen's Game. Grup yang sering mengusung konsep maskulin ini juga merilis mini album Jepang pertamanya yang berjudul With Me Again pada 29 September lalu.

Seperti yang diketahui, hanya Jun.K, Wooyoung. Chansung, Nichkhun, dan Junho yang memperpanjang kontrak dengan JYP Entertainment pada 2018. Meski Taecyeon tergabung di agensi yang berbeda, comeback kali ini membuktikan bahwa 2PM akan terus aktif dengan formasi lengkap.

4. 2AM

https://www.youtube.com/embed/EYHEFPmpi_Q

Setelah 7 tahun menunggu, 2AM akhirnya kembali merilis sederet lagu ballad yang menyentuh hati. Mini album bertajuk Ballad 21 F/W telah dirilis pada 1 November lalu membawa dua title track sekaligus, yaitu "Should've Known" dan "No Good in Good-Bye".

Memulai debutnya pada 2008, 2AM dikelola bersama oleh JYP dan Big Hit Entertainment hingga memutuskan untuk hiatus pada 2014. Comeback kali ini diproduksi oleh Culture Depot karena Changmin, Jokwon, Seulong, dan Jinwoon telah bernaung di agensi yang berbeda-beda.

5. T-ara

https://www.youtube.com/embed/nyGxdCivBig

Jadi pelepas rindu setelah empat tahun, T-ara baru saja merilis single album terbarunya berjudul Re:T-ara pada 15 November lalu. Single album ini terdiri dari dua lagu, yakni "Tiki Taka" sebagai title track dan "All Kill"

Sebelumnya pada Januari 2018, Qri, Eunjung, Hyomin, dan Jiyeon kompak hengkang dari MBK Entertainment yang telah membesarkan namanya. Alhasil untuk comeback kali ini, T-ara berkolaborasi dengan Dingo Music. 

Grup KPop generasi kedua di atas berhasil mempertahankan eksistensinya di industri musik. Comeback mereka pun disambut antusias oleh para penggemar. Siapa lagi grup generasi kedua yang paling kamu tunggu kabar comeback-nya?

Baca Juga: 8 Nama Grup KPop Ini Sama dengan Judul Lagu Milik Idol Lain 

Safia Sita Photo Verified Writer Safia Sita

Kdrama enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya