Comscore Tracker

Debut Tahun 2020, 6 Grup KPop Ini Raih Trofi Pertama dengan Cepat

Ada grup favoritmu?

Meski COVID-19 masih terus berlangsung, hal tersebut tak menyurutkan para agensi untuk mendebutkan grup asuhannya di tahun 2020. Jadi tahun yang cukup sulit, banyak grup yang baru debut kemudian bubar, tapi ada juga beberapa grup yang baru debut dan mendulang kesuksesan.

Berikut enam grup KPop tahun 2020 yang meraih kesuksesan di awal debut dengan meraih first win tercepat. Apakah salah satunya adalah grup favoritmu?

1. SSAK3

https://www.youtube.com/embed/lh6YUlzhPEg

SSAK3 adakah grup co-ed KPop yang terdiri dari Lee Hyori, Yoo Jae Suk, dan Rain. Dibentuk melalui acara MBC How Do You Play?, SSAK3 debut pada 25 Juli 2020.

Single debutnya yang berjudul "Beach Again" berhasil meraih first win hanya dalam waktu lima hari, dimana mereka mendapatkannya pada 30 Juli 2020 di program MCountdown. Meski telah bubar pada bulan Agustus 2020, SSAK3 tercatat sebagai grup co-ed dengan first win tercepat dalam sejarah KPop. 

2. Irene dan Seulgi Red Velvet

https://www.youtube.com/embed/Z3uWavE6-Q8

Irene dan Seulgi adalah grup sub-unit pertama dari Red Velvet. Mendapatkan antusiasme yang tinggi dari fans sejak merilis teaser pertama, duo grup ini debut dengan mini album berjudul Monster. Butuh waktu 11 hari sejak debut pada 6 Juli 2020, Irene dan Seulgi berhasil meraih first win pada 17 Juli 2020 di program Music Bank. 

3. aespa

https://www.youtube.com/embed/yQUU29NwNF4

Berasal dari "æ" (Avatar X Experience) dan "aspect", aespa debut pada 17 November 2020. Girl group baru besutan SM Entertainment ini berhasil meraih first win dalam waktu 61 hari lewat single debut "Black Mamba" di Inkigayo. Dengan pencapaian tersebut, aespa menjadi grup keempat SM Entertainment yang berhasil mendapat first win lewat lagu debut.

Baca Juga: 9 Grup dengan First Win Terlama Dalam Sejarah KPop, Ada NCT-U

4. CRAVITY

https://www.youtube.com/embed/lVdvm8C2Aa0

Creativity dan gravity atau CRAVITY adalah boy group besutan Starship Entertainment. Grup yang terdiri dari sembilan member ini debut pada 14 April 2020.

Mereka debut dengan lagu andalan berjudul "Break All The Rules". Tepat ke-140 hari debutnya, CRAVITY berhasil meraih trofi pertama di acara The Show dengan lagu "Flame". 

5. ENHYPEN

https://www.youtube.com/embed/LmhusdOwrBw

ENHYPEN adalah boy group yang dibentuk lewat ajang survival I-LAND. Peringkat 7 besar berhasil debut sebagai ENHYPEN pada 30 November 2020. Mereka debut dengan merilis mini album berjudul Border : Day One. Butuh waktu 155 hari, ENHYPEN mendapatkan first win di acara SBS MTV's The Show pada 4 Mei 2021 dengan lagu debutnya berjudul "Given-Taken". 

6. STAYC

https://www.youtube.com/embed/MrEno-auGMo

STAYC atau juga dikenal dengan 8HIGHUP adalah girl group yang debut pada 12 November 2020. Mereka debut dengan single "Star To A Young Culture".

Setelah menunggu selama 306 hari, STAYC berhasil meraih first win dengan lagu "Stereotype" pada 14 September 2021 di acara musik SBS The Show. Lagu "Stereotype" sendiri dirilis pada 6 September 2021.

Sukses selalu untuk grup rookie yang baru saja merayakan debutnya selama setahun di industri musik KPop ini. Kemenangan mereka di sejumlah acara musik pun menjadi salah satu modal awal untuk meluaskan kepopuleran mereka.

Baca Juga: RAK Hingga CAK. Yuk, Kenali 7 Istilah dalam Chart Musik Korea Selatan

Sherly Mis Photo Verified Writer Sherly Mis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya