5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!

Pekerjaan yang menjanjikan dan menarik tidak hanya PNS, lho

Mayoritas, orang beranggapan bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan mapan sehingga menjadi idaman semua kalangan. Namun yang menjadi masalah, posisi yang diperlukan dalam tataran pegawai negara terbilang cukup sedikit dengan persaingan yang cukup sengit. Untuk itu kamu bisa melirik prospek kerja yang tak kalah menjanjikan bagi kamu generasi milenial di masa mendatang. Simak apa saja.

1. Wirausaha

5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!ilustrasi pelaku wirausaha (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi wirausahawan merupakan langkah tepat untuk menciptakan lapangan pekerjaan di masa depan. Sebagian orang yang tidak lolos dalam pendaftaran PNS, akan memilih menjalankan dunia usaha mandiri atau yang dikenal dengan wirausaha. 

Dalam berwirausaha, tidak banyak tuntutan yang harus dimiliki. Cukup dengan keinginan yang besar dan tekad yang kuat semua orang mampu berwirausaha sesuai dengan model usaha masing-masing.

Dengan menjalankan wirausaha juga turut dalam membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia dalam sektor UMKM yang menjadi fokus kajian para pegawai pemerintah. Survei menunjukkan bahwa masa mendatang, apalagi ditambah hadirnya era digital akan semakin meningkatkan peluang kemudahan bagi para pelaku wirausaha, lho.

2. Makelar

5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!ilustrasi sales door to door (pexels.com/id-id/@linkedin)

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan bentuk kegiatan jual beli. Namun sayangnya, tidak semua orang berhasil dalam melakukan jual beli. Misalnya, dalam bentuk jual beli tanah, rumah, atau property lainnya. Maka dalam menunjang kesuksesan dalam jual beli, diperlukan adanya makelar yang menjadi perantara antara pedagang dengan calon pembeli.

Profesi makelar telah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dalam Pasal 62. Artinya, keberadaan makelar tidaklah menjadi hal yang bertentangan melihat profesi ini cukup membantu dalam proses jual beli. Tertarik untuk menjadi makelar profesional di masa mendatang? Jangan lupa untuk terus mengasah skill-mu, ya.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Rumah yang Aman Dilakukan bareng si Kecil

3. Marketer

5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!ilustrasi suasana di kantor (Pexels.com/ Sales Navigator)
dm-player

Tren dunia saat ini telah beralih ke dalam bentuk digital salah satunya dalam pemasaran suatu barang hasil produksi. Pemasaran dalam dunia digital terbukti sangat efektif dari segi waktu hingga akomodasi. Selain itu, produsen dapat menjangkau relasi dengan pembeli dengan sangat luas menggunakan pemasaran digital atau dikenal dengan online marketing.

Namun sayangnya, tidak semua orang mampu menjalankan tugas ini sehingga perlu adanya seorang marketer dalam pemasaran suatu produk. Ruang lingkup tugasnya, seorang marketer bertanggung jawab dalam menjalankan campaign yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen terhadap barang atau jasa yang dijual. Pekerjaan ini akan terus dibutuhkan mengingat prospek pemasaran yang selalu mengarah dalam dunia digital.

4. Influencer

5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!Ilustrasi influencer (Pexels/Pixabay)

Influencer merupakan orang yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi seseorang dalam hal keputusan pembelian. Seorang influencer merupakan bagian dari proses marketing tetapi hanya bertujuan untuk mempengaruhi audiens untuk membeli barang yang dipasarkan dalam media sosial.

Bagi kamu yang berkapasitas bisa memberi pengaruh bagi orang lain tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi influencer. Minat menjadi seorang influencer saat ini tergolong cukup tinggi, pasalnya mereka tidak terikat oleh waktu atau fleksibel dalam menjalankan aktivitasnya.

5. Graphic designer

5 Prospek Kerja Menjanjikan di Masa Mendatang Selain PNS!Ilustrasi Graphic Design (ciklopea.com)

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam hal desain grafis tidak sulit dalam mencari lowongan pekerjaan. Pasalnya, setiap komponen produksi atau luar produksi pastinya akan melibatkan pembuatan desain. 

Seorang graphic designer memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan seni komunikasi visual yang semula verbal dalam berbagai bentuk seperti ilustrasi, tipografi, fotografi sesuai dengan permintaan. Membuat desain bukanlah perkara yang mudah, sehingga orang yang mahir dalam hal desain prospek kariernya dapat dibilang cukup banyak. 

Sejatinya pekerjaan idaman bukanlah menjadi seorang PNS/ASN saja, banyak pekerjaan yang tidak terikat dengan aturan justru memiliki gaji yang cukup besar. Seperti halnya lima rekomendasi pekerjaan di atas. Bagaimana tertarik untuk mencoba? Jangan lupa untuk asah kemampuanmu, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Pekerjaan yang Dilakoni, Jangan Gampang Mengeluh

Nela Aprilia Rismilda Photo Writer Nela Aprilia Rismilda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya