Comscore Tracker

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!

Untuk menghindari kebangkrutan perusahaan

Pasang surut dalam dunia bisnis suatu hal yang biasa terjadi. Ada banyak permasalahan yang mengakibatkan bisnis terancam bangkrut, mulai dari masalah internal hingga masalah eksternal. Akan hal itulah, manajemen perubahan sangat penting diterapkan dalam dunia usaha, khususnya usaha yang kompleks.

Nah, ketika terjadi suatu permasalahan yang kompleks, dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menangani permasalahan tersebut. Yang pastinya tak sembarang orang yang bisa melakukannya.

Artikel kali ini mencoba menjelaskan lima keahlian seorang pemimpin yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan besar yang terjadi di suatu perusahaan. Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Jujur dan berani

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!rawpixel.com/ TeddyRawpixel

Ada kalanya seorang pemimpin mengetahui bahwa bisnis sedang lesu dan cashflow tak lancar, akan tetapi mencoba menutupi permasalahan tersebut supaya karyawan dan pemilik modal tidak merasa khawatir. Itu suatal hal yang ujung-ujungnya merugikan usaha tersebut nantinya.

Maka dari itu, dibutuhkan sosok pemimpin yang jujur, yang mampu berterusterang akan suatu masalah yang terjadi. Supaya masalah tersebut lebih cepat ditangani, tanpa menunda-nunda.

Selain itu, pemimpin pun harus memiliki sifat yang berani. Ia harus berani memecat karyawan yang menurutnya tak produktif lagi. Dan juga menghentikan segala hal yang tak produktif lainnya, seperti ekspansi yang tak menguntungkan dan merampingkan lemak-lemak yang merugikan perusahaan.

2. Membaca keadaan perusahaan

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!Pixabay.com/stevepb

Sosok pemimpin yang cerdas, sangat dibutuhkan untuk menangani perusahaan yang sedang kritis. Ia harus mampu membaca keadaan, yang nantinya menjadi solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi.

Ia harus jeli, variabel apa yang mengakibatkan timbulnya masalah di perusahaan tersebut. Pemimpim harus melihat hal fundamental perusahaan, seperti laporan keuangan, laporan penjualan, dan laporan pembelian. Dari situ bisa dilihat titik permasalahan yang terjadi.

3. Kemampuan mengelola kas

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!Pixabay.com/stevepb

Ketika permasalahan timbul karena arus kas tak sehat lagi, di situlah kredibilitas sosok pemimpin diuji. Ia harus mampu menyelesaikan permasalahan mendasar tersebut, yang pastinya dipenuhi resiko yang besar.

Sosok pemimpin harus teliti dalam pengambilan keputusan. Ia harus menuntukan cara yang radikal, supaya kas perusahaan mulai lancar kembali. Maka dari itu dalam permasalan ini, efisiensi menjadi pilihan yang wajib diterapkan. Tapi yang tersulit, bagian apa yang harus diefisiensikan?

Baca Juga: 7 Trik Presentasi yang Mengagumkan dari Para Pemimpin Sukses

4. Keahlian komunikasi

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!rawpixel.com

Ketika permalasahan perusahaan telah tersebar luas, seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik ke berbagai pihak yang mempertanyakannya. Dari situ, seorang pemimpin harus meyakinkan diri dalam mengatakan perkataannya, kalau dia mampu menangani permasalahan yang kompleks tersebut.

Mulai dari para pemegang saham, karyawan, dan media, harus dikomunikasikan dengan baik, dengan cara memberikan motivasi. Supaya citra perusahaan tetap bagus, tanpa menambah permasalahan karena kepanikan.

5. Mendengarkan

Bisnis Kritis, 5 Keahlian Pemimpin yang Dibutuhkan Demi Perubahan!rawpixel.com/Jira

Poin terakhir dan yang sangat penting iyalah, mendengarkan. Ada banyak pemimpin yang tidak memperdulikan solusi orang lain, khususnya para karyawannya. Padahal, permasalahan perusahaan, merupakan tanggung jawab seluruh di organisasi. Akan hal itulah, sosok pemimpin harus mampu memberikan partisipatif orang lain supaya menciptakan variatif penanganan dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks.

Ketika terjadi masalah di perusahaan, dibutuhkan sosok pemimpin yang memiliki keahlian yang telah dijelaskan di atas. Ada banyak perusahaan yang bangkrut karena tak mampunya sosok pemimpin tersebut menangani permasalahan tersebut. Namun ada juga perusahaan yang bangkit kembali, karena mengganti pemimpin yang benar-benar tahu akan titik permasalahan.

Baca Juga: 11 Tanda Kamu Berjiwa Pemimpin Meski Kelihatannya Tidak

Adliputra Photo Verified Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You