Comscore Tracker

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & Kompeten

Supaya kinerjamu juga semakin bertambah baik!

Ketika memasuki dunia kerja maka mau tak mau kamu pun harus bersikap selayaknya orang dewasa yang menjalankan pekerjaannya dengan baik. Dan secara perlahan kamu pun sebaiknya berusaha memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik, termasuk untuk menjadi sosok yang lebih profesional dan kompeten dalam bekerja.

Walaupun kelihatan sepele namun hal ini bisa menambah kualitas dirimu dalam karier lho, dan berikut adalah lima cara di antaranya. Jadi simak baik-baik ya!

1. Gak menunda-nunda pekerjaan sampai batas deadline

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & KompetenPexels.com/Andrea Piacquadio

Caranya yang pertama agar kamu menjadi lebih profesional dan kompeten dalam bekerja ialah dengan tidak sengaja menunda-nunda pekerjaan sampai batas deadline. Mungkin maksudmu adalah mengistirahatkan pikiran sebentar, akan tetapi kalau terus dilakukan maka bisa jadi kebiasaan untuk malas-malasan. Apalagi orang-orang juga bisa melihat tingkat kompetenmu dari hal itu lho.

2. Sigap kalau dimintai tolong sesuatu oleh atasan

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & KompetenPexels.com/Fauxels

Cara yang kedua kalau kamu mau menjadi lebih profesional dan kompeten dalam bekerja ialah dengan bersikap sigap ketika dimintai bantuan atau ditugaskan untuk suatu hal oleh atasan. Mampu dengan cepat mengerjakannya tanpa ada kesalahan, dengan begitu dia akan tahu kalau kamu memang benar-benar serius menguasai pekerjaan itu.

Baca Juga: 5 Keuntungan jika Kita Gak Mudah Mengeluh Soal Pekerjaan

3. Menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dari yang diharapkan

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & KompetenPexels.com/Rebrand Cities

Percaya atau tidak, setiap atasan pasti punya ekspektasi tersendiri pada bawahannya. Berharap agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tidak membuat kesalahan yang menambah beban. Maka dari itu cara ketiga untuk meningkatkan kualitas kerjamu bisa dilakukan dengan menyelesaikan pekerjaan melebihi ekspektasi atasan. Kamu jadi lebih profesional dan kompeten karena mampu mengerahkan segala kemampuanmu.

4. Performa kerjamu tidak terganggu oleh masalah pribadi

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & KompetenPexels.com/Fauxels

Kamu juga bisa meningkatkan profesionalitas dan tingkat kompetenmu dengan menjaga performa kerjamu yang tak terganggu dengan masalah pribadi. Kamu tidak menggabungkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan, yang mana hal ini tergolong sulit dilakukan. Namun jika kamu bisa melakukannya maka kamu memang sangat profesional dalam bekerja.

5. Kritik dan kesalahan menjadi pendorong untuk berubah jadi lebih baik

5 Cara Menaikkan Kualitas Kerjamu Menjadi Lebih Profesional & KompetenPexels.com/Fauxels

Kemudian caranya yang terakhir ialah dengan menjadikan kritik serta kesalahanmu sebagai pendorong untuk berubah jadi lebih baik. Tidak memasukkannya ke dalam hati dan membuatmu terpuruk, namun hal itu justru menambah semangatmu untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya. Jika terus melakukannya maka tentu tingkat kompetenmu akan meningkat.

Berusaha untuk menjadi lebih profesional dan kompeten dalam bekerja itu penting, dan kamu bisa memulainya dengan lima cara dalam pembahasan tadi.

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya