Comscore Tracker

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama Kerja

#IDNTimesLife Jaga kesanmu di mata rekan kerja & atasan

Suatu hal yang sangat patut disyukuri kalau kamu berhasil mendapatkan pekerjaan dan diterima kerja di suatu perusahaan, karena mencari pekerjaan itu sulit. Tapi terlepas dari kesenanganmu itu, patut diketahui kalau ada satu hal yang jangan pernah kamu lupakan ketika diterima bekerja di suatu tempat, yaitu first impression yang baik di hati pertama kerja.

Sebab first impression akan sangat mempengaruhi citramu selama bekerja di sana. Lalu bagaimanakah caranya membuat kesan pertama yang baik? Simak lima kuncinya dalam penbahasan ini.

1. Gak memakai pakaian dan barang-barang yang mencolok

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama KerjaIlustrasi rapat(pexels.com/Fauxels)

Entah itu mencolok dari segi style yang unik, atau dari segi harga yang merupakan barang dan pakaian branded. Hal ini demi menghindari adanya iri dan perasaan tidak suka dari senior, dan anggapan bahwa kamu orang yang sombong. Jadi pakailah yang biasa saja namun rapi dan sopan, ya.

2. Jika ada yang tidak kamu ketahui tanyakan pada rekan seumuran atau teman, jangan langsung tanya senior

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama KerjaIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

Bisa dibilang bahwa ini etika dan peraturan yang tak tertulis di dalam dunia kerja di hari pertamanya, yaitu dengan tidak langsung bertanya pada senior jika tidak mengetahui suatu hal.

Karena mungkin senior memiliki banyak pekerjaan sehingga pertanyaanmu bisa terkesan menganggu. Lebih baik tanyakan pada rekan kerja seumuran atau temanmu jika ada yang bekerja di sana juga.

Baca Juga: 6 Tips untuk Ciptakan First Impression yang Memikat, Gampang Banget!

3. Jangan langsung mengakui kalau tidak tahu suatu hal, tapi katakan kalau kamu akan segera mencari tahu hal tersebut

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama KerjaIlustrasi rekan kerja(pexels.com/August de Richelieu)

Kalau mau memberi kesan pertama yang baik maka kuncinya yang ketiga ialah, tidak langsung menjawab 'tidak tahu' jika ditanya atasan atau senior. Namun katakanlah bahwa kamu akan segera mencari tahunya. Hal ini memang sederhana, namun memberi kesan bahwa kamu tipe orang yang sigap mempelajari dan mencari tahu hal-hal yang tidak kamu tahu perihal pekerjaan.

4. Ajak bicara rekan kerja yang lain terlebih dulu ketika jam istirahat

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama KerjaIlustrasi ngobrol(pexels.com/August De Richelieu)

Jangan selalu mengharapkan bahwa dirimu bakal lebih dulu didekati oleh orang-orang di tempat kerja, apalagi jika kamu pegawai baru. Buatlah langkah berani untuk mendekati mereka dan ajak ngobrol ketika jam istirahat, terlebih jika itu di hari pertamamu bekerja.

Skill bersosial itu sangat penting dan hal ini juga akan memberi kesan bahwa kamu orang yang ramah dan mudah didekati, sehingga mereka juga gak ragu untuk mengakrabkan diri.

5. Datang tepat waktu dan pulang setelah semua pekerjaan selesai

5 Kunci untuk First Impression Terbaikmu di Hari Pertama KerjaIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perlu diingat satu hal ini, yaitu datanglah tepat waktu dan pulang ketika pekerjaan sudah selesai di hari pertamamu kerja. Kenapa? Karena hal ini menggambarkan sikap disiplin, yang mana memang salah satu kualitas diri yang disukai atasan.

Meski sudah jam pulang, jangan langsung pulang dan meninggalkan sisa pekerjaanmu di meja kerja dan lanjut mengerjakannya besok. Tapi duduklah lebih lama dan kerjakan sampai selesai, karena senior juga banyak yang seperti itu.

First impression sangatlah berpengaruh pada citramu selama bekerja, jadi buatlah kesan pertama terbaikmu dengan lima kunci tadi, ya! 

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya