Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia Kerja

Gak perlu takut untuk menunjukkan kemampuanmu!

Hidup ini memang bukanlah sebuah perlombaan, akan tetapi tak dapat dipungkiri pula bahwa terkadang kita harus bersaing dengan orang lain. Persaingan pun tidak hanya di masa sekolah atau lingkungan sekitar saja, akan tetapi juga bersaing di dunia kerja. Nah bicara mengenai dunia kerja, kita memang harus bergerak maju disana jika ingin bertahan dan berkembang.

Maka dari itu kamu sebenarnya gak perlu takut untuk bersaing dalam dunia kerja, lima alasan di bawah ini pun akan menjelaskannya. Simak dengan baik, ya!

1. Kariermu tidak akan maju jika tidak berani bersaing

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia KerjaPexels.com/Burst

Alasan pertama mengapa kamu harus berani bersaing dalam dunia kerja ialah karena kamu tidak akan maju jika begitu-begitu saja. Kamu pastinya gak mau kan kalau kariermu tidak punya perkembangan dan mentok begitu saja sampai tua? Maka dari itu kamu pun harus berani bersaing.

2. Selama bersaing dengan sehat, kamu tidak perlu takut

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia KerjaPexels.com/Fauxels

Alasannya yang kedua ialah, selama kamu bersaing dengan sehat dan suportif maka semestinya gak perlu takut untuk melakukannya. Karena bersaing dalam dunia kerja tidak sama dengan berperang, kamu hanya menantang diri sendiri untuk bergerak maju namun berjuang dengan rekan kerja lainnya.

3. Persaingan merupakan hal yang wajar dalam dunia kerja

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia KerjaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu yang baru memasuki dunia kerja mungkin tidak tahu hal ini, akan tetapi persaingan dalam dunia kerja sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Jika kamu memiliki kemampuan dan merasa siap maka tidak perlu takut melakukannya. Karena kesempatan dan peluang bagus di tempat kerja gak terjamin bakal datang dua kali, lho.

Baca Juga: 5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat Kerja

4. Orang lain tidak peduli jika kamu tertinggal

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia KerjaPexels.com/Fauxels

Kemudian alasannya yang keempat kenapa kamu haruslah berani bersaing ialah karena pada dasarnya orang lain tidak akan peduli jika kamu tertinggal, sementara mereka terus bergerak maju. Sebab yang hanya bisa menjaga dirimu tetap aman di dunia kerja yang keras hanyalah diri sendiri. Kamu tidak bisa berpaku pada zona nyaman atau bergantung pada orang lain.

5. Gak ada salahnya kok kalau kamu menguji kemampuan diri sendiri dengan bersaing

5 Alasan Kenapa Kamu Justru Harus Berani Bersaing dalam Dunia KerjaPexels.com/Retha Ferguson

Dan alasannya yang terakhir ialah gak ada salahnya kok kalau kamu bersaing dalam dunia kerja sebagai cara menguji kemampuan diri. Karena tanpa persaingan dan perjuangan, kamu tidak akan tahu bakal sampai mana kemampuanmu kan. Lagi pula dengan bersaing kamu pun bisa berkembang menjadi lebih baik.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa kamu justru harus berani bersaing dalam dunia kerja. Intinya, asal tetap bersaing dengan sehat dan suportif maka jangan pernah takut ya!

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Harus Selalu Sempurna di Tempat Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya