Comscore Tracker

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtua

Kerjanya jadi setengah hati dan gak semangat berkembang

Seorang anak memiliki hak untuk memilih jalan karier sendiri. Sebab, ketika tumbuh dewasa, sebagian besar waktu hidupnya akan habis untuk bekerja, sehingga akan berat jadinya kalau tidak bisa memilih pekerjaan sesuai yang diinginkan. 

Namun, tidak semua orangtua memahami hal ini, sehingga tak jarang sang anak dipaksa bekerja di bidang yang mereka pilih. Memang benar bahwa niat orangtua melakukan itu ialah untuk kebaikan anak, tapi sebenarnya di balik itu ada dampak buruknya yang bersifat jangka panjang pada diri anak. Berikut adalah beberapa dampak buruknya. 

1. Kerjanya setengah hati

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtuailustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengerjakan sesuatu yang bukan pilihan dan keinginan kita pasti bakal membosankan banget. Termasuk jika bekerja di bidang pilihan orangtua. Bekerja jadi gak bisa sepenuh hati dan sungguh-sungguh. 

Dampak buruknya kamu jadi cenderung malas, sengaja menunda-nunda, dan tidak semengat dalam bekerja. Percayalah bahwa bekerja seperti ini tidak ada happy-nya sama sekali, yang ada malah bosan dan ingin cepat-cepat pulang setiap hari. 

2. Gak punya motivasi untuk berkembang

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtuailustrasi kerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Selain bikin anak kerja setengah hati, dampak buruk lainnya adalah ia jadi tidak punya motivasi untuk berkembang. Karena motivasi untuk berkembang dalam karier biasanya disadari oleh seberapa passionate dan ambisius kita dalam bekerja. 

Sehingga wajar saja jika anak jadi tak ada motivasinya untuk berkembang kalau ia bekerja di bidang pilihan orangtua. Risiko terburuknya, selama apapun ia bekerja di bidang itu tak akan ada peningkatan apapun alias stuck sampai pensiun. 

Baca Juga: 5 Strategi Agar Karier Tetap Stabil di Masa PHK Besar-besaran, Catat!

3. Lama-lama tertekan dan stres

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtuailustrasi stres (pexels.com/Anthony Shkraba)

Bekerja di bidang yang bukan keinginan sendiri bisa bikin tertekan karena beban kerja jadi terasa lebih berat. Biasanya terjadi pada anak yang terpaksa mengikuti keinginan orangtuanya untuk bekerja di bidang yang mereka pilih. 

Dipaksa berbakti dengan menurut, padahal anak sendirilah yang kesusahan dalam menjalaninya. Jadinya malah stres dan tertekan batin, terutama kalau sang anak punya impian sendiri tapi terpaksa melepasnya demi menuruti orangtua. 

4. Menyalahkan orangtua jika gagal

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtuailustrasi orangtua (pexels.com/RODNAE Productions)

Dampak buruk yang fatal jika memaksa anak kerja di bidang pilihan orangtua ialah dia jadi menyalahkan orangtuanya jika gagal. Jika kariernya tak berjalan sesuai bayangan dan membuatnya jatuh, itu akan menjadi titik terendah dalam hidupnya. 

Bahwa ia sudah berkorban dengan mengikuti keinginan orangtua dan menjalani pekerjaan yang tak ia inginkan tapi malah gagal. Waktunya yang terbuang sia-sia bisa membuatnya jadi membenci dan menyalahkan orangtua karena sejak awal ia memaksakan diri melakukannya. 

5. Hidupnya terasa hampa dan jauh dari kebahagiaan

5 Dampak Negatif jika Anak Dipaksa Kerja di Bidang Pilihan Orangtuailustrasi melamun (pexels.com/RODNAE Productions)

Orangtua yang ingin anaknya bekerja di bidang pilihannya berpikir bahwa itu demi kebaikan si anak, bahwa hidup anaknya mungkin bakal lebih terjamin dan maju kariernya. Akan tetapi yang namanya hidup bukan hanya tentang kesuksesan dan kemapanan saja. 

Karena hal itu sama sekali bukan jaminan bahwa hidup anak akan bahagia dan penuh semangat. Malah dampak buruknya kalau memaksa anak bekerja di bidang yang bukan pilihannya bisa membuatnya kehilangan semangat hidup, jadi cenderung hampa dan tak merasa berarti. 

Intinya, orangtua boleh-boleh saja kalau mau menyarankan anak bekerja di bidang tertentu. Akan tetapi jangan sampai memaksanya karena hal itu bisa membuatnya stres dan berdampak buruk ke depannya. 

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Ambisius yang Rela Pertaruhkan Segalanya Demi Karier

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya