Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerja

Dekat dan akrablah dengan mereka sekedarnya saja 

Memiliki teman seperjuangan di tempat kerja yang mengejar karier di bidang yang sama tentu menyenangkan, yang mana kalian bisa saling menguatkan dan memberi support pada satu sama lain.

Akan tetapi terlepas daripada hal itu kamu juga tidak boleh lupa bahwa pada dasarnya dunia kerja dipenuhi persaingan, mulai dari yang bersaing secara suportif hingga yang rela berbuat curang demi mengalahkan yang lain. Sehingga dalam menjalin kedekatan dengan rekan kerja pun mestinya kamu berhati-hati. Begitu juga dalam mempercayai mereka, bahkan kalau bisa jaga jaraklah sebisanya.

Kenapa? Simak lima alasan beserta penjelasannya di bawah ini.

1. Agar profesionalitasmu tak terganggu 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerjailustrasi diskusi (pexels.com/Fauxels)

Alasannya yang pertama kenapa kamu sebaiknya tidak terlalu dekat dan mempercayai rekan kerja ialah, hal itu diperlukan agar profesionalitasmu tak terganggu. Kita tahu sendiri bahwa ada banyak situasi yang terjadi di tempat kerja. Mulai dari tiba-tiba ditugaskan untuk bekerja di tim yang berbeda, menggantikan posisi seseorang di jabatan tertentu, hingga harus bersikap profesional dalam menangani persoalan kerja.

Semua hal itu membutuhkan profesionalitas yang tinggi, yang mana akan sulit dilakukan jika kamu terlalu dekat dan percaya dengan rekan kerjamu. 

2. Pada dasarnya tempat kerja dipenuhi oleh persaingan 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerjailustrasi persaingan (pexels.com/Werner Pfennig)

Alasannya yang kedua cukup logis, yang mana kamu sendiri pun tahu bahwa pada dasarnya tempat kerja dipenuhi oleh persaingan ketat. Kamu tidak hanya bersaing dengan mereka yang tidak kamu kenal, akan tetapi terkadang juga bersaing dengan teman dan rekan kerjamu sendiri.

Kalau kamu terlalu dekat dan terikat dengan mereka, bisa-bisa kamu mengalah dan memilih untuk memberikan kesempatan pada mereka. Itulah risikonya kalau terlalu dekat, di hatimu bisa timbul perasaan iba dan empati yang sebenarnya tidak perlu. 

3. Berbahaya karena mereka bisa menemukan celah untuk menjatuhkanmu 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerjailustrasi melirik (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sejatinya, tidak ada satu orang pun yang kamu kenal sepenuhnya di dunia ini, karena siapa saja bisa memakai topeng dan berpura-pura. Begitu juga dengan rekan kerjamu yang bisa saja berpura-pura baik ketika mendekatimu, dan ketika kalian akrab maka ia pun mulai mencari celah kelemahanmu untuk dia kalahkan.

Untuk bertahan di dunia kerja kamu berhati-hati dengan tipe orang seperti ini, dan salah satu caranya ialah dengan menjaga jarak, jangan terlalu dekat dan percaya pada mereka. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja Bossy yang Menyebalkan, Harus Tegas!

4. Menjaga diri agar tidak dimanfaatkan 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerjailustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Tidak hanya di tempat kerja, dimana pun kita berada pasti ada tipe orang suka sekali memanfaatkan orang lain. Dan dengan tidak terlalu dekat dan percaya dengan rekan kerja akan menjaga dirimu dari tipe orang seperti itu. Supaya kamu tidak dianggap lemah dan bisa dimanfaatkan sesuka hati mereka, karena gak sedikit orang menggunakan alasan pertemanan atau kedekatan untuk bisa memanfaatkanmu demi keuntungannya. 

5. Kedekatan yang tidak perlu sebaiknya dihindari agar tidak menghambat kariermu 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Terlalu Dekat dan Percaya Rekan Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Rebrand Cities)

Alasan kelima ialah, kedekatan yang tidak perlu sebaiknya dihindari agar tidak menghambat kariermu. Supaya orang-orang tidak memintamu mengalah saat bersaing demi keuntungan mereka, agar kamu bisa bersikap objektif dalam menilai hasil kerja mereka, dan agar kariermu tidak dihambat oleh mereka yang merasa lebih berhak maju dibanding dirimu. Sebab meskipun kamunya tulus, tidak ada jaminan bahwa rekan kerja yang dekat denganmu juga mempunyai ketulusan yang sama dan tidak iri padamu. 

Intinya, dekat dan peganglah kepercayaan dengan rekan kerjamu sewajarnya saja. Semua itu demi terhindar dari hal-hal buruk dan menjaga kariermu sendiri ke depannya. 

Baca Juga: 5 Tips agar Disegani Rekan Kerja di Kantor, Kamu Harus Tahu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya