Comscore Tracker

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan Hilang

Kamu merasa apa yang kamu kerjakan kurang memiliki arti

Apa pun hal yang kita lakukan dan jalani dalam waktu yang lama, entah itu hubungan, pekerjaan atau kegiatan jenis lainnya pasti ada masa dimana rasa bosan atau hilang semangat datang. Lalu bagaimana jika kamu malah merasa kehilangan semangat dalam melakukan pekerjaan?

Nah untuk bisa mengembalikan semangatmu, tentu kamu harus mencari tahu dulu hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkan semangat kerjamu perlahan-lahan menghilang. Lima di antaranya akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini, jadi simak ya!

1. Sudah mencapai semua target

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan HilangPexels.com/Kaboompics.com

Hal pertama yang mungkin jadi penyebab semangat kerjamu perlahan-lahan hilang ialah karena kamu sudah mencapai semua target yang ingin kamu raih. Memang tak dapat dipungkiri bahwa saat tidak ada yang kita tuju, semangat pun berkurang. Tapi sebenarnya gak perlu terlalu kamu pikirkan, kamu hanya harus istirahat dan pelan-pelan menentukan target pencapaian yang baru.

2. Tidak merasa benar-benar bahagia

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan HilangPexels.com/Andrea Piacquadio

Semangat kerja menurun juga bisa disebabkan oleh tidak adanya perasaan bahagia saat kamu bekerja. Semakin lama kamu bekerja, perasaan senang dan asyik itu malah menghilang. Jadi kamu pun tidak menikmati waktu yang kamu habiskan dalam bekerja, makanya pelan-pelan semangatmu menghilang.

3. Kehilangan waktu untuk bersama orang-orang tersayang

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan HilangPexels.com/Ketut Subiyanto

Ketiga, hal yang menyebabkan perlahan-lahan semangatmu hilang ialah karena kamu sudah kehilangan waktu untuk bersama orang-orang tersayang, baik itu keluarga atau juga sahabat. Dalam hati sebenarnya kamu memendam rindu untuk bisa kembali seperti dulu sebelum sesibuk sekarang karena pekerjaan.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan untuk Kamu yang Punya Skill Nulis & Menggambar

4. Kehilangan jati diri

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan HilangPexels.com/Fauxels

Pekerjaan itu kegiatan rutin yang dilakukan orang dewasa setiap hari, dan kita semua tahu bahwa tidak semua orang beruntung untuk bisa bekerja sesuai passion. Dan melakukan pekerjaan yang tidak sesuai passion tentu bisa berakibat buruk pada diri seseorang hingga membuatnya kehilangan jati diri.

5. Terlalu lelah dan memaksakan diri untuk terus bekerja

Hampa, 5 Hal Ini Menyebabkan Semangat Kerjamu Perlahan-lahan HilangPexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, semangat kerjamu perlahan-lahan hilang mungkin karena kamu sudah terlalu lelah dengan pekerjaan itu dan memaksakan diri untuk bertahan selama ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh beban kerjamu yang berat, jadwal yang padat hingga waktu bekerja yang melebihi batas normal. 

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab semangat kerjamu perlahan-lahan menghilang, dan lima di atas adalah beberapa di antaranya. Intinya kalau kamu tidak kuat pikirkanlah untuk resign atau pindah kerja, atau istirahatkan diri sebentar dengan pergi liburan ya.

Baca Juga: 8 Pilihan Pekerjaan Sampingan yang Cocok Buat Kamu Orang Introvert

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya