Comscore Tracker

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin Arogan

Bukan memimpin, tapi dia berkuasa

Meski pada dasarnya kita semua tahu seperti apa tipe atasan atau pemimpin yang baik, namun kenyataannya ada banyak sekali macam-macam tipe atasan di dalam dunia kerja. Ada yang perfeksionis, friendly, atau bahkan atasan bertipe arogan.

Nah, biasanya atasan yang arogan akan diikuti oleh sikap-sikap buruk pada caranya dalam memimpin, seperti apa sajakah itu? penjelasan lebih lanjutnya ada dalam pembahasan di bawah ini, simak ya!

1. Membentak-bentak jika menemukan kesalahan

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin AroganPexels.com/August De Richelieu

Sikap buruk pertama yang sangat menunjukkan kalau atasanmu merupakan sosok yang arogan adalah ketika dia membentak-bentak para anggota atau anak buahnya jika menemukan kesalahan. Sebab pemimpin yang bijak seharusnya tidak emosional seperti itu, perilaku seperti ini terbilang sangat kasar apalagi kalau dilakukan di depan umum.

2. Meninggikan pendapat sendiri dibanding milik orang lain yang sebenarnya lebih bagus darinya

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin AroganPexels.com/August De Richelieu

Jika atasanmu suka meninggi-ninggikan pendapatnya sendiri dibanding yang lain maka itu menunjukkan kalau dia sosok yang arogan. Karena dia tidak ingin kalah dari lain, dan merasa bahwa pemikirannya adalah yang terbaik meski mungkin kenyataannya orang lain justru lebih baik dari dia.

3. Memotong penjelasan sesuka hati saat rapat

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin AroganPexels.com/Retha Ferguson

Sikap buruk lainnya yang menggambarkan kalau atasanmu seorang arogan ialah jika dia suka memotong perkataan orang sesuka hati saat sedang rapat. Sikapnya itu tergolong kasar karena tidak menghargai orang lain yang sedang bicara, meski dia atasan namun seharusnya dia tidak berlaku seperti itu kan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sebenarnya Sosok yang Arogan, Yuk Berkaca Diri!

4. Sangat bossy dan suka memerintah bak seorang raja

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin AroganPexels.com/Jonathan Borba

Seorang atasan yang arogan juga bisa dilihat dari sikap-sikapnya seperti suka memerintah bawahan seperti selayaknya seorang raja. Biasanya memerintah yang seperti ini juga bakal diikuti oleh nada suara yang bossy, dan perintahnya bersifat mutlak alias anak buahnya harus menurut.

5. Tidak pernah mengakui kesalahan sendiri dan selalu mengelak

5 Sikap Buruk yang Tunjukkan Seseorang adalah Pemimpin AroganPexels.com/August de Richelieu

Lalu, selalu mengelak dan gak pernah mau mengakui kesalahannya sendiri juga merupakan sikap buruk dari pemimpin atau atasan yang arogan. Malahan mungkin dia bakal marah jika ada yang menyebutnya salah, sebab baginya dialah yang paling hebat dan tak ada yang boleh merendahkan atau menganggapnya buruk.

Apakah bosmu menunjukkan sikap-sikap buruk yang menandakan dirinya sosok arogan. Kalau kamu masih sanggup bekerja bersamanya maka bertahanlah, namun jika rasanya sikap arogannya membuatmu tertekan maka resign saja. Karena bekerja pasti tidak nyaman bersama atasan yang seperti itu, kan.

Baca Juga: 5 Sisi Kelebihan dan Kekurangannya kalau Jadi Pemimpin yang Friendly

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya