Comscore Tracker

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxic

Bertahan di sana hanya akan membuatmu stres #IDNTimesLife

Kalau bicara soal dunia kerja, rasanya untung-untungan bagi setiap orang untuk bisa bekerja di tempat yang baik. Karena dengan persaingan yang ketat serta sedikitnya peluang, bisa diterima dan mempunyai pekerjaan tetap saja rasanya sudah patut disyukuri.

Akan tetapi kalau terus bertahan di tempat kerja yang toxic dan tidak sehat sepertinya bukan keputusan yang tepat juga, apalagi jika di tempat kerjamu terdapat lima hal ini yang mana membuktikan bahwa di sana sudah benar-benar toxic mending segera resign saja dan mencari tempat kerja baru.

Untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasannya di bawah ini. Supaya kamu gak terus-terusan bertahan di tempat kerja toxic hingga stres sendiri.

1. Adanya persaingan tidak sehat untuk memperebutkan jabatan

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxicilustrasi persaingan (pexels.com/Werner Pfennig)

Persaingan yang tidak sehat demi memperebutkan jabatan adalah hal pertama yang membuktikan kalau tempat kerjamu benar-benar toxic. Yang mana hal itu membuatmu berada di tengah-tengah persaingan ketat dengan rekan kerja kalau mau naik jabatan, saling sikut dan menjatuhkan dengan yang lain, bukankah kalau bertahan di sana bisa-bisa kamu ikutan jadi toxic?

Padahal akan lebih baik jika bersaing dengan sehat dan suportif, jadi menang atau kalahnya dalam persaingan di tempat kerja tidak menimbulkan dendam dan bisa diterima dengan lapang dada.

2. Saling mencari celah untuk menjatuhkan satu sama lain

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxicilustrasi tempat kerja (pexels.com/Fauxels)

Jika di tempat kerjamu ada perlakuan seperti saling mencari celah untuk menjatuhkan satu sama lain, maka itu juga membuktikan kalau tempat kerjamu benar-benar toxic.

Yang mana baik kamu ataupun rekan kerja lainnya jadi saling menjaga jarak agar kelemahan satu sama lain tidak diketahui, dan meskipun kamu tidak ikut-ikutan seperti itu, rekan kerjamulah yang nantinya bahaya karena bisa menjatuhkanmu kapan saja jika ada celah. Akibatnya fokus kerjamu jadi terganggu dan dipenuhi perasaan tertekan untuk selalu menjaga diri.

3. Perlakuan tidak adil atasan yang harus dimaklumi

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxicilustrasi kerja (pexels.com/Jonathan Borba)

Tempat kerjamu terbilang sangat toxic jika di saat atasan memperlakukanmu atau pekerja lain secara tidak adil tapi malah harus pasrah dan memaklumi sikapnya. Hal seperti ini tidak semestinya terjadi di tempat kerja.

Memang benar bahwa yang memegang kuasa tertinggi di tempat kerja adalah atasan, namun sebagai atasan pun sebenarnya harus mematuhi aturan tentang bagaimana memimpin dan memperlakukan pegawainya. Ada hal-hal yang jika dilanggar mestinya bisa dituntut oleh pegawai atas perlakuannya, jadi jangan bertahan dan menerima perlakuan buruknya terus menerus, ya!

Baca Juga: 5 Etika saat Hendak Resign Dari Perusahaan, Yuk Jaga Nama Baik Diri!

4. Diskriminasi yang jelas antara pegawai cowok dan cewek

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxicilustrasi kerja (pexels.com/August de Richelieu)

Perlakuan seperti itu mestinya dihapuskan. Diskriminasi seperti ini biasanya hanya menguntungkan satu pihak saja dan umumnya berlaku pada pegawai pria yang banyak mendapat kemudahan dalam kariernya namun berlaku sebaliknya untuk wanita.

Padahal kalau dipikir dengan akal sehat, hasil kerja pria dan wanita sebenarnya sama saja bahkan bisa dibilang pantas untuk bersaing. Jadi kalau hal ini terus berlanjut lebih baik kamu segera resign saja dari sana, karena kamu tidak akan bisa maju jika terus dibeda-bedakan seperti itu.

5. Diperlakukan seperti budak kerja

Segera Resign! 5 Hal Ini Membuktikan Tempat Kerjamu Benar-benar Toxicilustrasi wanita pasrah (pexels.com/Yan Krukov)

Toxicnya tempat kerjamu juga terlihat dari bagaimana dirimu yang diperlakukan bagai budak kerja selama di sana. Diberikan beban kerja yang melebihi batas normal, dituntut untuk lembur tanpa bayaran yang sepadan, dan diwajibkannya dedikasi dan loyalitas penuh selama bekerja.

Tenaga dan pikiranmu benar-benar diperas hingga mungkin rasanya sangat melelahkan setiap kali pulang kerja. Hal ini sebenarnya tidak boleh dianggap wajar, kamu pun juga tidak boleh asal menurut saja. Sebab di dunia kerja ada aturan yang mengatur bahwa setiap pekerja berhak mendapat perlakuan manusiawi saat dipekerjakan, bukan malah dijadikan budak kerja.

Intinya, kalau lima hal tadi ada di tempat kerjamu jangan ragu untuk segera berhenti, ya! Karena sudah tergolong sangat toxic dan tidak baik lagi untuk mental ataupun pikiranmu. Kamu memang butuh pekerjaan untuk bisa bertahan hidup, akan tetapi bukan malah menyiksa diri dengan bertahan di tempat kerja yang tidak baik.

Baca Juga: 5 Tips Memberikan Saran terhadap Rekan Kerja dengan Sopan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya