Comscore Tracker

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!

Demi kehidupan yang lebih baik dan seimbang

Kesehatan menjadi isu penting di tengah pandemik COVID-19 yang masih berjalan. Tuntutan kebutuhan yang begitu besar memaksa seseorang untuk terus bekerja keras. 

Padahal, bekerja secara terus-menerus itu tidak baik, lho. Untuk menjaga kualitas hidup agar tetap maksimal, perlu adanya work life balance.

Work life balance merupakan kondisi di mana seseorang membagi secara seimbang antara kegiatan pekerjaan dan luar pekerjaan. Keseimbangan antara keduanya sangatlah penting bagi para pekerja. Sayangnya, hal itu masih sering diabaikan.

1. Menjaga kesehatan mental dan fisik

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!Ilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/doTERRA International,LLC)

Bekerja secara terus-menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisikmu. Beberapa penyakit seperti gangguan psikologi, pencernaan, jantung, hingga hipertensi dapat muncul akibat tubuh yang kamu paksa untuk bekerja tanpa henti.

Tubuh kita juga ada batasnya, lho. Untuk itu, menerapkan work life balance dapat membantumu mengurangi stres dan kelelahan di tempat kerja.

2. Mengurangi kejenuhan saat bekerja

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!Ilustrasi bosan bekerja (Pixabay.com/magnetme)

Titik kejenuhan pasti akan muncul ketika suatu hal kita lakukan secara berulang-ulang. Kondisi ini menjadi salah satu hal krusial yang terjadi di tempat kerja. Alhasil, target kerja tidak tercapai secara maksimal.

Perlu adanya selingan untuk me-refresh kembali tubuh dan pikiranmu. Kamu bisa melakukan liburan, berkumpul dengan keluarga, atau bermain game untuk menjadi alternatif menjaga work life balance.

3. Meningkatkan produktivitas

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!Ilustrasi ajakan tetap produktif (Unsplash.com/Andreas Klassen)

Ketika kondisi tubuh dan pikiranmu sehat, maka otomatis konsentrasi dan fokus akan lebih terjaga. Hal ini mengakibatkan produktivitas semakin meningkat, lho.

Selain itu, ketika kamu memiliki banyak waktu di luar urusan pekerjaan, maka bekerja akan lebih bersemangat. Motivasi untuk bekerja tersebut juga meningkatkan produktivitasmu.

Baca Juga: 5 Tips Work Life Balance Saat Kembali WFO di Masa Pandemik

4. Mencegah timbulnya berbagai penyakit

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!Ilustrasi sedang tidur (Unsplash.com/Kelly Sikkema)

Bekerja secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit.Banyak waktu tersita untuk melakukan pekerjaan, sehingga melupakan kewajiban menjaga kesehatan tubuh.

Munculnya penyakit malah akan menghambat aktivitasmu. Seseorang yang merasa bahagia dan tanpa tekanan dalam hidupnya cenderung tidak mengembangkan penyakit di tubuhnya. Untuk itu, tetap perhatikan jam kerjamu dengan tetap beristirahat.

5. Merekatkan hubungan dengan keluarga dan teman

5 Alasan Penting Work Life Balance bagi Pekerja, Jangan Diabaikan!Ilustrasi persahabatan (Pixabay.com/Dimhou)

Sebagai makhluk sosial, kamu juga butuh berinteraksi dengan orang lain. Orang yang terlalu berkutat dengan pekerjaan sering melupakan bahwa mereka juga bagian dari makhluk sosial ini.

Work life balance penting kamu lakukan untuk menjaga hubungan dengan orang-orang di sekitarmu, seperti keluarga dan teman. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti berlibur, makan, menonton film, dan kegiatan sosial lainnya yang bisa meningkatkan interaksimu.

Berbagai role dan tanggung jawab harus siap kamu perankan, entah sebagai pekerja, orangtua, pasangan, maupun teman. Dalam menjalankan hal ini perlu kita terapkan work life balance agar siklus kehidupan kamu bisa seimbang. Work life balance penting kamu lakukan dalam kehidupanmu secara berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Batasan di Dunia Kerja untuk Work-Life Balance

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Never stop to learn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya