Comscore Tracker

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!

Bisa pilih pelatihan sesuai keinginan

Salah satu program bermanfaat yang disediakan pemerintah yakni Balai Latihan kerja yang umumnya terdapat di setiap kota. Kamu tak perlu ragu untuk mengikuti pelatihan ini. Meski mayoritas di isi oleh lulusan sekolah menengah, tak menutup kemungkinan jika kamu yang baru lulus kuliah dan sedang menunggu momen wisuda bisa mengikuti pelatihan yang tersedia di Balai Latihan Kerja. Mulai dari pelatihan administrasi, keterampilan menjahit hingga bidang teknik

Mendapatkan tambahan keterampilan dan teman baru sudah pasti akan kamu temui. Selain itu lima hal lain berikut bisa membuat kamu mempertimbangkan untuk mengikuti di balai latiha kerja. Apa saja?

1. Menjembatani untuk mencari pekerjaan

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!wfglobal.org

Setiap Balai Latihan Kerja memiliki koneksi dengan beberapa perusahaan terkemuka. Sehingga jika terdapat tenaga yang berkualitas, pihak BLK akan mengonfirmasi apakah tenaga yang dibutuhkan tersedia atau tidak. Keuntungannya, kamu tak perlu mendaftar perusahaan secara random seusai lulus pelatihan nantinya karena cukup mendaftar pada perusahaan yang direferensikan. 

2. Bisa pilih pelatihan kompetensi

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!thehindu.com

Ketika memutuskan untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja, kamu tak perlu menyesuaikan dengan jurusan yang sebelumnya sudah kamu tekuni. Di BLK semua pelatihan akan dimulai dari dasar. Misal, jika kamu berasal dari SMK jurusan otomotif, sedangkan kamu berminat untuk mengikuti pelatihan di bidang administasi perkantoran tentu saja diperbolehkan.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia 

3. Peserta pelatihan terbatas

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!payyourintern.com

Karena peserta pelatihannya terbatas, kamu bisa tanya lebih langsung pada mentor yang menangani pelatihanmu. Sekilas mirip dengan les privat. Peserta yang terbatas di setiap kelasnya bertujuan untuk membuat kamu lebih banyak menyerap materi. Selain itu, jangka waktunya juga terbatas yakni maksimal berkisar antara 3 hingga 6 bulan, jadi maksimalkan pelatihan yang kamu dapatkan selama jangka waktu tersebut.

4. Mendapat sertifikat kompetensi

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!Pixabay.com/rawpixel

Ketika lulus nanti, kamu akan diberi sertifikat pelatihan. Sekilas sertifikat yang diberikan mirip dengan ijazah karena memuat nilai dari pelatihan yang kamu ikuti selama ini. Sertifikat ini bisa menjadi bukti kalau kamu sudah berkompetensi dan pernah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja dan lebih meyakinkan perusahaan yang kamu tuju ketika melamar pekerjaan. 

5. Pelatihannya gratis

5 Keuntungan Ikut Pelatihan di Balai Latihan Kerja, Boleh Dicoba lho!qarevolution.com

Tak kalah pentingnya, pelatihan ini bebas biaya. Mulai dari pendaftaran hingga lulus nanti. Bahkan mendapatkan seragam kamu tak perlu merogoh keuanganmu. Mungkin hanya beberapa seragam tertentu yang mengharuskan kamu menggunakan biaya sendiri. Namun jika selama pelatihan, semua akan diberikan secara gratis. Asyik kan?

Bagaimana, dengan manfaat di atas apakah kamu akan mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja? Selagi muda, yuk gali ilmu sebanyak-banyak agar wawasanmu semakin luas!

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Mengikuti Management Trainee

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You