Comscore Tracker

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas 

Hidup kamu akan lebih terfokus dan memiliki arah

Pasti kamu sudah sering banget mendengar hal ini, skala prioritas. Ya, skala prioritas merupakan kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang. Dengan adanya skala prioritas kamu memiliki tujuan serta arah yang jelas saat menjalani hidup. Selain itu berikut ini 7 pentingnya nilai skala prioritas yang wajib kita miliki.

1. Skala prioritas adalah dasar dari segala tindakan

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas unsplash.com/Carli Nicole

Ketika menjalankan rutinitas kita pasti membedakan apa yang harus terlebih dahulu dikerjakan dan mana yang bisa di nomor duakan. Nah, inilah pentignya skala prioritas yang pertama. Skala prioritas adalah dasar dari segala tindakan yang akan kamu kerjakan. Dengan adanya skala prioritas kamu tahu apa saja yang harus kamu kerjakan dengan urutan serta tujuan yang jelas.

2. Membuatmu paham tentang apa yang harus kamu lakukan

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas pixabay.com/Free-Photos

Menyambung dari penjelasan di atas, skala prioritas memang menjadikanmu paham tentang apa yang harus kamu lakukan. Kalian gak lagi bingung harus berbuat apa sebab sudah memiliki dasar berupa skala prioritas.

3. Menjaga fokusmu tetap maksimal

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas pixabay.com/Free-Photos

Banyaknya kegiatan yang dilakukan dalam sehari kadang membuyarkan fokus karena ‘keteteran’ oleh banyak hal. Beda halnya jika kamu punya skala prioritas, kamu bisa dengan tenang mengerjakan satu tugas ke tugas lainnya karena sebelumnya sudah mendata apa saja yang harus diprioritaskan.

Baca Juga: Selain Diprioritaskan, 5 Keuntungan yang Didapat Saat Jadi Anak Bungsu

4. Menjadi tolak ukur pada progress yang terjadi

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas unsplash.com/Sam Manns

Kita melakukan rutinitas demi mencapai sebuah tujuan. Karena dalam skala prioritas dituliskan dengan jelas apa saja yang harus kamu kerjakan supaya tercapainya tujuan, kamu jadi bisa melihat sejauh mana kamu sudah berjalan. Perkembangan yang terjadi juga akan mudah terdeteksi sebab kamu tahu apa saja yang sudah berhasil dan belum kamu kerjakan melalui skala prioritas.

5. Menciptakan semangat agar lebih berkerja keras

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas Unsplash.com/Sorin Sîrbu

Karena kamu sudah mengetahui seberapa jauh sudah melangkah, semangatmu akan terpacu. Jika masih jauh dari tujuan maka kamu akan lebih giat berusaha dan jika sudah mencapai target kamu juga gak akan lengah dan membuat semangatmu ini kendor karena masih ada tahapan lain yang lebih besar.

6. Memudahkanmu dalam mencapai tujuan

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas Unsplash.com/Steven Lewis

Sejauh ini kamu sudah paham kan seberapa penting skala prioritas dalam hidup? Kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang akan menuntunmu lebih dekat dengan tujuan. Sebab semua usaha yang kalian lakukan dikemas secara efektif dan maksimal dengan adanya skala prioritas.

7. Mendisiplikan diri agar tidak mudah goyah

Sering Terabaikan, Ternyata Ini 7 Nilai Penting Dari Skala Prioritas unsplash.com/ Mathias Lövström

Skala prioritas juga akan membuat diri kalian patuh terhadap runtutan kegiatan yang harus diselesaikan. Jadi kamu gak akan merasa mudah goyah ketika ada ‘godaan’ kegiatan lain, sebab sudah tercantum secara jelas apa yang harus dan tidak boleh kamu kerjakan dalam skala prioritas.

Meski terlihat sepele ternyata dampak dari sebuah skala prioritas ini besar banget nih dalam beraktivitas. Supaya hari-harimu semakin produktif dan dijalani secara maksimal, yuk coba daftar skala prioritas versi dirimu sendiri!

Baca Juga: Galau dengan Pilihan Hidup? Yuk Cek Prioritasmu Di Sini!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya