TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Logis Kenapa Wanita Tetap Berhak Bekerja meski Sudah Menikah

Karena menikah bukan berarti membatasi karier seorang wanita

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Semua orang akan menikah pada waktunya, namun bicara soal pernikahan sering banget orang-orang membedakan antara pria dan wanita. Jika pria mungkin bertambahnya tanggung jawab, wanita justru malah seperti harus kehilangan kebebasannya dan mengabdi penuh pada keluarga termasuk juga perihal kebebasan dalam bekerja.

Padahal kalau dipikirkan secara logika, wanita yang sudah menikah tetap berhak untuk kerja dan berkarier, kok. Berikut ini beberapa alasannya!

1. Wanita yang sudah menikah tetap berhak atas kebebasan pribadinya

Pexels.com/C Technical

Alasan logisnya yang pertama kenapa wanita tetap berhak kerja dan berkarier meski sudah menikah ialah karena dirinya tetap memiliki hak atas kebebasan pribadinya. Menikah bukan berarti membuat hidupnya jadi diatur dan terkekang. Memang ia harus menerapkan toleransi dan mengalah pada beberapa hal, namun ia tetap memiliki hak pribadi untuk bekerja. Apalagi jika pekerjaannya sudah seperti jiwa dan passion hidupnya.

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak 

2. Tidak adil jika perjuangannya dalam karier terbuang sia-sia hanya karena menikah

Pexels.com/Fauxels

Percaya atau tidak, banyak wanita yang memilih lama menikah atau bahkan tidak menikah sama sekali karena ada sebagian orang yang masih berpendapat bahwa wanita yang sudah menikah tak boleh bekerja, dan harus di rumah saja. Padahal pemikiran seperti itu kejam, lho. Karena pada dasarnya wanita tetap berhal kerja dan berkarier setelah menikah, dan tidak adil jika perjuangannya dalam karier terbuang sia-sia hanya karena status pernikahan. 

3. Banyak wanita karier yang juga sukses menjadi istri dan seorang ibu

Pexels.com/Cottonbro

Meski bekerja, banyak juga wanita karier yang sukses jadi ibu. Jadi tidak masalah jika wanita tetap bekerja meski sudah menikah. Lagipula beban keluarga bukan berarti ditanggung penuh oleh wanita, kan. Seorang suami juga harus membantunya dan berbagi peran dalam rumah tangga.

4. Pekerjaan bisa menjaga kewarasannya dari stres kehidupan pernikahan

Pexels.com/Elly Fairytale

Percaya atau tidak, kesibukan karier dan pekerjaan bisa menjaga kewarasan seorang wanita dari stresnya kehidupan rumah tangga, lho. Karena pada situasi tertentu bekerja bisa menjadi pengalih perhatian diri dari masalah di rumah, lalu juga memberi waktu untuk mengendalikan diri dan berpikir dengan lebih bijak. Karena kalau seorang wanita dituntut selalu di rumah dan tak boleh bekerja sama sekali, dia malah bisa stres berat jika terjadi suatu masalah.

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya