Comscore Tracker

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak 

Menyeimbangkan kesuksesan karier dan keluarga

Menjadi wanita karier yang sukes merupakan dambaan sebagian besar wanita. Namun, saat dewasa wanita dihadapkan tanggung jawab mengurus dan mendidik anak. Anak bukanlah hambatan untuk wanita bisa meraih kesuksesan karir.

Begitu pula dengan karier, harusnya tidak mengurangi intensitas kasih sayang kepada anak. Antara karier dan mengurus anak bisa dilakukan dengan seimbang, kuncinya ada di diri para bunda.

Jika ingin mengurus anak selaras dengan kesuksesan karier, sebaiknya fokuskan diri untuk menyeimbangkan profesi dan menjadi seorang ibu. Yuk, baca berbagai cara berikut supaya bisa menjadi wanita yang sukses dalam karier dan mendidik anak!

1. Hilangkan rasa bersalah

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Daripada memikirkan bagaimana kondisi anak karena ibunya bekerja, lebih baik berfokus terhadap bagaimana peran ibu rumah tangga dalam perusahaan sehingga bisa bermanfaat bagi keluarga.

Pikirkan bahwa dengan bekerja tabungan pendidikan untuk anak bisa tercukupi sehingga tidak perlu ada ketakutan terhadap masa depan anak. Waktu bertemu anak yang minim juga bisa menjadi quality time tersendiri.

2. Berikan hal yang spesial di pagi hari

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Buatlah pagi hari anak menjadi spesial dengan menyiapkan segala kebutuhan anak. Siapkan sarapan istimewa buatan ibu sehingga anak terkesan dan merasa diperhatikan. Luangkan juga waktu untuk sarapan bersama.

Saat sarapan bersama, bunda bisa menanyakan kabar dan meminta anak untuk menceritakan kegiatannya hari itu. Sarapan yang penuh obrolan bisa menjaga kedekatan anak dan orang tua.

Cek kembali persiapan sekolah anak seperti buku dan baju sekolah. Bila sempat buatkanlah bekal untuk anak. Walaupun sedikit waktu bersama anak tapi dia akan merasakan perhatian sepanjang hari.

Baca Juga: Tips Asuh Buah Hati saat WFH, Langsung dari Psikolog!

3. Membuat dan mengatur kalender keluarga

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Kalender bisa berisikan tanggal jatuh tempo tagihan, daftar acara sekolah dan keluarga, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari ulang tahun. Dengan dibuatnya kalender diharapkan Bunda tidak ketinggalan dengan aktivitas anak.

Kalender keluarga bisa menjadi sebuah pengingat. Kalender bisa dibuat bersama anak lalu ditempelkan di kulkas atau ruang tempat keluarga biasa berkumpul, ini membuat kalender keluarga bersama anak bisa mempererat hubungan ibu dan anak.

4. Menjaga komunikasi dengan anak

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Tetap terhubung dengan anak saat bekerja. Jika anak masih kecil bisa melakukan video call melalui handphone pengasuhnya. Apabila anak sudah bisa bertanggungjawab memegang handphone sendiri pastikan untuk rutin mengirim pesan, menanyakan kabar anak, dan menelponnya.

Coba juga untuk menghubungi anak saat istirahat kerja. Jika terpaksa melewatkan acara anak, pastikan untuk menyediakan hadiah tertentu sebagai pengganti.

5. Jangan campurkan waktu bekerja dan waktu di rumah

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Pastikan pekerjaan selesai tanpa harus dibawa ke rumah. Fokuskan waktu saat di rumah dengan bermain dan mengobrol bersama keluarga.

Jika ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan di rumah, ada baiknya menyelesaikannya setelah anak tertidur pulas. Dengan demikian, waktu bersama keluarga tidak terganggu.

6. Buat aktivitas spesial dengan keluarga

6 Cara Menjadi Wanita Karier yang Mahir Mengurus Anak Freepik

Meluangkan waktu bermain bersama anak sangat penting untuk tetap menjaga keakraban anak dengan orang ua. Buat kegiatan teratur bersama keluarga seperti menonton film di akhir pekan, tamasya, membuat kue bersama, piknik, atau berkebun.

Mintalah pendapat anak tentang aktivitas apa yang akan dilakukan, dengan demikian anak jadi merasa didengar dan dihargai.

 

Menjadi wanita karier yang tetap dekat dengan anak sangat bisa dilakukan. Asalkan bisa membagi waktu dan prioritas. Tentunya anak merupakan prioritas utama para bunda.

Baca Juga: Bunda, Ini Panduan Gizi Seimbang untuk Anak selama di Rumah Aja

Devita Yulianti Photo Writer Devita Yulianti

World in words

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya