TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & Adil

Supaya gak rusuh dan gak ada pihak yang merasa tersudutkan

Ilustrasi rekan kerja. (Pexels.com/Fauxels)

Diskusi adalah kegiatan yang dilakukan bersama beberapa orang untuk membahas suatu hal dengan tujuan untuk saling bertukar pikiran. Nah, karena terkadang sebuah diskusi bisa berubah rusuh dan memancing konflik maka seseorang yang dapat memimpin selama berjalannya diskusi pun diperlukan.

Kalau kamu tiba-tiba ditunjuk memimpin diskusi maka ingatlah lima kiat penting berikut ini agar diskusi berlangsung kondusif dan adil. Simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini.

1. Tidak menggunakan kata-kata yang memancing kontroversi

Pexels.com/Fauxels

Kiat penting yang penting kalau kamu memimpin sebuah diskusi ialah dengan berhati-hati untuk tidak menggunakan kata-kata yang memancing kontroversi. Karena perkataan bisa sangat cepat memancing pertengkaran dan membuat orang lain tersinggung, maka dari itu kamu harus benar-benar memperhatikan kata-katamu jika memimpin sebuah diskusi.

2. Adil dalam memberi kesempatan bicara pada setiap orang

Pexels.com/August De Richelieu

Kiat penting lainnya dalam memimpin diskusi agar tetap kondusif ialah dengan memberi kesempatan pada semua orang untuk bicara secara adil. Bukan hanya satu dua orang saja yang boleh mengeluarkan pendapatnya, melainkan semua orang memiliki hak yang sama untuk berbicara dalam berdiskusi. Dengan begitu tidak ada yang merasa terasing dan diperlakukan tidak adil.

Baca Juga: Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Dunia

3. Tidak memihak satu pihak saja

Pexels.com/Fauxels

Ketiga, kamu tidak boleh memihak pada pihak tertentu jika sedang memimpin diskusi, apalagi kalau tidak dibarengi oleh alasan yang jelas dan logis. Karena diskusi tidak bertujuan untuk membentuk aliansi melainkan bagaimana semua orang bisa menyatukan pikiran bersama. Bukankah begitu?

4. Tidak ada unsur menyudutkan, menghakimi, atau keterlibatan emosional selama diskusi berlangsung

Pexels.com/Fauxels

Kiat lainnya yang gak kalah penting saat memimpin diskusi adalah pastikan bahwa tidak ada unsur menyudutkan, menghakimi, atau keterlibatan emosional selama diskusi berlangsung. Semuanya harus real, jangan ada keterlibatan emosional yang bisa memancing adanya ketidak adilan dalam diskusi itu. Karena kamu harus bisa bersikap adil pada semuanya tanpa adanya maksud tertentu.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu dikembangkan untuk Menjadi Pemimpin yang Berpengaruh

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya