TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Pekerjaanmu Menjadi Sumber Frustrasi yang Berkepanjangan

Gak boleh dianggap remeh? #IDNTimesLife

ilustrasi wanita melamun (pexels.com/ndrea Piacquadio)

Kita tidak bisa membantah bahwa pekerjaan kadangan kala terasa berat untuk kita jalani, entah karena hari yang buruk atau memang banyak pekerjaan yang tertunda. Namun, pekerjaan bukan hanya sebatas menghasilkan pemasukan, tapi juga bisa memberi beban pikiran yang berlebih.

Bekerja memang penting, tapi sedikitnya ada lima alasan mengapa pekerjaanmu menjadi sumber frustrasi yang berkepanjangan. Biar tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kamu gak pernah menikmati pekerjaan itu sendiri

ilustrasi wanita menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pekerjaan memang bukanlah sesuatu yang bisa dianggap menyenangkan oleh sebagian besar orang, karena pekerjaan hanyalah sebuah kebutuhan, bukan keinginan. Namun, jika pola pikirmu masih seperti ini, itu bisa menjadi sumber dari frustrasi yang berkepanjangan.

Nyatanya, kamu harus mulai menikmati pekerjaanmu bagaimanapun bentuknya. Meski butuh yang namanya penyesuaian, lambat laun kamu harus mulai sadar betapa pentingnya hal ini.

2. Terlalu ambil pusing atas apa yang telah kamu kerjakan

ilustrasi wanita menatap tajam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pekerjaan memang gak selamanya berjalan sesuai dengan yang seharusnya, kadang kala ada masalah yang terjadi baik dari faktor internal maupun eksternal. Namun, hal tersebut gak boleh kamu ambil pusing, apa yang telah kamu kerjakan setidaknya sudah maksimal.

Jika hal tersebut kamu pikirkan secara terus menerus, itu hanya akan menjadi sumber frustrasi yang berkepanjangan. Hasil dari bekerja memang ingin kamu maksimalkan sebaik mungkin, namun kita harus belajar ikhlas atas apa yang telah terjadi.

Baca Juga: Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarang

3. Tidak pernah bersyukur atas hasil dari pekerjaanmu selama ini

ilustrasi pria berpikir (pexels.com/Thirdman)

Dasarnya, gak semua orang memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang tetap, kadang kala naik turun berdasarkan faktor tertentu. Namun, hasil dari pekerjaan harus tetap kamu syukuri berapapun jumlahnya, jangan terlalu menyalahkan keadaan.

Jika kamu tidak pernah bersyukur atas hasil dari pekerjaanmu selama ini, itu hanya akan menjadi sumber dari frustrasi yang gak pernah ingin kamu alami. Cobalah untuk memperbanyak bersyukur dibanding memikirkannya terlalu berlebih, itu lebih baik dan juga menghindari keburukan yang berkepanjangan.

4. Tidak pernah menghargai pekerjaan dan selalu membandingkannya dengan orang lain

ilustrasi pria bersedih (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setiap orang memang punya pekerjaanya sendiri-sendiri sesuai dengan bidang yang digeluti. Namun, gak semua orang benar-benar terima dengan pekerjaannya yang sekarang, bahkan lebih banyak mengeluh daripada menjalaninya dengan sepenuh hati.

Namun, tindakan tersebut sama saja dengan tidak menghargai pekerjaan, apalagi sampai membandingkannya dengan orang lain. Hal itu hanya akan membawa rasa frustrasi yang berkepanjangan, jangan pernah membiasakan hal ini.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya